5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Indonesia Yang Diakui William Wongso
31-03-2020
HIS Travel
5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Indonesia Yang Diakui William Wongso
Food
Sebarkan Artikel

Kuliner Legendaris Indonesia memang teramat banyak jumlahnya. Betapa tidak? Bila dipetakan, dari sabang sampai merauke, berderet daftar menu makanan tradisional, menu makanan modern, hingga menu kuliner yang dikreasikan.

Meskipun begitu, setidaknya ada 5 rekomendasi kuliner legendaris Indonesia yang diakui dan juga mendapat lirikan dari William Wongso sang pakar kuliner terkenal Indonesia. Penasaran dengan daftar menu nya? Yuk simak terus artikel dari H.I.S Travel Indonesia berikut ini! Selamat menyimak ya, Travel Mates!

 

1. Warung Asem-Asem Koh Liem, Kuliner Legendaris Indonesia Yang Ada Di Kota Semarang

image source :tempatwisataunik

Warung Makan yang didirikan oleh Piek Swie Liem ini sudah berdiri sejak 1978. Kini, tempat kulineran yang sudah cukup melegenda ini dikelola oleh cucu dari Koh Liem selaku generasi ketiga dari pemilik Warung.

Sesuai namanya, tempat makan ini menjadikan asem-asem daging yang diracik dengan asem jawa, tomat, dan belimbing wuluh sebagai menu andalan nya. Menurut William Wongso sendiri, citarasa menu yang tidak berubah kenikmatan nya seiring berjalan waktu membuatnya layak untuk difavoritkan oleh dirinya.

Menu andalan yang mengandung kecap ini juga layak untuk difavoritkan oleh Anda yang senang dengan makanan bercitarasa asam-asam manis! Ingin menambahkan sambal agar rasanya sedikit lebih pedas? Boleh-boleh saja kok! Yang jelas, menu yang asem-asem daging dari warung asem-asem Koh Liem amat layak untuk dicoba ya Travel Mates.

Yuk sempatkan waktu untuk berwisata ke Semarang. Tidak harus sekarang kok, saat momen liburan atau ketika weekend juga boleh.

 

2. RM Betawi Soto H Ma’ruf, Kuliner Legendaris Indonesia Yang Ada Di Kota Jakarta

image source : yaresep

Rumah makan yang berdiri sejak 1940 ini, masih bertahan hingga sekarang. Dengan menu andalan yang berbekal resep rahasia yang diwariskan secara turun temurun, membuat rumah makan ini kian ramai, dari generasi pertama, hingga generasi ketiga ini.

Meskipun nama beken nya hanya memajang menu Soto, di rumah makan ini juga dijual menu alternative lain semisal Laksa Betawi. Bila diungkapkan dengan kata-kata, citarasa dari Laksa tersebut rasanya tidak kalah mantap dari menu Andalan Soto Betawi yang dijual sehari-hari. Buktinya, tidak sedikit loh orang yang senang makan menu Laksa Betawinya.

Saking legendarisnya, William Wongso pernah berujar bahwa menu Soto Betawi yang ada di rumah makan ini adalah cikal bakal soto Betawi dari dulu sampai sekarang. Apakah Travel Mates sudah pernah mampir kesini untuk mencicipi kelezatan citarasanya? Bila belum, yuk, sempatkan waktu untuk mencobanya bersama dengan keluarga tercinta! Setelah mencoba Soto Betawinya, pasti akan ketagihan deh.

 

3. Gudeg Yu Djum, Kuliner Legendaris Indonesia Yang Ada Di Kota Yogyakarta

image source :traveloka

Bila Travel Mates pernah berwisata ke kota Yogyakarta, pasti pernah mendengar nama rumah makan Gudeg Yu Djum. Hal tersebut tidaklah mengherankan. Terlebih bila mengingat fakta bahwa rumah makan yang dirintis oleh Ibu Djuwairiyah sejak tahun 1950 an itu memang disukai oleh banyak orang.

Tak hanya sekedar disukai oleh masyarakat Yogyakarta dan Wisatawan lokal saja. Wisatawan asing dari berbagai penjuru dunia juga tidak sedikit loh yang menyempatkan diri untuk makan Gudeg di rumah makan ini!

Bahkan setelah memasuki generasi ketiga, warung Gudeg Yu Djum semakin hari kian berkembang. Hal ini juga diapresiasi oleh William Wongso, selaku pakar kuliner yang juga merupakan salah satu pelaku bisnis kuliner di Indonesia.

 

4. Nasi Jamblang Mang Dul, Kuliner Legendaris Indonesia Yang Ada Di Kota Cirebon

image source : garnesia

Siapa yang belum pernah makan nasi jamblang? Kalau Nasi Jamblang Mang Dul, sudah pernah? Bila belum, di momen liburan ke Cirebon nanti, sempatkan diri untuk mampir ke warung makan yang satu ini ya Travel Mates!

Menurut William Wongso sendiri, Nasi Jamblang Mang Dul merupakan cikal bakal legendarisnya Nasi Jamblang Cirebon. Meskipun rumah makan nya terbilang sederhana, citrasa aroma daun jati yang digunakan oleh rumah makan yang berdiri sejak tahun 1968 ini terbukti ampuh meningkatkan citarasa lauk pauk yang ada di menu nasi Jamblang.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera cicipi sendiri! Pasti Travel Mates tidak akan menyesal deh!

 

5. Rujak Shanghai Encim, Kuliner Legendaris Indonesia Yang Ada Di Kota Jakarta

image source : zomato

Kembali ke kota Jakarta. Selain Soto Betawi yang telah kami ulas diatas, ternyata masih ada satu lagi kuliner legendaris Indonesia yang ada di kota Jakarta. Dan ternyata, menurut William Wongso menu tersebut adalah Rujak Shanghai Encim yang kiosnya berlokasi di Glodok.

Menurut info yang kami dapatkan, penjual kuliner Rujak Shanghai Encim ini sudah aktif berjualan di Glodok sejak tahun 1950 silam. Meskipun komposisi rujak yang satu ini bukanlah buah-buahan seperti rujak kebanyakan, makanan ini tetap memiliki penggemarnya tersendiri di Jakarta.

Travel Mates pernah mampir dan mencicipi kuliner ini? Pasti rindu deh dengan makanan yang terbuat dari paduan irisan kangkung, lobak, timun, dan makanan laut semisal cumi besar dan ubur-ubur! Bumbu rujak yang asam asin pedas kemerahan juga membuat Anda ketagihan kan?

Bilapun Travel Mates belum sempat mencobanya, jangan merasa ragu untuk memesan nya secara langsung di kios rujak shanghai Encim Glodok ya! Meskipun sudah berdiri selama tiga generasi, citarasa yang khas tetap dijaga secara turun temurun kok!

 

Oke Travel Mates, itulah tadi artikel singkat tentang 5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Indonesia Yang Diakui William Wongso. 5 rekomendasi tadi jangan sampai dilupakan ya. Siapa tau di momen liburan selanjutnya Travel Mates dapat mencicipi sensasi kenikmatan dari menu-menu tadi, bersama orang-orang tersayang. Ya kan?

Semoga informasi yang disajikan H.I.S Travel Indonesia tadi cukup bermanfaat ya! Tetap jaga kesehatan, dan sampai jumpa lagi di kesempatan yang selanjutnya!

Sebarkan Artikel