10 Permen Enak Khas Dunia Dari Tiap Negara Asalnya
08-10-2019
HIS Travel
10 Permen Enak Khas Dunia Dari Tiap Negara Asalnya
Food
Sebarkan Artikel

Permen adalah makanan yang berbahan dasar gula, air, dan sirup fruktuosa. Itu adalah bahan bahan utama yang umum di gunakan untuk pembuatan permen. Permen yang dibuat dengan itu pastinya akan berasa manis dan sangat digemari anak-anak bahkan orang dewasa.

Dan permen mempunyai banyak varian saat ini. Di setiap negarapun mempunyai ciri khas permennya masing-masing. Baik dari proses pembuatan, bahan, dan bentuknya. Dan di kesempatan kali ini H.I.S Travel Indonesia akan membahas 10 Permen Enak Khas dari Berbagai Negara. Baca sampai selesai ya!

 

1. Permen Jahe, Permen Enak Khas Dunia Dari Indonesia

image source : https://m.vidio.com/

Berbicara tentang permen jahe pastinya setiap orang di Indonesia pernah mendengar atau mencicipi permen yang memiliki cita rasa unik ini. Permen ini mempunyai sejarah Panjang di Indonesia, bukan puluhan tapi ratusan tahun permen ini sudah dibuat di Indonesia.

Dalam buku Island of Java karya John Joseph Stockdale permen jahe menjadi komoditas ekspor pada tahun 1778. Belanda mengirim permen ini sekitar 5000 kilogram ke Batavia Eropa. Candied Ginger (Permen Jahe) sangat digemari di dataran Eropa karena dapat menyembuhkan kembung.
Selain bermanfaat menyembuhkan kembung permen ini juga berguna untuk menghangatkan tubuh dan menyegarkan tenggorokan. Jadi untuk Travel Mates yang ingin menghangatkan tubuh atau menyegarkan tenggorokannya boleh mencoba permen ini nih.

 

2. Lokum, Permen Enak Khas Dunia Dari Turki

image source : https://ozlemsturkishtable.com/

Lokum juga sering dikenal dengan nama Turkish delight pertama kali dibuat sekitar tahun 1700. Permen ini mempunyai tekstur kenyal yang menyerupai jelly. Tekstur ini di dapat dengan mencampurkan gula pasir, tepung jagung, dan air yang dimasak hingga mengental.

Untuk menambah varian rasa dan warna biasanya ditambahkan bahan bahan seperti lemon, air mawar, kacang pistachio, kurma, kenari dan kacang hazel yang disajikan bersama dengan taburan gula halus atau kelapa sangria.

 

3. Nougat, Permen Enak Khas Dunia Dari Perancis

image source : https://kumparan.com/

Nougat merupakan permen klasik khas Perancis yg terbuat dari gula atau madu dengan tambahan kacang panggang seperti hazelnut, kenari, dan pistachio tetapi bukan kacang tanah dan beberapa buah kering lainnya. Nougat juga mempunyai 2 varian tekstur keras maupun lunak, ini bergantung pada bahan yang digunakan.

Tekstur lembut nougat berasal dari gula atau madu yang dimasak hingga mengetal yang kemudian dicampur dengan putih telur yang sudah dikocok hingga mengembang. Dan lalu adonan tadi dicampur dengan kacang lalu dipadatkan dan jadilah nougat. Nougat juga sering dipakai sebagai isi batang coklat.

 

4. Maple candy, Permen Enak Khas Dunia Dari Kanada

image source : http://www.killerbunniesinc.com/

Permen klasik asal Kanada ini memang unik. Permen ini dibentuk menyerupai daun pohon maple sehingga permen ini dinamakan Maple Candy. Tapi bukan hanya bentuknya saja yang menyerupai daun pohon maple tapi salah satu bahan untuk membuat permen ini adalah sirup maple sendiri loh.

Untuk menemukan olahan dari sirup maple ini tidaklah sulit. Karena permen ini banyak dijual di toko-toko yang ada di Kanada. Bahkan Kanada juga mengekspor lebih dari 85% sirup maple yang dikirim ke lebih dari 45 negara. Olahan sirup maple ada berbagai macam sebutan seperti Mapple Taffy atau Sugar on Snow.

 

5. Calaveras de Azucar Permen Enak Khas Dunia Dari Meksiko

image source : https://kumparan.com/

Setiap awal bulan November tepatnya tanggal 1 dan 2 di Meksiko selalu diadakan yang Namanya Festival Kematian. Festival ini dimaksudkan unutk menghormati anggota keluarga yang sudah meninggal.

Dan Calaveras de Azucar adalah permen yang sering disajikan saat dilangsungkannya festival tersebut. Permen ini sangat popular dimana dia mempunyai bentuk menyerupai tengkorak dengan dekorasi warna yang sangat bagus sehingga terkesan lucu. Dan tekstur dari permen ini sangat rapuh seperti meringue.

 

6. Li Hing Mui, Permen Enak Khas Dunia Dari China

image source : https://www.leilanisattic.com/

Awalnya  permen ini hanya dapat ditemukan di China dan beberapa negara Asia Lainnya. Tetapi sekitar tahun 1900-an permen ini di bawa ke Hawai oleh seorang Imigran bernama Yee Sheong.  

Permen Li Hing Mui adalah permen yang terbuat dai buah plum kering yang di beri bubuk Li Hing yang rasanya manis, asam, dan asin. Rasa yang dihasilkan dari perpaduan ini sangatlah kuat yang dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan.

 

7. Brigadeiro, Permen Enak Khas Dunia Dari Brazil

image source : https://en.wikipedia.org/wiki/Brigadeiro

Brigadeiro permen yang terbuat dari susu dan bubuk cocoa ini diambil dari nama seorang jendral yang sangat terkenal bernama Brigadier Eduardo Gomez pada tahun 1940-an. Jendral ini sangat terkenal karena berhasil membasmi pemberontak dan nama pada permen ini dipersembahkan untuk menghormati dan mengenang jasanya.

Konon katanya sebuah perayaan pesta ulang tahun tidak akan meriah bila tidak tersedia permen ini. Rasanya yang enak dan bentuknya yang unik membuat permen ini sering dijadikan hiasan untuk kue maupun eskrim

 

8. Botan Rice Candy, Permen Enak Khas Dunia Dari Jepang

image source : https://id.pinterest.com/pin/89509111324035119/

Botan Rice Candy adalah permen tradisional khas jepang yang lembut, kenyal dan mempunyai rasa seperti jeruk maupun lemon. Permen ini dibungkus menggunakan kertas beras yang dapat dimakan. Dan setiap kotak permen ini berisi stiker untuk anak-anak.

Tapi ada hal unik ketika memakan Botan Rice Candy. Permen ini seperti plastic dan teksturnya kering tetapi begitu dimasukkan kedalam mulut permen ini akan mencair dan tekstur tadi akan hilang. Permen ini begitu terkenal dan sudah diperjual belikan di berbagi negara di dunia.

 

9. Bbopki, Permen Enak Khas Dunia Dari Korea Selatan

image source : https://www.maangchi.com/

Permen tradisional dari Korea Selatan ini terbuat dari gula yang dikaramelkan dan baking soda. Permen ini biasa dijual di jalanan Korea Selatan. Permen ini tidak mempunyai bentuk natural karena setiap cetakan Bbopki itu tergantung dari orang yang menjajakannya. Bisa berbentuk kepala tom and jerry atau hewan atau dedaunan. Jadi para pembuat permen ini dapat mengasah kreatifitas mereka untuk menjual permen ini.

 

10. Gummy Bear, Permen Enak Khas Dunia Dari Jerman

image source : https://en.wikipedia.org/wiki/Gummy_bear

Permen Empuk yang terbuat dari gelatin dan gula serta serat acacia ini pertama kali diciptakan oleh Hans Riegel dari kota Bonn Jerman di tahun 1922. Permen ini mempunyai banyak sekali varian warna yang beragam. Tapi nama asli dari permen ini sebenarnya dalah Gummibar atau Gummibarchen yang di Bahasa Inggris menjadi Gummy Bear.

 

Nah bagaimana enak-enak bukan permen-permen di atas. Pastikan untuk mencoba permen-permen diatas ya. Nah cukup sekian pembahasan dari H.I.S Travel Indonesia mengenai 10 Permen Enak Khas dari Berbagai Negara.

 

Mau tiket Gratis Ke Jepang? Yuk Wujudkan impian kamu bersama H.I.S. Travel Indonesia. Ikuti Follow To Win Japan untuk menangkan tiket Gratis liburan ke Jepang. Klik dibawah ini untuk informasi selengkapnya :

image source : https://linktr.ee/histravelindonesia

Sebarkan Artikel