5 Jajanan Pasar Nikmat Italia yang Wajib Kamu Coba
07-10-2019
HIS Travel
5 Jajanan Pasar Nikmat Italia yang Wajib Kamu Coba
Food
Sebarkan Artikel

Kalau selama ini kamu menelusuri makanan khas Korea, Jepang, Indonesia, dan negara-negara lain yang ada di Asia, kini saatnya kamu mengulik daerah yang berbeda yaitu di Eropa. Nah, saat mendengar kata ‘pizza’, nama negara apa yang ada di benakmu? Ya, tepat sekali. Jawabannya adalah negara Italia.

Selain pasta dan pizza, ternyata banyak banget panganan unik dan menarik yang bisa kamu coba saat berlibur di Italia. Panganan-panganan tersebut juga mudah ditemukan karena sudah menjadi panganan khas Italia. Jangan khawatir, gak hanya makanan berat, ada juga makanan ringan yang disebut jajanan pasar.

Kali ini, H.I.S Travel Indonesia akan membahas tentang 5 Jajanan Pasar nikmat Italia yang Wajib Kamu Coba. Ada jajanan manis dan juga asin kok. Penasaran kan dengan jajanan pasar nikmat di Italia? Kira-kira, apa saja ya? Yuk, simak lebih lanjut tentang 5 jajanan pasar nikmat Italia berikut ini! Selamat menyimak ya, Travel Mates!

 

1. Olive Ascolana (Fried Olives), Jajanan Pasar Nikmat Italia Yang Uniknya Tiada Dua

image source : https://www.flickr.com/photos/storie-di-questo-mondo/26085019142/

Sebenarnya Olive Ascolana adalah salah satu nama daerah di kota Le Marche yang terletak di antara Laut Adiratik dan Pegunungan Apennine. Olive Ascolana atau Zaitun goreng mungkin terdengar aneh dan gak biasa, namun jajanan pasar Italia ini banyak disukai oleh penduduk lokal maupun pendatang, lho!

Makanan ini terbuat dari buah zaitun hijau yang diisi dengan campuran daging cincang, mortadella, dan keju. Kemudian dilumuri tepung roti dan digoreng hingga matang. Makanan khas dari Ascoli Piceno ini mudah ditemukan dimanapun, seperti Wine Bars dan tempat-tempat kuliner lainnya di Italia. Penasaran kan bagaimana rasanya, Travel Mates?

 

2. Cannoli, Jajanan Pasar Nikmat Italia Yang Renyahnya Mantap Untuk Disantap

image source : https://www.flickr.com/photos/21191298@N05/5648312155/

Jajanan pasar khas Italia bernama Cannoli ini merupakan panganan pastry yang populer di Italia. Adonan pastry berbentuk tabung tanpa tutup yang digoreng renyah, lalu diisi dengan krim ricotta manis dan chocolate chips (atau topping lainnya) cocok banget menjadi hidangan penutup kamu saat berkunjung ke Italia. Kamu bisa mencicipi Cannoli sebagai cemilan di pagi hari sambil minum teh, atau di malam hari ketika sedang mendadak lapar.

Jajanan pasar ini akan mudah kamu temukan di seluruh wilayah Italia. Namun, Cannoli dengan rasa terbaik ada di daerah Sisilia karena Cannoli adalah jajanan khas dari Piana Degli Albanesi, Sisilia. Tapi kamu gak perlu khawatir, dimanapun kamu membelinya, rasanya juga tetap lezat kok. Jangan sampai lupa untuk mampir ke Sisilia untuk mencoba garingnya dan manisnya Cannoli!

 

3. Gelato, Es Krim Sekaligus Jajanan Pasar Nikmat Italia Yang Telah Mendunia

image source : https://www.flickr.com/photos/ayearineurope/482947865/

Dingin, manis, lembut. Kedai es krim (dalam bahasa Italia: gelato) memang mudah ditemukan di hampir setiap wilayah di seluruh dunia. Cita rasanya juga gak jauh berbeda antara satu dan yang lainnya. Pembedanya adalah varian rasa dan topping yang tersedia. Bahkan banyak kedai yang menawarkan varian rasa berbeda dan cukup aneh untuk dicampurkan ke dalam es krim.

Di Italia, kamu bisa merasakan lembutnya gelato dengan rasa yang bervariasi. Terlebih lagi, kamu mencicipinya langsung di Italia yang sudah pasti rasanya lebih khas dan super lezat. Ditambah topping buah, kacang, dan juga coklat yang bisa melengkapi rasa gelato. Bagaimana Travel Mates? Terbayang kan bagaimana rasanya?

 

4. Arancini (Fried Rice Balls), Jajanan Pasar Nikmat Italia

image source : https://www.flickr.com/photos/mickle229/3391333702/

Salah satu dari 5 Jajanan Pasar Terbaik di Italia yang Wajib Kamu Coba yaitu Arancini. Mungkin kamu sering banget mendengar bola-bola nasi atau rice ball yang sepertinya ada di setiap negara di dunia. Setiap negara dan wilayah pun memiliki resep rahasia yang berbeda. Campurannya dan isiannya pun kerap bervariasi. Bola-bola nasi juga dianggap sebagai makanan yang mengenyangkan dalam sekali lahap.

Nah, di Italia, Arancini terbuat dari nasi (pastinya) yang dicampur dengan keju mozarella, daging, dan kacang polong, kemudian digoreng dalam rendaman minyak panas. Tiga bahan tersebut adalah isian asli dari Arancini. Namun, saat ini banyak penduduk yang memodifikasi dan menambahkan isian lainnya agar pembeli bisa memilih isian mana yang cocok dengan lidah mereka. Satu lagi, Arancini juga berasal dari Sisilia lho!

 

5. Porchetta Romana

image source : https://www.flickr.com/photos/christianezboril/33591159293/

Setelah mengetahui jajanan-jajanan manis khas Italia, kali ini ada jajanan pasar yang memiliki rasa gurih dan khas. Porchetta Romana terbuat dari daging babi panggang yang diisi dengan bumbu rempah, bawang putih, dan penyedap rasa lainnya. Itulah mengapa, rasa Porchetta ini cenderung memiliki ciri khas dan cukup mengenyangkan.

Biasanya panganan ini disajikan sebagai isian sandwich (panino) dan dijual di dalam mobil van yang terbuka. Penduduk lokal dan pendatang biasa mengonsumsi Porchetta untuk mengganjal perut mereka, seperti saat sarapan atau saat lapar di malam hari. Sebagai informasi, Porchetta Romana merupakan makanan asli dari Ariccia, sebuah provinsi di Roma. Walaupun begitu, kamu bisa menemukan jajanan ini di seluruh wilayah Italia kok.

Selain 5 Jajanan Pasar nikmat Italia yang Wajib Kamu Coba di atas, sebenarnya masih banyak lagi jajanan pasar lainnya yang bisa kamu cicipi dan tersedia di berbagai lokasi kuliner di Italia. Bahkan makanan-makanan tersebut sudah bisa kamu temukan di luar negara Italia, salah satunya Indonesia. Namun, gak ada salahnya kan mencoba di tempat aslinya? Rasanya jelas berbeda dan bisa lebih menggoyangkan lidah kamu.

 

Buat kamu yang berminat untuk berlibur ke Italia untuk mencicipi jajanan pasar di atas, H.I.S Travel Indonesia siap membantu kamu. Dengan menggunakan jasa travel kami, perjalananmu pasti akan lebih menyenangkan. Tidak hanya Italia, kamu bisa pergi kemana pun dan kapan pun kamu mau. Merasa tertarik? Yuk, jalan-jalan bersama H.I.S Travel Indonesia!

 

Mau tiket Gratis Ke Jepang? Yuk Wujudkan impian kamu bersama H.I.S. Travel Indonesia. Ikuti Follow To Win Japan untuk menangkan tiket Gratis liburan ke Jepang. Klik dibawah ini untuk informasi selengkapnya :

image source : https://linktr.ee/histravelindonesia

Sebarkan Artikel