5 Kuliner Populer Saat Liburan Musim Panas ke Korea Selatan
04-07-2019
HIS Travel
5 Kuliner Populer Saat Liburan Musim Panas ke Korea Selatan
Food
Sebarkan Artikel

Korea Selatan kini menjelma jadi salah satu negara terfavorit wisatawan dunia untuk liburan karena memiliki banyak destinasi wisata menarik dan kuliner yang lezat. Memang banyak sekali destinasi wisata yang ada di negeri ginseng ini, mulai dari Seoul hingga Pulau Jeju banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi. Selain itu yang tidak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi Korea Selatan adalah mencicipi kulinernya. Negara ini dikenal banyak memiliki makanan khas yang lezat dan menggoda selera.

Simak 5 kuliner populer saat liburan musim panas ke korea selatan berikut ini!

1. Jajangmyeon

Makanan ini merupakan salah satu makanan yang cukup terkenal di Korea Selatan. Mie disajikan dengan saus Chunjang (pasta kacang hitam yang rasanya asin), daging yang dipotong dadu, dan dilengkapi dengan aneka sayuran.

Makanan ini pertama kali dikenal di tahun 1905, saat itu seorang imigran Cina membuka restoran di Incheon, Korea Selatan. Dia menyajikan mie Jajangmyeon ini di restorannya. Restoran itu sekarang sudah berubah menjadi museum Jajangmyeon.

2. Chimaek

Chimaek ini pada dasarnya adalah ayam goreng tepung ala Korea Selatan, dan biasanya disajikan dengan segelas bir sebagai pelengkap. Tidak heran sih karena nama Chimaek sendiri berasal dari kata "Chi" atau chicken yang artinya ayam, dan "maek" atau maekju yang artinya bir.

Ada begitu banyak dan gaya penyajian Chimaek di Korea Selatan, tapi hampir semua ayam yang disajikan bercita rasa spicy dan digoreng garing serta diberi taburan wijen. Hampir semua restoran di Korea Selatan menjual Chimaek, jadi makanan ini termasuk mudah dicari di sana.

3. Bibimbap

Bibimbap ini bisa dibilang adalah nasi campur ala Korea Selatan. Kalau di Indonesia ada nasi rames, nah kalau di Korea Selatan ada bibimbap. Biasanya isi dari semangkuk bbimbap ini terdiri dari nasi putih dengan sayur-sayuran, daging sapi, telur mata sapi, dan saus pedas gochujang.

Masyarakat Korea Selatan biasanya mengaduk Bibimbap sebelum disantap, sehingga semua bahan makanan yang ada di mangkuk tercampur semua. Dan terkadang mereka juga menyantap Bibimbap ini dengan tambahan acar. Kelihatannya enak ya?

4. Tteokbokki

Makanan ini termasuk salah satu makanan yang banyak dijual di Korea Selatan. Terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan bumbu gochujang, sehingga makanan ini bercitarasa pedas dan manis.

Pada masa Dinasti Joseon, makanan ini dimasak dengan kecap asin, daging sapi, kecambah, wortel, dan bawang bombay. Tteokbokki yang disajikan pada masa itu, berbeda sekali dengan ttebokki yang dijual di masa sekarang ini.

5. Kimchi

Ini adalah makanan terpopuler dari Korea Selatan. Semua orang pasti tahu Kimchi, makanan tradisional khas Korea Selatan yang dibuat dari sawi putih dan lobak. Kimchi merupakan asinan sayur yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Kebanyakan makanan Korea Selatan memang bercitarasa pedas.

Di masa lalu Kimchi diucapkan dengan nama Chim-chae yang artinya sayuran yang direndam. Selain dimakan begitu saja, kimchi saat ini juga sudah divariasikan menjadi berbagai menu makanan, seperti kimchi bokkeumbap (nasi goreng kimchi), kimchi jjigae (sup kimchi) dan sebagainya.

Jangan sampai lewatkan untuk mencicipi setiap kuliner yang khas dari Korea Selatan saat liburan musim panas. Rencanakan liburan bersama H.I.S. Travel Indonesia untuk liburan musim panas tahun ini!

Sebarkan Artikel