3 Spot Wisata Edukasi Menyenangkan di Nagoya
01-07-2019
HIS Travel
3 Spot Wisata Edukasi Menyenangkan di Nagoya
City Travel
Sebarkan Artikel

Kalau kita membicarakan soal liburan ke Jepang, pastinya nama kota yang menjadi prioritas adalah Tokyo, Osaka, atau Kyoto. Tokyo terkenal dengan Dineyland-nya, Osaka terkenal dengan Universal Studio-nya dan Kyoto terkenal dengan destinasi wisata alamnya. Namun jika Travel Mates mencari hal yang tidak biasa atau unik, rasanya wajib untuk mengunjungi kota Nagoya. Selain dari nama tiga kota di atas, kota Nagoya tidak kalah dengan destinasi wisatanya. Menariknya hanya kota Nagoya lah yang memiliki wisata edukasi yang sangat menyenangkan.


Kota Nagoya sendiri terletak di Perfektur Aichi. Jika Travel Mates sebelumnya tidak tertarik untuk berlibur atau mencari tahu kota Nagoya, mungkin dengan membaca tulisan ini kamu akan langsung tertarik. Karena Nagoya selain memiliki landmarknya yang sangat unik-unik, juga memiliki beberapa tempat wisata yang tidak terlalu jauh satu sama lainnya lho, Travel Mates. Jadi jika kamu ingin mengunjungi beberapa tempat, tidak akan rugi secara waktu ataupun biaya transportasi.
Lalu bagaimana untuk mencapai kota ini dari Bandara Narita atau Bandara Narita? Travel Mates bisa menggunakan shinkansen dari Tokyo atau Osaka. Tapi kamu juga bisa menggunakan pesawat yang langsung mendarat di Bandara Internasional Centrair Chubu lalu dilanjut dengan menggunakan kereta sekitar 30 menit ke daerah perkotaan. Penasaran ada apa saja di kota yang kaya akan sejarah dan destinasi wisata edukasi ini? Berikut beberapa tempat yang akan membuat kamu tertarik untuk mengunjungi kota Nagoya!

1. Nagoya City Science Museum
Untuk kamu yang pernah ke Planetarium Jakarta, pasti selalu kagum dengan visual yang ditampilkan. Selagi kamu di Kota Nagoya, rasanya wajib untuk mengunjungi Nagoya City Science Museum. Tempat ini berada di pusat Kota Nagoya. Dengan ciri khas bangunan seperti bentuk bola besar dan roket besar di bagian depannya.
Museum ini pun terbagi menjadi 3 tema, Travel Mates. Ada Science and Technology Building dengan tema ilmu pengetahuan dan teknologi, lalu Life Science Building yang bertema bumi dan biologi, dan Astronomy Building yang mengangkat tema luar angkasa. Dan jika Travel Mates jumlahkan, akan ada lebih dari 239 jenis benda yang dipamerkan di museum ini. Banyak banget ya, Travel Mates?
Pasti penasaran kan seperti apa dan ada apa saja dalam bangunan berbentuk bola? Gedung ini khusus untuk planetarium. Memiliki diameter 35 meter dan memiliki title Planetarium Terbesar di Dunia. Dengan konsep menikmati keindahan langit malam berbintang yang hampir serupa dengan aslinya, membuat banyak wisatawan selalu ingin kembali mengunjungi tempat ini.
Dengan durasi selama 50 menit, Travel Mates akan mendengarkan berbagai cerita tentang luar angkasa dan bintang-bintang seperti "pembentukan rasi bintang", "apa warna bintang?", dan "menemukan kumpulan galaksi super" (dipandu dengan narasi bahasa Jepang dari kurator). Tema pemutaran ini berubah setiap bulan.

Lalu dilanjut ke dalam ruang pameran besar Science and Technology Building, Travel Mates dapat belajar tentang berbagai fenomena alam seperti tornado buatan setinggi 9 meter yang dihasilkan di Tornado Lab dan mengamati dengan mata telanjang bagaimana kilat bertegangan tinggi 1,2 juta volt berlompatan di dalam bangunan di Electric Discharge Lab.
Kamu juga bisa merasakan tempat dengan suhu minus 30 derajat di Deep Freezing Lab. Kamu juga bisa melihat keindahan aurora yang diproyeksikan di langit-langit serta balok es asli dari Antartika yang dipamerkan di sini. Lalu di Exploring Water, Anda dapat belajar tentang sirkulasi air di bumi mulai dari air yang menguap dan berkumpul menjadi awan, menjadi hujan hingga mengalir ke lautan. Semua proses ini diperagakan dengan gambar dan suara. Tertarik untuk mengunjunginya, Travel Mates?

2. Flight of Dreams
Tempat ini akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki cita-cita untuk menjadi Pilot atau sedang mencari refrensi untuk tugas di dunia penerbangan. Di tempat ini Travel Mates akan menemukan sebuah taman rekreasi bertema pesawat yang ada di dalam Bandara Internasional Centrair Chubu. Saat masuk ke dalamnya, kamu bisa langsung melihat ZA001 yang merupakan model pertama pesawat Boeing 787.
Flight of Dreams hadir dari kerjasama dengan perusahaan Boeing. Hal tersebut dikarenakan lebih dari 35% bagian pesawat Boeing 787 diproduksi di Wilayah Chubu ini kemudian dikirimkan ke pabrik di Amerika untuk dirakit.
Pesawat ZA001 yang ada di sini adalah sumbangan dari perusahaan Boeing pada Centrair untuk industri pesawat generasi selanjutnya setelah digunakan dalam berbagai tes.
Selanjutnya, kamu akan tiba Paper Plane Music Field yang sangat populer di kalangan anak-anak. Di sini anak-anak dapat membuat pesawat kertas dan menerbangkannya dalam cahaya. Pesawat kertas ini akan mengeluarkan bunyi saat bersentuhan dengan cahaya.
Bunyi yang dihasilkan akan semakin banyak saat semakin banyak cahaya yang bersentuhan dengan pesawat. Oleh karena itu, dibutuhkan keterampilan saat membuat pesawat kertas agar pesawat bisa terbang jauh. Tertarik untuk mengunjunginya, Travel Mates?

3. Port of Nagoya Public Aquarium
Port of Nagoya Public Aquarium adalah akuarium di mana Travel Mates bisa berinteraksi dengan berbagai biota laut. Akuarium ini memiliki tangki terbuka terbesar di Jepang dan menggelar pertunjukan lumba-lumba. Di sebelahnya, kamu juga bisa melihat beluga yang lucu dan paus pembunuh yang besar.
Selain itu, kamu juga tidak boleh melewatkan “tornado maiwashi”. “Tornado maiwashi” adalah sekumpulan ikan maiwashi (Japanese pilchard) yang terdiri dari sekitar 35 ribu ekor yang berenang dan berputar membentuk seperti tornado. Kumpulan ikan ini terlihat berkilauan saat berenang dan menciptakan pemandangan yang luar biasa!


Itu dia 3 tempat rekomendasi untuk kamu kunjungi bersama keluarga, teman, atau bersama teman-teman kantor yang bisa mengedukasi secara langsung atau hanya untuk sekedar menambah wawasan. Dari 3 spot ini tentuna akan banyak sekali hal yang bisa dipelajari. Semuanya akan menjadi tujuan wisata yang sangat berharga pastinya.

Sebarkan Artikel