10 Makanan Jepang yang Populer Ini, Mana yang Kamu Suka?
03-08-2018
HIS Travel
10 Makanan Jepang yang Populer Ini, Mana yang Kamu Suka?
Food
Sebarkan Artikel

Berwisata ke negeri asing tapi tidak mencicipi makanan khas negara tersebut, maka perjalananmu akan terasa kurang lengkap. Apalagi kalau kamu berkunjung ke Jepang, yang hampir di setiap daerah memiliki makanan khas dengan rasa yang unik dan lezat.

Nabe

Masakan nabe (鍋料理, Naberyōri, masakan panci) atau yang biasa hanya disebut Nabe, adalah sejenis masakan Jepang yang dimasak dan dihidangkan dalam panci. Dalam bahasa Jepang, nabe berarti panci. Nabe dimasak menggunakan panci atau wadah dari keramik bernama donabe, dan ketika matang, makanan dihidangkan di atas meja beserta pancinya. Panci diletakkan di atas kompor kecil atau plat pemanas yang ada di atas meja. Makanan ini paling cocok dimakan di musim dingin

Ramen

Ramen adalah mie kuah Jepang yang sebenarnya berasal dari Cina dan telah menjadi hidangan yang sangat populer di Jepang. Ciri khas dari ramen adalah bentuk mie yang tipis dan berwarna kuning merupakan hasil buatan tangan atau buatan mesin. Sekilas memang mirip dengan mie instan yang ada di Indonesia. Namun mie ramen memiliki diameter yang lebih kecil. Mie tersebut dimasukkan ke dalam kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu. 

Okonomiyaki

Apa kamu tahu makanan Jepang yang berbentuk bulat pipih yang mirip seperti martabak? Yup, itu adalah Okonomiyaki. Okonomiyaki (お好み焼き) adalah makanan Jepang yang terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan air atau dashi yang berisi sayuran, telur, daging, makanan laut dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan.

Restoran okonomiyaki banyak ditemukan di setiap pelosok Jepang. Di depan restoran dipasang lentera atau spanduk bertuliskan kata “okonomiyaki”. Restoran okonomiyaki biasanya menyediakan teppan atau hotplate khusus di setiap mejanya agar para tamu bisa memasak okonomiyaki-nya sendiri.

Udon

Udon adalah mie tebal berkuah yang bisa disajikan panas atau dingin sesuai dengan musimnya. Di dalam semangkuk udon kita bisa menemukan mie gandum, nori, sup dashi yang terbuat dari kaldu ikan dan juga jahe segar. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati udon tempura yang juga cukup terkenal di Jepang ini.

Onigiri

Onigiri, atau yang juga disebut Omusibi adalah makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat hingga berbentu segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Onigiri merupakanan makanan yang sudah mendarah daging di Jepang dan mungkin juga merupakan makanan Jepang yang paling mudah dibuat.

Sushi

Siapa sih yang tidak mengenal makanan sushi. Makanan asal Jepang ini sangat populer bahkan di berbagai penjuru dunia. Sushi dikenal karena kelezatan dan bahan alaminya. Makanan Jepang ini terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, telur, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui oleh campuran cuka beras, garam dan gula. Sushi dimakan bersama dengan shoyu (kecap asin) dan wasabi untuk menambah kelezatannya.

Takoyaki

Nama takoyaki (たこ焼き)(tako = gurita , yaki = panggang) adalah karena cara pembuatannya tidak digoreng dalam minyak yang banyak, tetapi dipanggang dalam suatu cetakan setengah bulatan berukuran kecil kemudian dibalik-balik sehingga membentuk bulatan penuh. Bahan yang digunakan untuk membuat takoyaki adalah tepung terigu yang berisi potongan gurita di dalamnya.

Soba

Soba merupakan masakan mi tradisional Jepang yang dibuat dengan bahan utama tepung gandum (buckwheat). Makanan ini berbetuk seperti mie spageti dari Itali dengan tekstur lebih kasar dan biasanya disajikan hangan atau dingin sesuai dengan permintaan pembeli.

Di Jepang kamu akan banyak menemukan kedai soba di pinggir jalan, di stasiun-stasiun, atau di restoran-restoran terkenal yang sudah berdiri sejak berpuluh-puluh tahun. Apabila kamu menemukan kedai soba di pinggir jalan atau di stasiun, biasanya cara makannya ada yang duduk atau ada yang berdiri.

Sukiyaki

Sukiyaki (すき焼き) merupakan salah satu kekayaan kuliner asli Jepang. Dilihat dari cara mengolahnya, sukiyaki menyerupai sabu-sabu di Cina ataupun thaisuki di Thailand. Sebelum Perang Dunia II, di daerah Kanto masakan ini lebih dikenal dengan nama gyunabe, yang artinya daging sapi di dalam panci.

Sukiyaki menghidangkan irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran dan tahu di dalam panci besi yang dimasak di atas meja makan dengan cara merebus semua bahan tersebut. Sayur-sayuran untuk sukiyaki biasanya adalah bawang bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku (nama daun dari pohon keluarga seruni), jamur shiitake dan jamur enoki. Sebagai pelengkap ditambahkan konyaku atau shirataki yang bentuknya mirip soun, berwarna bening atau sedikit abu-abu.

Tempura

Tempura bisa jadi makanan favorit kamu saat berada di Jepang. Karena tempura merupakan makanan goreng-gorengan tepung, maka masakan ini mendekati makanan Indonesia, yang mayoritas gorengan. Biasanya isi dari tempura yaitu udang, daun green bell, cumi, terong, ubi, kentang, wortel, jamur, shisho (perilla) dan labu Jepang.

Kira-kira makanan tradisional Jepang apa saja yang sudah pernah kamu coba?

Sebarkan Artikel