10 Makanan Legendaris Di Palembang Yang Nimatnya Mantap
30-03-2020
HIS Travel
10 Makanan Legendaris Di Palembang Yang Nimatnya Mantap
Food
Sebarkan Artikel

Apa yang terlintas di dalam benak kalian ketika mendengar nama kota tertua di Indonesia yang satu ini? Pasti tidak sedikit yang menjawab pempek. Berlibur ke Palembang tidak lengkap rasanya jika belum berburu kuliner di kota ini, terutama menu makanan legendaris di Palembang.

Pempek memang makanan yang menjadi primadona di kota Palembang.

Namun masih banyak lagi makanan legendaris di Palembang yang bisa kalian cicipi selain pempek. Penasaran? Simak ulasan dari H.I.S Travel Indonesia berikut ini yuk! Selamat menyimak!

 

1. Pempek, Makanan Legendaris Di Palembang Yang Lezatnya Mantap Jiwa

image source : https://www.pegipegi.com/

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Makanan khas yang paling terkenal di kota Palembang ini memang tidak perlu lagi diragukan cita rasanya. Terbuat dari campuran daging ikan yang digiling lembut dan tepung sagu, serta campuran bahan-bahan lainnya membuat cita rasa makanan ini semakin khas.

Pempek memiliki berbagai macam jenis, seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek bulat, pempek pistel, dll. Kelezatan berbagai jenis pempek, lalu dipadupadankan dengan kuah yang sangat khas membuat siapapun yang melahapnya ketagihan.

 

2. Mie Celor, Makanan Legendaris Di Palembang Yang Gurihnya Menggugah Selera

image source : https://id.wikipedia.org/

Makanan legendaris di Palembang yang satu ini memiliki cita rasa gurih udang kecil (ebi) sangat enak dengan kuah sedikit kental yang dicampur dengan santan. Mie bercampur kuah yang lezat, lalu diberi irisan telur rebus, daun bawang, daun seledri, serta tak lupa ditaburi bawang goreng membuat perut seketika langsung keroncongan.

Mencicipi mie celor yang lezat ini bisa dijadikan salah satu pilihan ketika sedang berburu kuliner di Palembang. Travel Mates pasti juga ingin mencicipinya kan?

 

3. Tekwan, Menu Yang Mirip Pempek Namun Diperkaya Dengan Tambahan Udang

image source : https://caramembuat.id/

Tekwan menjadi salah satu makanan legendaris di Palembang. Bahan pembuatannya hampir sama dengan pempek, yaitu daging ikan yang dihaluskan dan juga tepung, lalu dibuat dalam ukuran kecil.

Namun yang membedakan disini adalah tekwan disajikan menggunakan kuah udang yang rasanya tidak bisa diragukan lagi. Biasanya tekwan disajikan dengan berbagai bahan pelengkap, seperti sohun, irisan bengkoang, jamur kuping, irisan daun bawang, dan juga taburan bawang goreng.

 

4. Burgo, Makanan Lezat Dari Olahan Daging Ikan

image source : https://metropekanbaru.com/

Sering disebut mirip dengan lontong sayur, makanan legendaris di Palembang ini bernama burgo. Burgo terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung kanji, dan tak lupa daging ikan. Disajikan dengan kuah campuran daging ikan dan santan ini menambah kenikmatan tersendiri bagi siapapun yang menyantapnya.

 

5. Lakso, Mie Kenyal Dengan Kuah Santan Berpadu Rempah

image source : https://mancode.id/

Mie kenyal berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu dengan kuah santan yang kaya akan rempah-rempah bersatu padu memberikan kenikmatan rasa pada makanan khas Palembang yang satu ini. Lakso namanya, hampir sama dengan kuah yang dipakai pada burgo.

Namun yang membedakan adalah penambahan berbagai rempah-rempah seperti kunyit, kemiri, ketumbar, bawang merah, dll. Pastikan anda mencicipi makanan yang satu ini jika sedang berlibur ke Palembang.

 

6. Martabak HAR Palembang, Menu Jajanan Istimewa Dari Palembang

image source : https://www.fimela.com/

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Makanan bernama martabak ini sudah dikenal sejak lama. Namun, martabak yang satu ini sangat berbeda dengan martabak pada umumnya.

Martabak yang satu ini sudah ada sejak tahun 1947, dibuat oleh Haji Abdul Rozak sehingga diberi nama martabak HAR. Dengan kuah kari daging kambing dan dicampur dengan potongan kentang membuat martabak ini berbeda dengan yang lainnya.

 

7. Pindang Ikan Patin, Makanan Lezat Berkuah Yang Digemari Banyak Orang

image source : https://www.kompasiana.com/

Makanan legendaris di Palembang yang selanjutnya adalah pindang. Pindang merupakan makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan ini. Berbagai jenis pindang tersedia disini, mulai dari pindang tulang, pindang udang, pindang belido, pindang salai, dan yang paling terkenal adalah pindang patin.

Dengan perpaduan kuah panas dan cita rasa manis, asam, pedas yang bercampur jadi satu menjadi kenikmatan luar biasa bagi siapapun yang melahapnya. Pasti ketagihan deh!

 

8. Kemplang, Cemilan Kesukaan Yang Kerap Dijadikan Sebagai Buah Tangan

image source : https://cookpad.com/

Tidak sah rasanya ketika berlibur ke suatu tempat, namun tidak membawa buah tangan. Nah, salah satu makanan legendaris di Palembang yang tidak punah dimakan zaman adalah kerupuk kemplang.

Kemplang terbagi menjadi beberapa macam, seperti kemplang panggang, kemplang pipih, hingga kemplang getas. Cita rasa khas ikan tenggiri yang ada didalam kemplang ini memberikan kenikmatan yang tiada tara bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Maka dari itu kemplang sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan bagi para pelancong yang datang.

 

9. Roti Koing, Makanan Kecil Yang Identik Dengan Bulan Ramadhan

image source : https://gpswisataindonesia.info/

Roti koing sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Palembang. Makanan legendaris di Palembang ini biasanya dapat dijumpai pada saat bulan ramadhan tiba. Dengan tekstur roti yang cukup keras, berbentuk bulat, hingga rasa yang tawar memberikan keunikan tersendiri. Sehingga ketika ingin memakan roti koing ini, dianjurkan untuk dicelup terlebih dahulu pada teh hangat, susu hangat, atau minuman hangat lainnya hingga tekstur roti menjadi lebih lembut saat dimakan.

 

10. Tempoyak, Makanan Legendaris Di Palembang Yang Berbahan Dasar Durian

image source : https://zonamakan.com/

Buat kalian para pecinta durian, namun bosan dengan menu yang itu-itu saja, harus banget mencicipi sajian sambal tempoyak yang satu ini. Tempoyak merupakan sambal khas yang berasal dari Palembang, dimana bahan dasarnya adalah daging durian. Sambal tempoyak bisa disajikan dengan makanan khas Palembang lainnya, seperti pindang ikan patin, kerupuk kemplang, dll.

Sambal tempoyak merupakan salah satu makanan legendaris di Palembang. Jadi, apabila anda ingin membeli oleh-oleh  makanan khas Palembang, maka tempoyak wajib masuk dalam daftar yang harus dibeli.

 

Demikian daftar beberapa makanan legendaris di Palembang dari H.I.S Travel Indonesia. Semoga dapat bermanfaat untuk Travel Mates semua ya!

Sebarkan Artikel