5 Festival Musim Panas di Tohoku Yang Sayang Untuk Dilewatkan
18-06-2019
HIS Travel
5 Festival Musim Panas di Tohoku Yang Sayang Untuk Dilewatkan
People & Culture
Sebarkan Artikel

Jepang merupakan negara yang terkenal dengan festival musim panasnya. Hal ini sudah seperti tradisi yang wajib dilakukan satu tahun sekali. Banyak festival akan diselenggarakan setiap tahunnya di beberapa kota, semisal festival musim panas di Tohoku.

Tohoku menjadi salah satu kota di Jepang yang khas akan kemeriahan festival musim panasnya. Banyak festival menarik dan unik yang wajib untuk kalian saksikan. Oleh karena itu H.I.S Travel Indonesia sudah merangkumkan 5 festival musim panas di Tohoku yang sayang untuk dilewatkan. Penasaran? Langsung saja disimak yuk Travel Mates! Selamat menyimak ya!

 

1. Aomori Nebuta Festival, Festival Musim Panas Di Tohoku Yang Menghadirkan Lentera Raksasa

image source : https://liburankejepang.com/

Festival yang biasa disebut Aomori ini merupakan salah satu yang terbesar di Tohoku. Festival Aomori ini setiap satu tahun akan diadakan pada tanggal 2-7 Agustus. Jadi, catat tanggalnya baik-baik, agar kalian tidak terlewatkan melihat festival ini.

Di Aomori Nebuta Festival ini kalian dapat menyaksikan lentera raksasa yang terbuat dari kayu. Lentera ini dilapisi dengan washi yang akan membuat meriah warna-warnanya. Saat parade mulai lentera ini akan didorong oleh orang-orang kesepanjang jalan.

Lentera raksasa ini biasanya dibentuk menyerupai karakter legenda atau tokoh drama terkenal ataupun pemeran kabuki. Karena konsep yang diusung yaitu lentera, maka kalian hanya dapat menyaksikan festival ini pada malam hari.

Untuk menuju ke Aomori kalian dapat menaiki kereta api dari Tokyo dengan waktu tembuh 4 jam. Agar lebih mudah, kalian dapat menggunakan JR East. JR East sejenis tiket kereta api yang dapat kalian beli secara online. Jadi, saatnya menyaksikan gemerlap malam di Aomori Nebuta Festival.

 

2. Morioka Sansa Odori Festival, Festival Musim Panas Di Tohoku Untuk Merayakan Pengusiran Arwah Jahat

image source : https://liburankejepang.com/

Festival ini diadakan di Prefektur Iwate tepatnya di Morioka. Di sini kalian dapat menyaksikan warga yang ikut dalam parade membawa drum dan bernyanyi bersama. Sambil menari mereka menyanyikan “sansa, sansa.” Dalam guiness book record telah mencatat festival ini sebagai taiko yang terbesar di dunia.

Morioka Sansa Odori Festival diadakan untuk memperingati terbebasnya kota dari gangguan iblis. Dalam sejarah yang tercatat, Morioka selalu mendapatkan gangguan iblis. Namun, ada seorang petapa yang berdo’a di Kuil Mitsuishi memohon pertolongan dari Dewa. Do’a tersebut terkabul, sejak saat itu parade ini diselenggarakan.

Parade ini tidak hanya berlangsung satu hari, melainkan 4 hari sekaligus. Untuk menyaksikannya kalian dapat berkunjung pada tanggal 1-4 Agustus. Karena saat itulah parade digelar.

Cara menuju Morioka sangatlah mudah. Cukup gunakan JR East kalian sudah dapat mengakses kereta api baik dari Tokyo, Akita, dan Sendai. Selalu ad acara untuk mengikuti festival musim panas di Tohoku yang satu ini kan?

 

3. Fukushima Waraji Festival, Perayaan Momen Musim Panas Ala Warga Kuil Haguro Gunung Shinobu

image source : https://diversity-finder.net/

Fukushima Waraji Festival merupakan parade yang didedikasikan untuk Kuil Haguro yang terletak di Gunung Shinobu. Dengan dimulainya parade makan menandakan sudah masuknya musim panas di Fukushima.

Festival di Fukushima ini cukup unik. Karena di sini kalian dapat menemukan sandal raksasa (waraji) yang terbuat dari bambu saat kegiatan ini dimulai. Sandal ini juga dibalut dengan kain agar terlihat lebih menarik.

Dengan panjang lebih dari 12 meter dan berat sekitar 2 ton, sandal raksasa tesebut diangkat oleh lebih dari 15 orang. Parade ini akan diadakan pada bulan Agustus selama dua hari setiap satu tahunnya.

Untuk memudahkan perjalanan kalian menuju Fukushima. Kalian dapat menggunakan JR East untuk menaiki kereta dari Tokyo dan sekitarnya. Dengan demikian perjalanan menuju lokasi festival musim panas di Tohoku akan terasa nyaman dan menyenangkan.

 

4. Akita Kanto Lantern Festival, Festival Musim Panas Di Tohoku Yang Menghadirkan Ratusan Lentera Yang Indah Untuk Disaksikan

image source : https://matcha-jp.com/

Festival yang diadakan di Akita ini berbeda dengan yang lain, karena dilaksanakan pada 2 waktu yaitu siang dan malam. Saat siang hari para pemain dalam parade akan menampilkan atraksi keseimbangan dalam memegang tongkat bambu yang terdapat puluhan lentera.

Saat malam tiba, lentera akan dinyalakan sehingga akan tercipta suasana klasik disepanjang rute parade. Lebih dari 10 tongkat bambu dengan tinggi tongkat sekitar 12 menit dan berat 50 kg menghiasi malam di Akita.

Untuk menuju ke Akita kalian dapat menggunakan kereta api. Dengan adanya JR East dapat membuat perjalanan kalian terasa lebih mudah. Dari Tokyo ke Akita akan memakan waktu 4 jam.

Akita Kanto Lantern Festival diadakan setiap tanggal 3-6 Agustus. Jadi jangan sampai melewatkan tanggalnya ya Travel Mates!.

 

5. Yamagata Hanagasa Festival, Festival Musim Panas Di Tohoku Yang Paling Banyak Diminati Oleh Wisatawan

image source : https://id.zekkeijapan.com/

Parade yang diadakan pada tanggal 5-7 Agustus ini merupakan yang paling banyak diminati oleh para wisatawan. Selama tiga hari, lebih dari 1 juta wisatawan menonton parade ini.

Yamagata Hanagasa Festival akan terdapat 100 grup dengan anggota seluruhnya berjumlah 10.000 orang. Setiap grup menggunakan kostum yang berbeda, ini merupakan variasi yang menarik. Parade ini cukup besar di Yamagata.

Disini akan ada beragam tarian tradisional seperti Sosaku Odari atau tarian kreatif dan bahkan tarian Mawasahi (payung berputar). Ciri khas dari Prefektur Yamagata juga ditampilkan dalam parade ini yaitu, topi hanagasa.

Untuk sampai ke Yamagata kalian dapat menaiki kereta api dengan menggunakan JR East. Dengan JR East kalian dapat menghemat ongkos dan merasakan pengalaman menggunakan kereta super cepat shinkansen.

 

Itu tadi 5 Festival Musim Panas di Tohoku Yang Sayang Untuk Dilewatkan. Semua festival akan diselenggarakan bulan Agustus hanya berbeda tanggalnya saja. Jadi untuk kalian yang ingin menyaksikan semuanya dalam satu kali ke Tohoku, persiapkan jadwal liburan Anda ya! Tunggu apa lagi? Saatnya merencanakan waktu liburan untuk mengikuti festival musim panas di Tohoku bersama H.I.S Travel Indonesia. Sampai jumpa lagi ya, Travel Mates!

Sebarkan Artikel