10 Negara Yang Memiliki Tradisi Unik Ketika Lebaran
11-06-2018
HIS Travel
10 Negara Yang Memiliki Tradisi Unik Ketika Lebaran
Tips
Sebarkan Artikel

Lebaran adalah momen yang istimewa. Bagi umat muslim di Indonesia, acara Lebaran dirayakan setiap tanggal 1 Syawal, atau lebih tepatnya setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Suasana berlebaran di Indonesia memang unik. Meskipun begitu, ada juga loh negara yang memiliki tradisi unik ketika Lebaran.


Image source : https://www.pexels.com/

Hal ini dirasa wajar. Mengingat, negara yang penduduk mayoritasnya Islam kan bukan hanya Indonesia saja. Namun, negara mana sajakah itu? Simak terus ulasan yang telah tim H.I.S Travel Indonesia postingkan berikut ini yuk! Selamat menyimak!

 

1. Malaysia, Singapura, Brunei Darrussalam, dan Filipina Adalah Negara Yang Memiliki Tradisi Unik Ketika Lebaran Di Wilayah ASEAN

Di wilayah ASEAN, Indonesia memang bukan satu-satunya negara yang memiliki banyak populasi umat islam. Bila disini hari raya lebaran disebut juga dengan idul fitri, orang Malaysia menyebut nya dengan sebutan Aidil Fitri atau Hari Raya Puasa.

Selain beda penyebutan, Malaysia juga memiliki hidangan unik seperti ketupat, lemang, lontong, dan rendang versi malaysia. Kemudian, Malaysia juga masih memiliki tradisi-tradisi seperti mudik, dan juga membagi-bagikan sebagian rezeki kepada anak-anak yang datang berkunjung saat hari raya. Singapura dan Brunei pun juga demikian.

Lain halnya dengan negri muslim lain di ASEAN, Filipina memiliki perbedaan yang tersendiri. Negri yang satu ini memang bukanlah negara yang mayoritasnya beragama Islam. Meskipun begitu, di negri ini lebaran juga mendapat jatah libur nasional loh! Tak kalah nikmat kan?

 

2. Bangladesh, Pakistan, India, Negara Yang Saling Bertetangga Di Negri Asia

Berdasarkan sensus penduduk, India lebih banyak dihuni oleh pemeluk agama Hindu. Meskipun begitu, saat Lebaran orang muslim akan berkumpul di Jama Masjid yang terletak di New Delhi untuk menunaikan Shalat Id. Selain shalat di masjid seperti masjid di ibukota India, masyarakat India juga biasa membuat hidangan khusus yang dinamakan siwaiyaan.

Belum pernah mencicipi hidangan yang satu ini? Hidangan ini merupakan campuran bihun manis yang dipadukan dengan campuran buah kerung dan susu. Warnanya yang beragam membuat siapa saja ingin mencicipinya. Selain itu, India juga biasa mengadakan karnaval, bazar, dan perayaan meriah lain loh!

Sementara itu, Bangldesh dan Pakistan agaknya tidak jauh berbeda. Kaum wanitanya juga melakukan pengecatan tangan dengan Hennand serta memakai rantai berwarna-warni. Chand Raat yang merupakan perayaan malam takbiran juga turut dirayakan. Selain itu, mereka saling mengucapkan “Eid Mubarak” satu sama lain, dan memberikan uang “Eidi” ke anak-anak yang mampir bersilaturahmi. Tak lupa, mereka juga mengenakan pakaian baru, sesuai dengan tradisi “Eidi” ala orang Asia Selatan.

 

3. Negri Timur Tengah, Pusat Arah Kiblat Umat Islam

Negri timur tengah seperti Arab Saudi, Sudan, dan Suriah, juga layak untuk dimasukan ke dalam daftar 10 Negara yang memiliki Tradisi unik ketika lebaran versi H.I.S Travel Indonesia . Disana, masyarakat muslim seringkali menghias rumah dengan lampion dan lampu warna-warni, agar rumah terlihat lebih cantik saat hari raya.

Puncak bulan Ramadhan negri timur tengah sering dimeriahkan dengan berbagai teater, parade pertunjukan musik, pembacaan puisi, dan pagelaran budaya timur tengah lainnya. Soal makanan, mereka amat gemar menyantap daging domba yang dicampur nasi, sayur mayur, dan rempah yang oriental ketika lebaran.

 

4. Turki, Negri Kekaisaran Ottoman

Turki adalah negara yang unik. Secara geografis, ia tercatat berada di wilayah Eropa. Namun, secara historis, sebagian wilayah Turki merupakan bagian dari benua Asia. Meskipun memiliki kebudayaan yang bercampur dengan budaya timur tengah, Turki nyatanya memiliki budayanya sendiri.

Disini, lebaran diberi sebutan “Bayram”. Dan setiap kali lebaran dirayakan, orang turki biasa saling mengucapkan “Bayraminiz Kutlu Olsun”, “Mutlu Bayramlar”, atau “Bayraminiz Mubarek Olsun”.

Meskipun begitu, Turki juga mengenal istilah menggunakan baju baru loh! Hanya saja, budaya memakai pakaian terbaik ini dinamakan dengan “Bayramlik”. Selama bayram, mereka akan saling bersilaturahmi, dan anak-anak akan mendapatkan rezeki tambahan berupa koin, permen, atau manisan dari orang tua yang baik hati.

 

5. Iran, Negri Yang Identik Dengan Aliran Syiah

Setiap umat muslim pasti mengerti, bahwa Islam yang satu memiliki beberapa pandangan. Meskipun sebagian ulama menggolongkan Syiah sebagai golongan luar Islam, nyatanya Iran yang merupakan salah satu negri basis Syiah turut merayakan lebaran.

Negara yang memiliki tradisi unik ketika lebaran ini menyebut lebaran sebagai Eyde Fetr. Berbeda dengan tradisi negri timur tengah lain yang memeriahkan idul fitri, negri ini terbilang lebih sepi saat Iran merayakan lebaran. Meskipun begitu, aneka hidangan khas daging sapi dan domba tetap dihidangkan di meja makan kok! Rasa sajian nya lezat-lezat!

 

6. China, Negri Tirai Bambu Sekalgus Negara Yang Memiliki Tradisi Unik Ketika Lebaran

Tak dapat dipungkiri bahwa umat Islam di China adalah golongan minoritas. Meskipun begitu, di Xinjiang, perayaan lebaran dilakukan dengan cukup meriah. Para lelaki biasanya akan mengenakan setelan jas dan kopiah putih, sedangkan untuk wanita, biasanya akan mengenakan baju hangat dan kerudung setengah tertutup.

Anda memiliki rencana berlebaran di China? Jangan lewatkan acara makan besar bersama para jamaah masjid besar setempat ya! Setelah makan, masyarakat biasanya akan saling bersilaturahmi, mengunjungi makam, dan pelaksanaan upacara pembantaian umat muslim di era dinasti Qing serta zaman revolusi kebudayaan.

 

7. Afrika Selatan, Negara Makmur Di Selatan Benua Afrika

Setiap tahunnya, umat muslim akan berkumpul di green point Cape Town, untuk menyaksikan hari terakhir bulan Romadhon bersama dengan sanak saudara. Sementara itu, di Nigeria, idul fitri disebut “Barka da Sallah” yang artinya “Salam sejahtera di Hari raya”.

 

8. Australia, Negri Sekuler Yang Memiliki Beberapa Kelompok Islam Di Dalamnya

Secara prinsip kehidupan bernegara, Australia memang terbilang sekuler. Meskipun begitu, negri ini masuk ke dalam kategori negara yang memiliki tradisi unik ketika Lebaran tiba loh!

Umat islam disini diberikan ruang kebebasan untuk memeriahkan idulfitri dengan festival multi kultur yang diselenggarakan di Sydney. Selama perayaan berlangsung, uluhan ribu umat muslim bersilaturahmi dengan warga non muslim secara damai. Bahkan, penjabat datang berkenan untuk hadir sebagai tamu undangan loh! Istimewa bukan?

 

9. Inggris dan Benua Eropa, Salah Satu Benua Yang Diperhatikan Masyarakat Dunia

Seperti halnya di Australia, jumlah muslim di Inggris dan Eropa memang tidak terlalu banyak. Sudah begitu, benua ini masih dilanda masalah islam phobia. Oleh karenanya wajar, bila disini perayaan lebaran dilangsungkan dengan sederhana, dan tidak begitu meriah.

Meskipun begitu, idul fitri diperingati sebagai hari libur nasional. Informasi seputar 1 Syawal sendiri bisa didapat dari pihak London Central Mosque, masjid terbesar di kota London. Hal serupa juga tak jauh berbeda dengan negri seperti Belanda. Hanya saja, belanda menyebut idul fitri dengan “Suikerfeest” yang juga dirayakan dengan amat sederhana.

 

10. Amerika, Negri Paman Sam Yang Dipimpin Oleh President Trump

Tak jauh berbeda dengan perayaan di Eropa, lebaran disini tidak begitu meriah. Meskipun begitu, negara yang memiliki tradisi unik ketika lebaran ini memiliki kebiasaan saling berkirim email, telepon,  atau saling mengucapkan “Happy Eid Mubarak” secara langsung seusai shalat Id.

 

Oke, itulah tadi artikel kami tentang 10 negara yang memiliki tradisi unik ketika lebaran. Semoga artikel tadi mampu menambah wawasan Anda ya! Sampai jumpa lagi di artikel H.I.S Travel Indonesia yang selanjutnya!

Top image source : https://www.pexels.com/

Sebarkan Artikel