5 Kuliner Lezat Khas Osaka
07-11-2019
HIS Travel
5 Kuliner Lezat Khas Osaka
Food
Sebarkan Artikel

Osaka merupakan prefektur yang sangat populer di Jepang. Banyak sekali orang Indonesia yang datang ke sana baik sebagai turis karena Osaka terkenal dengan banyak destinasi wisata yang indah, tapi selain dari itu Osaka juga terkenal akan makanannya yang enak. Beberapa makanan terkenal dari Osaka berupa Okonomiyaki, Takoyaki, dan Negiyaki. Namun, masih banyak juga makanan lain yang terkenal dari Osaka yang bakal dibahas di sini, ikutin yuk Travel Mates!

 

1. Kitsune Udon

Travel Mates pasti udah gak asing lagi dengan satu makanan khas Jepang ini. Ya, Udon. Udon Salah satu jenis udon ini sangat terkenal di daerah Osaka, namanya Kitsune Udon. Hal yang membuat Kitsune Udon beda dengan udon yang lainnya adalah topping nya yaitu Aburaage atau deep-fried tofu. Konon menurut penduduk Jepang, aburaage merupakan makanan favorit dari Kitsune atau Rubah emas di Jepang. Itulah yang mendasari penamaan dari Kitsune Udon.

 

2. Taiko Manjuu/Imagawa-yaki

Image source : https://www.shutterstock.com/image-photo/japanese-cake-imagawa-yaki-1047555487

Taiko Manjuu punya banyak nama di berbagai daerah di Jepang, nama asli nya sendiri adalah Imagawayaki. Kenapa disebut Taiko Manjuu, karena bentuk nya mirip seperti drum Jepang atau taiko. Taiko Manjuu mirip seperti Dorayaki yang sama-sama berasal dari Jepang. Namun, berbeda dengan dorayaki yang terbelah di bagian sisi nya, Taiko Manjuu tertutup rapat. Selain itu, Taiko Manjuu juga tidak hanya berisi anko, seiring perkembangan zaman, Taiko Manjuu sekarang memiliki berbagai macam isian seperti vanilla custard, buah-buahan, bahkan isian asin seperti curry, sayuran, daging, bahkan kentang, dan mayonnaise.

3. Tecchiri

Image source https://www.shutterstock.com/image-photo/tecchiri-hot-pot-dish-which-pufferfish-1460596391

Ikan fugu atau ikan buntal termasuk salah satu makanan yang harus kamu perhatikan dan berhati-hati pada saat mengkonsumsi nya. Pada ikan fugu terdapat kantung racun yang berbahaya jika termakan, oleh karena itu tidak sembarangan chef bisa menyajikan makanan ini. Salah satu jenis sajian dari ikan ini merupakan rebusan atau Nabemono. Nabe yang menu utamanya terdiri dari ikan fugu, dinamakan Tecchiri. Ingat, kamu harus berhati-hati saat mengkonsumsi makanan ini, ya. 

4. Kushiage

Image source : https://www.shutterstock.com/image-photo/deepfried-skewers-japanese-foods-1111558364

Travel Mates pasti suka sama satu makanan ini. Kebanyakan orang Indonesia sangat gemar mengkonsumsi makanan yang diproses dengan cara digoreng. Di Jepang juga ada beberapa jenis makanan yang digoreng, salah satunya yaitu Kushiage. Kushiage berarti gorengan yang ditusuk. Kushiage biasanya berupa daging atau sayuran yang ditusuk, kemudian digoreng dalam tepung. Biasanya cara makan Kushiage dicelupkan ke dalam saus dulu sebelum dimakan. Saus nya berupa saus ponzu, yaitu saus yang terbuat dari mirin, katsuobushi, cuka, kombu, dan buah sitrus, biasanya lemon.

5. Oshizushi

Image source : https://www.shutterstock.com/image-photo/oshizushi-pressed-sushi-box-372073711?src=WgjeLQQjos4shVsfUNPxcg-1-4

Oshizushi berarti sushi yang ditekan. Berbeda dengan Nigiri sushi yang ditekan oleh tangan, oshizushi ditekan menggunakan alat khusus sehingga sushi tersusun rapi dan kemudian dipotong dengan sangat rapi. Selain itu, oshizushi juga memiliki banyak topping dalam satu sajian, berbeda dengan sushi pada umumnya yang memiliki hanya satu topping. Hal ini bisa terjadi karena topping yang banyak dengan nasi ditekan dan dikompres menjadi sushi berukuran satu gigit, sehingga oshizushi memiliki rasa yang lebih banyak dibandingkan sushi pada umumnya.

 

Untuk akses ke Osaka yang lebih mudah, praktis, dan hemat, kamu bisa gunakan JR West Pass, mulai dari Kansai Area Pass lho, Travel Mates. Untuk informasi lebih detail kamu juga bisa check langsung website nya di sini. Jalan-jalan ke Osaka, yuk.

Sebarkan Artikel