5 Makanan Khas Prefektur Nagasaki Yang Nikmat Untuk Disantap
09-09-2019
HIS Travel
5 Makanan Khas Prefektur Nagasaki Yang Nikmat Untuk Disantap
Food
Sebarkan Artikel

Nagasaki, adalah salah satu nama prefektur di Jepang yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Di era peperangan, kota ini sempat menjadi korban saat tentara sekutu menjatuhkan bom atom disana. Meskipun demikian, hal kelam tersebut tidak mematikan semangat penduduk Jepang yang berada di sekitar Nagasaki, untuk terus menghidupkan kota ini termasuk makanan khas prefektur Nagasaki yang sejak dulu biasa dikonsumsi secara turun temurun.

makanan khas prefektur Nagasaki sendiri, sebenarnya tidak terlalu rumit cara pembuatan dan komposisi bahan nya. Hanya saja, nilai-nilai sejarah dan ke khasan panganan ini ketika wisatawan berkunjung ke Nagasaki tentu memberikan tambahan citarasa yang tersendiri saat menyantap hidangan-hidangan tersebut.

Travel Mates yang sudah pernah pergi berwisata ke Nagasaki, mungkin sudah tau dengan sebagian besar makanan tersebut. Namun, bilamana masih belum pernah, jangan berkecil hati. Karena, H.I.S Travel Indonesia sudah menyiapkan ulasan nya special untuk Travel Mates tercinta. Langsung disimak saja yuk!

 

1. Nagasaki Champon, Makanan Khas Prefektur Nagasaki Yang Kuahnya Menggoda Selera

image source : https://www.akibanation.com/

Lebih dari 100 tahun yang lalu, masyarakat Nagasaki mulai menyukai sebuah hidangan dari negri China. Meskipun kala itu dunia sedang dalam masa perang dunia, kondisi Jepang yang menduduki sebagian wilayah Tiongkok membuat masakan yang satu ini cukup cepat tersebar di Jepang, terutama di prefektur Nagasaki.

Betapa tidak? Selain rasanya enak, sajian ini juga terbilang kumplit. Mulai dari mi yang direndam dengan air daging babi, yang dicampurkan dengan sayur, udang, cumi, scallop, dan juga cumi-cumi. Dengan komposisi bahan seperti tadi, Travel Mates yang tidak memiliki pantangan dalam menikmati sajian non halal pasti langsung merasa penasaran dengan citarasanya. Ya kan?

 

2. Goto Beef dan Goto Udon, Dua Sajian Nikmat Dari Pulau Goto Nagasaki Jepang

image source : https://www.akibanation.com/

Bergeser sedikit ke pulau Goto, disini Anda bisa menemukan tempat budidaya sapi lokal yang cukup terkenal kualitasnya yang khas. Saking khasnya, daging sapi yang berasal dari pulau Goto begitu identik dengan hidangan Goto Beef yang merupakan daging panggang yang telah dibumbui, yang teramat nikmat bila dinikmati dengan kecap.

image source : https://www.akibanation.com/

Selain Goto Beef, masih ada Goto Udon yang terdiri atas mi udon tipis yang dimasak hingga matang dengan sup kaldu ayam. Yang membuat hidangan ini tambah nikmat, adalah ketika hidangan ini dicampurkan dengan lada jeruk dan kecap. Sudah terbayang belum keunikan citarasanya? Bila belum, yuk mampir ke pulau goto untuk mencicipi makanan khas prefektur Nagasaki ini secara langsung!

 

3. Nagasaki Castella, Kue Bolu Jepang Peninggalan Portugis

image source : https://www.akibanation.com/

Meskipun kue bolu termasuk ke dalam sajian kue yang sederhana, kue bolu di Jepang memiliki keunikan tersendiri. Hal tersebut dapat terlihat dengan jelas di bagian bawah kue, yang berupa gula mentah, terutama di kue bolu Nagasaki Castella yang sedang kami bahas.

Kue bolu Nagasaki Castella ini sendiri, memiliki varian rasa coklat, keju, madu, teh hijau, dan lain sebagainya. Dimasa lalu, kue yang diperkenalkan pertama kali oleh bangsa portugis ini merupakan makanan orang elit. Tokoh sekelas Sakamoto Ryoma yang merupakan orang ternama di Shinsengumi bahkan sering memakan kue yang satu ini.

Tapi tenang saja, di zaman sekarang ini, kue Nagasaki Castella tidak begitu sulit kok untuk dijumpai. Bisa dibeli oleh siapa saja, termasuk para wisatawan mancanegara. Oleh karenanya, jangan lupa untuk membelinya dan mencicipi kelezatan kue ini secara langsung ya!

 

4. Kujira, Sajian Daging Ikan Paus Yang Merupakan Makanan Khas Prefektur Nagasaki

image source : https://www.akibanation.com/

Selanjutnya, ada Kujira. Panganan ini mungkin sangat asing bagi orang Indonesia kebanyakan. Sebab, bahan baku makanan ini sendiri adalah daging ikan paus!

Meskipun tidak begitu familiar, Anda yang senang memakan hidangan mengandung lemak tak jenuh, pasti langsung tergoda untuk setidaknya mencicipinya. Terlebih, setelah mengetahui bahwa teksturnya amat lebut saat dikunyah di mulut.

Selain menjadi Kujira Sahimi, daging ikan paus juga biasa diolah sebagai kujira Shabu-shabu. Memang, makanan ini mengandung lemak yang tidak sedikit. Meskipun begitu, lemak yang terdapat di dalam hidangan ini, cukup bermanfaat loh bagi kesehatan tubuh!

Travel mates merasa tertarik untuk menikmati makanan khas prefektur Nagasaki yang satu ini kan?

 

5. Chawan Mushi, Puding Kukus Unik Yang Juga Merupakan Salah Satu Makanan Khas Prefektur Nagasaki

image source : https://www.akibanation.com/

Travel Mates gemar mengonsumsi pudding? Sudah berapa banyak jenis pudding yang pernah Travel Mates cicipi hingga hari ini?

Diantara pudding-pudding tersebut, apakah Chawan Mushi termasuk kedalamnya? Bila belum, mungkin Travel Mates harus segera mengagendakan jadwal untuk berlibur ke Nagasaki Jepang untuk bisa menicipi pudding Chawan Mushi di tempatnya langsung.

Sekedar informasi, kidangan ini merupakan sebuah pudding telur kukus, yang terdiri atas campuran daging, ikan, jamur, dan daun bawang dalam takaran yang telah disempurnakan. Meskipun terdapat campuran daging dan jamur di dalamnya, teksturnya tetap lembut dan gurih kok!

Dan uniknya lagi, pudding chawan mushi ini biasa disajikan saat masih dalam kondisi hangat. Kalau sudah begini, apa yakin tidak ingin meluangkan waktu untuk mencicipi pudding Chawan Mushi saat sedang berwisata ke Nagasaki nanti? Tentu tidak kan Travel Mates?

 

Oke Travel Mates, itulah tadi artikel singkat kami tentang 5 makanan khas prefektur Nagasaki yang nikmat untuk disantap. Bagaimana? Semakin merasa tertarik untuk berlibur ke Nagasaki bersama H.I.S Travel Indonesia? Bila sudah tidak sabar ingin segera pergi berwisata, jangan lupa untuk menghubungi kami ya Travel Mates! Sampai jumpa lagi!

 

Ohya Travel Mates, ada info menarik nih!

image source : https://linktr.ee/histravelindonesia

 

Sebarkan Artikel