5 Fakta Seputar Seoul Kimchi Festival Yang Harus Diketahui Oleh Para Wisatawan
09-06-2018
HIS Travel
5 Fakta Seputar Seoul Kimchi Festival Yang Harus Diketahui Oleh Para Wisatawan
Tips
Sebarkan Artikel

Siapa yang tidak mengenal Kimchi? Ya! Kimchi merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Korea. Di Korea Selatan, Kimchi sudah seperti sambalnya orang Indonesia yang sulit dipisahkan dari menu keseharian loh! Sudah tergambar kan pentingnya posisi Kimchi di Korea Selatan? Tak hanya itu, Korea Selatan bahkan sengaja mengadakan Seoul Kimchi Festival guna mempopulerkan makanan khas ini ke seantero penjuru dunia. Dahsyat bukan?

Meskipun sepintas acara ini terdengar hanya berupa festival, bukan berarti tidak ada hal yang spesial yang bisa dibahas dari festival yang satu ini. Anda ingin tahu lebih lanjut tentang 5 fakta seputar Seoul Kimchi Festival yang harus diketahui oleh para wisatawan? Simak terus artikel yang telah disusun oleh tim H.I.S Travel berikut ini yuk! Selamat menyimak ya!

 

1. Seoul Kimchi Festival Merupakan Tempat Praktikum Membuat Kimchi Yang Pas Untuk Para Pecinta Korea Sejati


Image source : english.visitkorea

Pecinta Korea sejati pasti mengerti tentang cara membuat Kimchi yang baik dan benar. Namun masalahnya, praktikum membuat Kimchi memerlukan persiapan yang tidak sesederhana yang dibayangkan. Terlebih lagi bila Anda termasuk orang yang memiliki segudang kesibukan. Tentu, hal ini akan amat memberatkan Anda yang ingin membuat Kimchi di rumah bukan?

Bila memang memerlukan tempat praktikum membuat Kimchi yang pas, tak ada salahnya bila Anda mendaftarkan diri di Seoul Kimchi Festival yang berikutnya. Di festival ini, Anda dapat mengikuti perhelatan akbar pembuatan Kimchi secara masal.

Tenang saja, Anda tidak perlu dipusingkan dengan langkah-langkah persiapan seperti membeli bahan baku Kimchi kok! Disini Anda hanya perlu mengikuti jalan nya acara, dan menjaga kualitas Kimchi buatan Anda. Seru dan menyenangkan kan?

 

2. Terdapat 3 Ronde, Dan Semua Peserta Tidak Dipungut Biaya Pendaftaran


Image source : english.visitkorea

Meskipun Seoul Kimchi Festival merupakan tempat praktikum pembuatan Kimchi yang seru dan menyenangkan, bukan berarti festival ini tidak memiliki tantangan. Jadi, meskipun niat awal Anda hanya ingin bersenang-senang, Anda juga harus mencurahkan sedikit keseriusan Anda di ajang festival internasional ini ya!

Garis besarnya, festival ini akan diadakan dalam 3 ronde. Dan dalam 3 ronde ini, hanya akan dipilih sekitar 450 orang yang benar-benar serius, dan sigap ketika masa pendaftaran. Pendaftaran nya langsung on the spot ya! Jadi untuk Anda yang memiliki kebiasaan datang telat, usahakanlah untuk menyesuaikan diri agar tidak telat dan menyanyiakan festival membuat Kimchi masal ini begitu saja.

Selain datang awal, setiap peserta juga wajib mengirimkan email yang berisi surat persetujuan, dan data diri ke alamat hallyu@knto.or.kr sampai awal bulan November. Dari sinilah proses seleksi alam dimulai. Meskipun begitu, Anda yang benar-benar ingin mengikuti ajang ini harus percaya diri ya!

Setelah diterima, 100 orang dari 450 orang tadi akan diperbolehkan mengikuti ronde pertama. Kemudian disusul 250 orang di ronde ke dua, dan kemudian 100 orang sisanya diperbolehkan untuk beraksi di ronde ke 3.

Khusus di ronde pertama, Anda dapat menikmati acara pembukaan loh! Biasanya, acara pembukaan ini diisi oleh pertunjukan kesenian ala negri Korea. Menarik sekali bukan?

 

3. Peserta Seoul Kimchi Festival Tidak Dikenakan Batasan Usia Bagi Yang Mampu Dan Ingin Turut Serta Berperan Aktif Di Dalam Perayaan Festival

Anda sudah berusia senja namun ingin tetap turut serta dalam Seoul Kimchi Festival? Boleh saja kok! Selama Anda mampu, mengapa tidak? Namun, jangan lupa untuk melampirkan surat keterangan sehat dari dokter ya. Ini penting! Mengingat, durasi pelaksanaan acara ini tidak lah sebentar.

Meskipun Anda hanya mengikuti 1 ronde yang tidak sampai 3 jam waktu pelaksanaannya, tetap saja, Anda membutuhkan fisik yang cukup kuat untuk berpergian jauh hingga ke Korea. Sepakat?

 

4. Festival Ini Memiliki Sisipan Kampanye Promosi Kebudayaan Korea Selatan


Image source :  nglish.visitkorea 

Tak hanya di momen upacara pembukaannya saja, festival pembuatan Kimchi masal kota Seoul ini juga kerap diselipkan hal-hal berbau budaya Korea Selatan. Contohnya saja seperti hanbok yang dikenakan oleh para peserta pembuat kimchi, permainan yang dapat dimainkan oleh penonton yang hadir, serta pertunjukan musik khas Korea Selatan.

Dijamin, Anda tidak akan mudah merasa bosan! Memangnya, siapa yang bilang kalau di festival ini hanya terdapat kontestan pembuat Kimchi saja? Masih banyak lagi yang lain loh! Seru-seru pula acaranya! Ingin mencicipi Kimchi gratis? Boleh kok! Food truck yang menjajakan makanan khas Korea Selatan juga tersedia!

 

5. Acara Ini Merupakan Salah Satu Warisan Budaya Yang Diakui Oleh UNESCO


Image source : english.visitkorea

Seperti yang kita ketahui bersama, UNESCO merupakan salah satu lembaga dunia yang mengurusi hal-hal seputar kebudayaan. Kabar baiknya, di tahun 2013 lalu lembaga kelas dunia ini sudah meresmikan pendataan Seoul Kimchi Festival di daftar budaya tak benda warisan manusia. Keren sekali bukan?

Bila sudah begitu, apa iya Anda hanya akan tinggal diam dan berfikir panjang sebelum mendaftarkan diri untuk turut berpartisipasi di ajang yang satu ini? Tentu tidak kan?

 

Oke Travelers, itulah tadi artikel singkat kami tentang 5 fakta seputar Seoul Kimchi Festival yang harus diketahui oleh para wisatawan. Semoga artikel tadi semakin memperluas wawasan yang Anda miliki tentang festival yang ada di Korea Selatan ya!

Ingin berlibur ke Korea Selatan dalam waktu dekat? Ingin mengikuti Seoul Kimchi Festival di musim liburan berikutnya? Segera hubungi tim H.I.S Travel yuk! Kami siap membantu Anda untuk mendapatkan pengalaman berlibur ke Korea Selatan yang aman, mudah, dan menyenangkan! Sampai jumpa lagi di kesempatan yang berikutnya Travelers!

Sebarkan Artikel