12 Kebudayaan dan Tradisi Indonesia Yang Mendunia
28-03-2020
HIS Travel
12 Kebudayaan dan Tradisi Indonesia Yang Mendunia
People & Culture
119
Sebarkan Artikel

Indonesia memang negara yang kaya akan warisan budaya. Posisinya yang strategis, membuat banyak wisatawan mancanegara acap kali mampir dan tak jarang membawa pulang beberapa oleh-oleh ke negara asalnya. Dan sebagian dari mereka, ternyata amat menyenangi hal-hal otentik, hingga lambat laun pun kebudayaan dan tradisi Indonesia yang mendunia kian bertambah seiring dengan berjalan nya waktu.

Bila di beberapa tahun lalu kita hanya tau jika kebudayaan dan tradisi Indonesia yang mendunia hanya sebagatas wayang, angklung, dan batik, kini agaknya kita harus menyempatkan waktu untuk upgrade perkembangan terkini. Tenang, sudah kami rangkumkan kok di artikel H.I.S Travel Indonesia berikut ini. Silahkan disimak hingga akhir ya, Travel Mates!

 

1. Wayang, Kebudayaan dan Tradisi Indonesia Yang Mendunia Serta Diakui UNESCO

image source : https://www.flickr.com/photos/25412908@N08/2387968137/

Kesenian wayang adalah sebuah seni pertunjukan yang biasa dijumpai di daerah jawa. Seiring berjalan nya waktu, ternyata penikmat wayang tidak hanya warga negara Indonesia saja. Wisatawan asing juga ada loh yang senang melihat pertunjukan wayang!

Bahkan, beberapa dari mereka memang sengaja jauh-jauh datang ke Indonesia untuk belajar mementaskan wayang di negri asalnya, dalam beberapa festival budaya. Keren ya!

 

2. Angklung, Kesenian Musik Asal Jawa Barat Yang Juga Diakui Oleh UNESCO

image source : https://www.flickr.com/photos/visualities/2435581379/

Jawa Barat adalah tempat asal dari alat musik bamboo ini. Meskipun bernuansa tradisional, di Jawa Barat sendiri, alat musik ini dijadikan primadona di saung angklung Mang Udjo yang kerap kali menggelar pertunjukan dengan audiens wisata lokal dan mancanegara.

Di luar negri, alat music angklung paling banyak digemari di negara Jepang, Korea, hingga Malaysia. Hebatnya, ada loh sekolah di luar negri yang mengajarkan cara memainkan alat musik ini kepada murid-muridnya. Travel Mates sudah pernah coba bermain angklung?

 

3. Keris, Senjata Tradisional Indonesia Sekaligus Produk Kebudayaan dan Tradisi Indonesia Yang Mendunia

image source : https://www.flickr.com/photos/27878864@N03/4073645493/

Keris adalah salah satu senjata tradisional yang dimiliki oleh anggota kerajaan di masa lalu. Karena memiliki nilai sejarah yang cukup panjang, keris ini pun telah tercatat sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia oleh UNESCO. Meskipun keris sejatinya berasal dari Nusantara, hingga kini masih ada loh keris-keris yang tersimpan rapih di museum luar negri!

Bila nanti Travel Mates sedang liburan ke luar negri, sempatkan untuk mampir ke museum deh. Bisa jadi, ada salah satu keris yang bisa Travel Mates jumpai saat melihat-lihat benda bersejarah ketika disana.

 

4. Tari Saman, Tarian Yang Diakui Oleh UNESCO Dan Telah Mendunia

image source : https://www.flickr.com/photos/76109810@N03/7039094435/

Tari Saman merupakan tarian suku Gayo yang dilakukan secara berkelompok. Dimasa lalu, tarian ini dilakukan untuk menyambut hal-hal besar ataupun untuk merayakan sesuatu. Meskipun syairnya sedikit menggunakan campuran Bahasa Arab, tidak menyurutkan nilai-nilai nasionalisme kok! Sebab asal muasal tarian ini memang dikembangkan oleh Syekh Saman, yang taka in adalah seorang ulama Gayo, Aceh Tenggara.

 

5. Reog Ponorogo, Kebudayaan dan Tradisi Indonesia Yang Mendunia Meskipun Sempat Diclaim Oleh Negri Tetangga

image source : https://www.flickr.com/photos/jati/3674784116/

Sesuai namanya, kesenian ini berasal dari daerah Ponorogo Jawa Timur. Konon, selama pertunjukan, para pemain mempraktikan hasil latihan fisik dan spiritual dengan setengah sadar. Meskipun demikian, tidak mengurangi keseruan pertunjukan seni Reog Ponorogo kok. Buktinya, wisatawan mancanegara banyak yang senang menonton pertunjukan ini! Bahkan, tidak sedikit pula yang ingin belajar Reog!

 

6. Tari Kecak, Kesenian Tari Dari Bali Yang Mendunia Dan Memiliki Keunikan Tersendiri

image source : https://www.flickr.com/photos/98245789@N02/9188938941/

“Cak cak cak”, adalah lirik yang paling terngiang oleh Anda yang pernah melihat kesenian tari kecak. Mungkin tidak hanya Anda seorang yang berfikir demikian. Wisatawan asing yang menyukai kesenian ini, agaknya juga demikian kok! Sebab, nama tari Kecak yang sudah mendunia ini, memang diambil dari teriakan tadi.

Dalam tarian kecak, terdapat sendratari yang juga dipertunjukan. Dan biasanya, tarian tersebut memvisualkan cerita pewayangan Rama dan Shinta.

 

7. Tari Barong Dari Bali, Seni Tari Bali Yang Sarat Dengan Arti

image source : https://www.flickr.com/photos/sandramemori/199344013/

Berbeda dengan tari Kecak, tari Barong meruapakntarian yang menggambarkan pertarungan antara kebaikan melawan keburukan. Meskipun terdengar sederhana, tari barong ini dipercaya sudah ada sejak peradaban kebudayaan pra Hindu loh! Sungguh waktu yang tidak sebentar bukan?

 

8. Sendra Tari Ramayana, Pagelaran Pentas Tanpa Dialog Yang Tetap Lestari Hingga Kini

image source : https://www.flickr.com/photos/ariaman/6937116956/

Seperti namanya, Sendra Tari ini mengangkat kisah pewayangan Ramayana. Di tanah jawa, pementasan pertama dilakukan di Candi Prambanan tiap Selasa, Kamis, dan Sabtu, sejak tahun 1961 silam. Keren nya, meskipun sudah diberlangsungkan sejak lama, pementasan tari ini tetap diminati loh oleh para wisatawan!

 

9. Tari Pendet, Kebudayaan dan Tradisi Indonesia Yang Mendunia

image source : https://www.flickr.com/photos/27536504@N08/4981212184/

Asal mulanya, tarian yang telah mendunia ini merupakan tarian seorang wanita yang dipertunjukan untuk kegiatan pemujaan di pura. Seiring waktu berjalan, tarian ini kerap digelar di acara penyambutan tamu, hingga di momen festival budaya mancanegara.

 

10. Batik, Kebudayaan dan Tradisi Indonesia Yang Mendunia

image source : https://www.flickr.com/photos/shkizzle/5981170339/

Batik di zaman sekarang, adalah salah satu symbol yang mewakili citra khas Indonesia di mata dunia. Tentu ini tidak terlepas dari kebiasaan para pejabat negara yang menyempatkan diri untuk mengenakan batik di even internasional, serta usaha dari pengrajin batik yang gencar melakukan promosi. Dengan motifnya yang indah, banyak orang asing yang terpikat untuk memiliki bahkan belajar untuk membuat batik dengan tangan nya sendiri.

 

11. Lagu Sayang-Sayange, Kebudayaan dan Tradisi Indonesia Yang Mendunia Walau Sempat Diclaim Oleh Negri Tetangga

image source : https://www.flickr.com/photos/cerido/28328647907/

Lagu ini berasal dari daerah Maluku. Liriknya berisi ungkapan-ungkapan kasih sayang, yang ada diantara masyarakat Maluku. Meskipun demikian, entah kenapa, lagu ini sempat-sempatnya diclaim oleh negri tetangga, yang secara teknis berbeda etnis dari tempat asal lagu ini. Namun tenang, lagu ini sudah berhasil dipertahankan oleh Indonesia kok!

 

12. Lagu Jali Jali, Lagu Peranakan Cina Yang Menjadi Kebudayaan dan Tradisi Indonesia Yang Mendunia

image source : https://www.flickr.com/photos/interkulturevents/10206354945/

Lagu Jali Jali adalah lagu yang diciptakan oleh masyarakat Peranakan Cina yang bermukim di Jakarta. Kala itu, lagu ini dimainkan dengan musik tradisional gambang kromong. Karena berada di ibukota Indonesia, tak begitu mengherankan bila lagu ini mudah mendunia. Terlebih, lagu ini enak didengar meski telah diputar berulang kali.

 

Oke Travel Mates, itulah tadi artikel singkat tentang 12 kebudayaan dan tradisi Indonesia yang mendunia. Semoga artikel dari H.I.S Travel Indonesia tadi dapat menambah pengetahuan Anda ya! Tetap jaga kesehatan, sampai jumpa lagi di kesempatan selanjutnya!

119
Sebarkan Artikel