15 Spot Wisata Studio Ghibli Pilihan Yang Wajib Dikunjungi
23-02-2020
HIS Travel
15 Spot Wisata Studio Ghibli Pilihan Yang Wajib Dikunjungi
City Travel
Sebarkan Artikel

Anime sebuah film animasi yang bersasal dari jepang. Biasanya anime dibuat berdasarkan dari manga atau komik jepang, light novel, game, atau hasil karya orisinal dari suatu studio. Pembuatan anime ada yang melalui tangan maupun computer tergantung dari studi yang membuat anime tersebut.

Studio Ghibli adalah salah satunya. Dengan berbagai karyanya yang terkenal seperti “My Neighbor Totoro, Castle in The Sky, Spirited Away, dan masih banyak yang lainnya”. Tak jarang bila suatu anime dikerjakan suatu tempat, kisah, atau legenda yang ada disuatu masyarakat. Dan tak jarang juga tempat tersebut menjadi terkenal dan menjadi objek wisata untuk para penggemar anime.

Ada lagi tempat yang dibuat untuk mengabadikan atau didedikasikan untuk studio Anime. Dan studi Ghibli juga melakukan hal demikian.  Di kesempatan kali ini H.I.S Travel Indonesia akan membahas mengenai 15 Spot Wisata Studio Ghibli yang Wajib Dikunjungi.

 

1. Museum Ghibli Mitaka no Mori, Spot Wisa Studio Ghibli Yang Sudah Berdiri 2 Dekade

image source : https://medium.com/

Museum Ghibli Mitaka no Mori pertama kali dibuka pada 1 Oktober 2001 di Inokashira Park Tokyo. Museum ini menyimpan berbagai barang-barang yang berhubungan dengan studio Ghibli atau anime yang pernah dibuat oleh studio Ghibli. Selain itu ada pemutaran film pendek dan pengumuman karya baru studio Ghibli.

Bila travel mates ingin berwisata kesini, travel mates dapat memesan tiket melalui halaman resminya. Dan yang perlu diingat travel mates tidakk dapat mengganti tanggal tiket yang sudah terbeli.

 

2. Hayao Miyazaki’s Nippon Television Big Clock, Spot Wisata Studio Ghibli Yang Cukup Instagrammable

image source : https://www.tripadvisor.com/

Hayao Miyazaki adalah seorang animator, filmmaker, screenwriter, author, dan manga artis juga co-founder of Studio Ghibli. Dan Hayao Miyazaki's Nippon Television Big Clock adalah sebuah karya yang dirancang oleh Hayao Miyazaki. Terletak di depan kantor pusat Stasiun Televisi Jepang (Nippon Television).

Jam raksasa ini dapat travel mates lihat setiap hari tapi bila ingin melihat jamnya bergerak travel mates bisa mencatat tanggal tanggal berikut. Saat hari hari biasa bergerak setiap pukil 12:00, 15:00, 18:00 dan 20:00 dan setiap akhir minggu pada pukul 10:00.

 

3. Edo–Tokyo Open Air Architectural Museum, Spot Wisata Studio Ghibli Ala Jaman Edo

image source : https://japantravel.navitime.com/

Edo-Tokyo Open Air Architectural Museum adalah museum yang memiliki arsitektur bangunan pada zaman edo. Musium ini katanya digunakan sebagai referensi dalam anime “Spirited Away” yang sangat terkenal karya studio Ghibli. Maskot Edo-Tokyo Open Air Architectural Museum yang berbentuk ulat hijau merupakan rancangan dari Hayao Miyazaki.

Di dalam museum ada interior kereta api yang mirip dengan kereta yang ada di anime “Spririted Away”. Kereta yang membawa Chihiro dan Kaonasi menuju tempat Zaniba. Ada juga tempat makan yang akan mengingatkan travel mates saat kedua orang tua Chihiro berubah menjadi babi saat makan di tempat makan itu.

 

4. Shiro-Hige’s Cream Puff Factory, Spot Wisata Studio Ghibli Favorit Fans Totoro

image source : https://japan.stripes.com/

Shiro-Hige’s Cream Puff Factory memiliki menu andalan sekaligus mascot dari toko ini yaitu soes krim berbentuk Totoro. Selain itu pelanggan akan merasakan nuansa yang Ghibli banget dengan berbagai gambar yang ada di sudut sudut toko.

Menunya dirancang berdasarkan anime My Neighbor Totoro tetapi ada juga menu yang hanya dijual saat musim-musim tertentu. Selain soes krim yang menjadi andalan Shiro-Hige’s Cream Puff Factory ada juga kue kering dan berbagai kue lainnya.

Tapi sebelum travel mates mengunjungi toko ini lebih baik travel mates melakukan memesan tempat terlebih dahulu agar bisa datang dan langsung merasakan kelezatan kue-kue yang ditawarkan di Shiro-Hige’s Cream Puff Factory.

 

5. Hutan Totoro Prefektur Saitama

image source : https://japanesestation.com/

Hutan Totoro memilki berbagai hal menarik. Mulai dari kediaman Totoro yang ada patung Totoro yang berukuran cukup besar sehingga travel mates dapet berfoto disini. Ada juga seperti urban legend dimana di kediaman ini terdapat peri hitam atau “Makkuro Kurosuke” yang asli, tetapi hanya anak-anak yang bisa melihatnya.

Di Spot Wisata Studio Ghibli ini, juga dipamerkan karakter “Susuwatari” dalam anime “Spirited Away”. dan berbagai spot yang akan mengingatkan travel mates pada adegan yang ada di dalam film “My Neighbor Totoro”.

 

6. Kampung Yamate, Kota Yokohama

image source : https://matcha-jp.com/

Kampung Yamate menjadi model untuk anime “From Up On Poppy Hill”. Suasana tenang Kampung Yamate dan bangunan bergaya Eropa yang ada mirip sekali dengan animenya. Toko bunga, toko kroket dan toko daging “Marui Shoten” juga menjadi model dalam anime tersebut. Penasaran dengan Spot Wisata Studio Ghibli yang satu ini? Sempatkan untuk mampir kesini ya, Travel Mates!

 

7. Yokohama Motomachi Shopping Area

image source : https://www.ambassadors-japan.com/

Yokohama Motoachi merupakan tempat dimana Haru bertemu dengan seekor kucing bernama Muta di anime “The Cat Returns”. Beberapa tempat di Yokohama Motomachi juga berhubungan dengan anime “From Up On Poppy Hill”. Area perbelanjaan Spot Wisata Studio Ghibli ini juga memilki bangunan dengan gaya arsitektur eropa seperti Kampung Yamate. Unik sekali ya!

 

8. Pemandian Air Panas Shima, Prefektur Gunma

image source : https://taiken.co/

Ada 3 pemandian air panas yang menjadi model untuk anime “Spirited Away” dan Pemandian Air Panas Shima adalah salah satunya. Pemandian ini berada di penginapan Sekizenkan prefektur Gunma. Untuk bisa ke sini dari Tokyo travel mates dapat naik bus atau kereta.

Saat malam hari suasana di penginapan ini memunculkan kesan mistis seperti yang ada di animenya. Jembatan merah seperti yang ada di animenya juga bisa travel mates jadikan spot untuk berfoto. Pasti tak sabar kan untuk mampir ke Spot Wisata Studio Ghibli ini?

 

9. Pemandian Air Panas Shibu, Prefektur Nagano

image source : https://www.japan.travel/

Yang kedua adalah pemandian Air panas Shibu yang ada di penginapan Kanaguya, Prefektur Nagano. Bangunan penginapan ini adalah karya Miyadaiku, pengrajin kayu yang biasa bekerja membangun bangunan tradisional Jepang.

Kesan mistis juga ditampilkan penginapan ini saat malam hari seperti anime “Spirited Away”. Kemudian, travel mates dapat mengunjungi penginapan ini dari Tokyo dengan naik bus atau kereta. Kalau Travel Mates mampir ke Spot Wisata Studio Ghibli ingin pilih naik apa?

 

10. Pemandian Air Panas Dogo, Spot Wisata Studio Ghibli Di Prefektur Ehime

image source : https://japan-magazine.jnto.go.jp/

Bisa dibilang Pemandian air panas Dogo merupakan model dari bangunan di anime “Spirited Away”. Para pengunjung dapat merasakan suasana dan mengingatkan apa yang benar-benar seperti dalam anime. Disni tidak terdapat jembatan merah seperti di pemandian air panas Shima tapi bangunan pemandian air panas dogo sangat mirip dengan bangunan di anime “Spirited Away”.

Dan sebuah fakta menarik bahwa pemandian air panas dogo memilki sejarah lebih dari 1000 tahun. Mungkin karena sejarah inilah Hayao Miyazaki menjadikan Pemandian ini sebagai model untuk anime “Spirited Away”.

 

11. Kota Kushiro, Hokkaido

image source : https://matcha-jp.com/

Kota Kushiro merupakan model pembuatan anime “When Marnie Was There” yang disutradarai oleh Hiromasa Yonebayashi. Mungkin karena anime ini bukan karya Hayao Miyazaki, anime ini menjadi tidak terlalu terkenal. Tetapi anime ini memiliki cerita yang sangat bagus bagi travel mates yang belum menontonnya bisa segera menonton.

Bukan hanya itu kota Kushiro yang digunakan model ini juga banyak spot indah jadi travel mates dapat memastikan tempat-tempat yang seperti ada di anime dan berfoto-foto disitu. Kota Kushiro juga merupakan kota penghasil boga bahari terbaik se-Hokkaido, jadi travel mates dapat membeli oleh oleh langsung dari asalnya, selepas berwisata di Spot Wisata Studio Ghibli deh!

 

12. Taman Seibi-en, Prefektur Aomori

image source : https://thegate12.com/

Taman Seibi-en merupakan model di anime “Arrietty”. Bangunan bergaya barat dan taman tradisional khas jepang ini sangat indah yang dimiliknya membuat taman ini ditunjuk oleh pemerintah Jepang sebagai tempat Wisata. Taman ini berada di kota Hirakawa, Prefektur Aomori. Bila travel mates ingin berwisata ke Spot Wisata Studio Ghibli yang satu ini, jangan lupa cek jadwal di website resminya ya.

 

13. Tomonoura, Spot Wisata Studio Ghibli Di Prefektur Hiroshima

image source : https://allabout-japan.com/

Tomonoura merupakan salah satu tempat di kota Fukuyama prefektur Hiroshima. Tempat ini menjadi model dalam anime “Ponyo on the Cliff by the Sea”. Bangunan-bangunannya akan mengingatkan travel mates mengenai adegan yang ada di animenya. Disepanjang jalan travel mates dapat menemukan ilustrasi atau barang yang berhubungan dengan anime Ponyo. Penduduk setempat juga merasa bangga karena dijadikan model dalam anime karya Hayao Miyazaki.

 

14. Pulau Yakushima, Prefektur Kagoshima

image source : https://japanesestation.com/

Hutan yang terdapat di Pulau Yakushima ini merupakan model dari anime “Princess Mononoke” karya Hayao Miyazaki. Pulau Yakushima merupakan salah satu pulau dari kepulauan Osumu yang terletak di bagian sebelah selatan Prefektur Kagoshima. Hutan ini memiliki kesan mistis yang mendalam, sunyi, dan misterius.

Saat memasuki hutan ini travel mates akan melewati jalan setapak yang dipenuhi lumut, pohon pohon besar, sungai yang mengalir di antara tanaman lain sehingga seperti memasuki dunia “Mononoke”. Pastinya travel mates tidak akan melupakan pengalaman yang spektakuler saat berwisata ke Pulau Yakushima, salah satu Spot Wisata Studio Ghibli.

 

15. Republik Donguri

image source : https://jw-webmagazine.com/

Republik Donguri adalah sebuah toko yang menjual barang-barang yang berhubungan dengan studio Ghibli. Bisa dibilang juga toko ini merupakan toko merchandise atau oleh-oleh untuk setiap karya studio Ghibli.   Ada gantungan kunci, alat tulis, handuk, karpet, vas bunga, miniature karakter, dan lain-lain

Toko ini tersebar di berbagai wilayah di Jepang dan ada juga beberapa di Luar Jepang. Jadi travel mates yang ingin membeli oleh-oleh bernuansa studi Ghibli bisa mampir kesini.

 

Nah itu dia 15 Spot Wisata Studio Ghibli yang Wajib Dikunjungi! Menarik menarik bukan? untuk travel mates yang ngefans banget sama studi ghibli bisa bangetn mengunjungi tempat-tempat ini. Tapi jangan lupa rencanakan liburan travel mates Bersama H.I.S Travel Indonesia.

Sebarkan Artikel