5 Kuliner Pinggir Jalan di Osaka
01-07-2019
HIS Travel
5 Kuliner Pinggir Jalan di Osaka
Tips
Sebarkan Artikel
Jepang saat ini menjadi destinasi yang sering dilirik traveler asal Indonesia, khususnya generasi millennial. Ditambah lagi saat ini banya sekali tiket murah untuk sampai ke Negeri Sakura ini. Makanan Jepang menjadi salah satu alasan traveler Indonesia untuk mengunjungi negara ini, khususnya kota Osaka. Wisata kuliner inilah yang membuat orang-orang Indonesia ingin sekali seumur hidup sekali ataupun berkali-kali untuk pergi mengunjungi Kota Osaka.
Selain akan makanannya, budaya dan tempat-tempat yang instagrammable di negeri Sakura ini menjadi faktor tambahan untuk melancong ke sana. Untuk kamu yang memiliki impian pergi ke Kota Osaka untuk mencicipi kuliner "pinggir jalan" karena memiliki harga menu yang terjangkau dan dominan makanannya menggunakan bahan baku adonan dari tepung dan air, yuk simak beberapa di bawah ini yang wajib banget harus Travel Mates coba!
 
1. Takoyaki
Siapa yang tidak kenal dengan menu satu ini. Di Indonesia sendiri makanan ini selalu menjadi primadona disetiap restoran-restoran Jepang. Walaupun dikenal dengan kuliner kelas B, Takoyaki adalah salah satu menu yang menjadi ciri khas kuliner kota Osaka. Takoyaki terbuat dari tepung, potongan daging gurita, dan bahan lainnya yang kemudian dimasak dalam wajan bercetakan bulat. Garis tengah takoyaki biasanya berukuran 3-5 cm.
Setelah matang, takoyaki ditaburi katsuobushi (ikan cakalang kering yang diserut), aonori (remahan rumput laut kering), mayones, dan diolesi saus. Takoyaki dapat ditemui di seluruh Jepang, namun Osaka-lah tempat asal kuliner ini. Di Osaka banyak kedai takoyaki dengan harga terjangkau bila dibandingkan takoyaki yang dijual di Tokyo.
 
2. Okonomiyaki
Selain Takoyaki, Okonomiyaki juga sangat tenar dikalangan para pecinta kuliner Jepang. Sama seperti Takoyaki, yaitu dengan bahan baku tepung, namun makanan lebih didominasi dengan kubis dan bahan campuran lainnya. Lalu dicampur dan dimasak di atas wajan besi dengan bentuk pipih. 
Bahan campurannya adalah yamaimo (ubi rambat Jepang), seafood, daging babi, kue mochi, keju, dan bermacam bahan lain sesuai selera penikmatnya.
Seperti halnya takoyaki, okonomiyaki dijual di seluruh Jepang, atau bisa juga dibuat sendiri di rumah. Akan tetapi, Osaka adalah tempat asal kuliner ini. Jadi silakan mencicipi sebanyak mungkin jenis okonomiyaki selagi Travel Mates berada di Osaka, ya!
 
3. Kushikatsu
Makanan satu ini berbeda dengan dua makanan sebelumnya yang menggunakan bahan baku tepung. Kushikatsu adalah gorengan yang terbuat dari daging, sayuran, seafood, dan bahan lainnya yang dibalut dengan tepung panir. Setiap kedai memiliki cara pengolahan yang berbeda, tapi kebanyakan kushikatsu baru akan digoreng setelah pelanggan memesannya. Kushikatsu yang masih panas dicelupkan ke dalam saus sebelum disajikan, itulah ciri khas dari kuliner ini. Renyahnya tepung panir, berpadu dengan gurihnya bahan inti, ditambah asam manisnya saus worcester menghadirkan harmoni rasa yang unik. Jangan ngiler ya, Travel Mates!
 
4. Kasu Udon
Travel Mates kenal dengan menu ramen? bagaimana dengan udon? Karena kami akan merekomendasikan kamu maknaan yang biasa dijadikan topping pada mie udon, y aitu Kasu. Kasu adalah jeroan sapi yang digoreng. Proses penggorengan jeroan sapi berlangsung agak lama sehingga rasa gurihnya benar-benar terkunci di dalam dan teksturnya menjadi kenyal. Makanan ini tinggi protein dan kolagen sehingga banyak disukai wanita.
 
5. Tonpeiyaki
Menu ini mungkin masih asing ditelinga Travel Mates. Karena kuliner ini pun jarang sekali ditemui di Tokyo. Tapi jika Travel Mates sedang berada di Osaka, tonpeiyaki menjadi menu urutan ketiga setelah takoyaki dan okonomiyaki. Tonpeiyaki sendiri adalah daging babi dengan kubis yang dipanggang dan dibungkus dengan telur dadar. Tonpeiyaki disajikan dengan saus dan aonori sebagai pelengkap. Berbeda dengan okonomiyaki dan takoyaki, tonpeiyaki tidak menggunakan tepung sehingga tidak akan menyita banyak tempat di dalam perut kamu. Cocok juga dijadikan teman minum sake.
 
Itu dia 5 menu kuliner "Pinggir Jalan" di Osaka yang perlu kamu coba. Osaka adalah surganya kuliner, terbukti dengan tujuan para traveler yang pergi ke sana hanya untuk mencicipi makanan khas Osaka. Ditambah lagi kota Osaka ini juga memiliki berbagai tempat wisata. Jadi wajib rasanya untuk memasukan ke dalam list wajib kota Jepang yang harus dikunjungi. Setuju, Travel Mates?
Sebarkan Artikel