Catat Tanggalnya! 4 Festival Menarik di Thailand
11-06-2019
HIS Travel
Catat Tanggalnya! 4 Festival Menarik di Thailand
People & Culture
Sebarkan Artikel

Thailand merupakan destinasi populer yang bisa dikunjungi hanya dengan waktu tempuh sekitar 4 jam dari Jakarta. Bagi kamu yang sudah merencanakan liburan ke Thailand tahun ini, coba sesekali atur tanggal keberangkatanmu dengan jadwal festival unik di Thailand. Perjalanan kamu pastinya akan lebih spesial karena tidak melewatkan hari festival yang hanya sekali diadakan setiap tahunnya. Apa saja ya festival unik yang bisa kamu nikmati? Catat tanggalnya! Ini dia 4 festival di Thailand yang tidak boleh dilewatkan.

1. Festival Songkran

Sumber gambar: thailandculturetravel.com 
Festival Songkran atau festival air merupakan festival yang dilaksanakan saat tahun baru Thailand tiba. Semua orang akan berkumpul membawa 'senjata' yang berbentuk pistol air mainan, masing-masing menyerang orang-orang di sekitarnya dengan tembakan air. Biasanya gajah-gajah juga ikut serta dalam festival ini. Dalam menyambut datangnya tahun baru, masyarakat Thailand percaya bahwa air merupakan media untuk pembersihan diri. Pastikan kamu mempersiapkan baju ganti karena festival ini akan membuat pakaian basah kuyup. Festival Songkran diadakan mulai dari tanggal 13 hingga 15 April.

2. Festival Hantu (Phi Ta Khon)

Sumber gambar: flickr
Agak ngeri mendengar festival yang satu ini, tapi kamu tidak perlu takut. Festival Hantu hanya sekedar nama, kamu tidak akan dipertemukan dengan hantu asli tentunya. Festival ini Acara Phi Ta Khon diadakan di Provinsi Loei, Thailand selama tiga hari. Di hari pertama festival, acara disebut Boon Prawat, akan ada parade pemuda yang menari dengan memakai topeng yang terbuat dari dahan pohon kelapa. Para pemuda inilah yang nantinya akan menakuti-nakuti para penonton yang ikut serta menyaksikan parade. Festival hantu ini biasanya diselenggarakan antara bulan Maret hingga Juli. Tahun ini Phi Ta Khon diperkirakan akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Juni.

3. Festival Roket (Bun Bang Fai)

Sumber gambar: asiadmc.com
Bun Bang Fai merupakan festival roket yang diadakan di Provinsi Yasothon, Thailand. Menurut sejarahnya, festival ini dilaksanakan sebagai bentuk permintaan kepada dewa untuk menurunkan hujan. Masyarakat di Provinsi Yasothon dalam beberapa kelompok akan bekerjasama dalam membuat roket dari bambu berukuran sekitar 6 meter yang kemudian akan ditembakkan ke udara. Kelompok dengan roket yang membumbung paling tinggi ke angkasa akan diberikan sejumlah uang sebagai hadiah. Selain acara utama tersebut, juga akan ada parade di jalan raya, pertunjukan budaya serta kontes kecantikan. Dilansir dari Carnifest, Bun Bang Fai akan dihelat pada tanggal 4 Mei dan akan berlangsung selama dua hari.

4. Festival Lentera Chiang Mai (Yi Peng)

Sumber gambar: Youtube.com/Just One Way Ticket 
Thailand juga mempunyai festival lenteranya sendiri yang disebut dengan Yi Peng. Berbeda dengan festival serupa berjuluk Loy Krathong yang menghanyutkan lentera ke sungai, dalam festival yang digelar di Chiang Mai ini, partisipan akan menerbangkan lentera kertas ke udara, sebagai simbolisasi dari menghilangkan kecemasan dan ketakutan yang dirasakan. Saat semua lentera berhasil dilepas ke udara, kamu bisa bisa menyaksikan indahnya langit dihiasi dengan ribuan cahaya dari lilin lentera yang berpendar dengan terangnya. Festival Yi Peng kemungkinan digelar di akhir bulan November, 2018.

Sebarkan Artikel