Inilah 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Momen Liburan Agar Tetap Happy!
29-02-2020
HIS Travel
Inilah 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Momen Liburan Agar Tetap Happy!
Tips
Sebarkan Artikel

Padatnya aktivitas harian membuat banyak orang depresi dan stress hingga berujung sakit tepat di akhir pekan. Karena sakit, waktu liburan akhir pekan pun tersita untuk memulihkan kondisi tubuh agar sehat kembali.

Atau sebaliknya, ada pula orang yang merasa sangat happy ketika hari libur tiba. Karena nggak mau menyia-nyiakan waktu libur sedetikpun, mereka yang happy ini melakukan aktivitas berlebih. Mulai dari begadang, hangout bersama teman-teman, serta pergi wisata kuliner.

Kamu termasuk yang mana nih, Travel Mates?

Sebenarnya, kedua situasi di atas sering dialami hampir seluruh manusia yang masuk dalam kategori produktif. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa mengubahnya menjadi situasi yang lebih baik alias lebih positif, lho.

Ingat, sehat itu mahal harganya! Oleh karena itu, yuk tetap sehat dengan 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Momen Liburan dari H.I.S Travel Indonesia berikut ini!

 

1. Jaga Kesehatan dengan Pola Makan yang Sehat dan Teratur

image source : https://www.pexels.com/

Buat kamu yang suka makan atau nyemil, sepertinya kamu harus lebih memperhatikan yang satu ini deh. Menjaga pola makan itu sangat penting, apalagi saat momen liburan.

Nggak ada yang melarang kamu makan semua jenis makanan kesukaan kamu, kok. Boleh-boleh saja memanjakan lidah, asal porsinya tetap seimbang dan nggak berlebihan.

Porsi makanan yang nggak terkontrol bisa membuat tubuh kamu drop karena sistem imun menolak kandungan gizi (negatif) yang masuk ke dalam tubuh. Ditambah lagi jumlahnya yang nggak sedikit.

Ketika kamu sudah terserang penyakit ringan, seperti flu dan batuk, lalu kamu menambah pertumbuhan penyakit itu dengan makanan-makanan ‘sampah’ lain. Maka, jangan heran jika penyakit kamu jadi semakin parah atau bahkan nggak sembuh-sembuh.

Ini dia yang harus kamu perhatikan ketika mengatur pola makan:

  • Jenis Makanan
  • Kandungan Kalori
  • Waktu Makan
  • Porsi Makan

Jangan lupakan Tips Menjaga Kesehatan point empat unsur dalam mengatur pola makan sehat dan teratur di atas ya! Agar liburan kamu tetap menyenangkan!

 

2. Jaga Kesehatan dengan Rutin Minum Air Putih

image source : https://www.pexels.com/

Pasti kamu tahu, air merupakan kandungan yang sangat penting dan berpengaruh pada tubuh manusia. Sekitar 50% hingga 70% tubuh manusia terdiri dari air, termasuk sel, jaringan, dan seluruh organ tubuh manusia mengandung air.

Perlu diingat, tubuh manusia membutuhkan air supaya sel, jaringan, dan organ yang ada di dalam tubuh bisa bekerja secara optimal.

Sebisa mungkin, jangan tinggalkan air putih ketika melakukan segala aktivitas, termasuk saat kamu diam sambil menonton televisi sekalipun.

Setidaknya, minumlah 2 liter air jika kamu laki-laki dan minumlah 1,6 liter air jika kamu perempuan untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya.

Lalu, apa yang terjadi jika kamu kurang minum air putih karena lupa atau karena alasan lainnya?

Tentu saja, tubuh kamu akan terasa lemas dan nggak bersemangat. Bisa jadi kamu akan terserang dehidrasi dengan gejala-gejala tertentu, seperti bibir kering dan pecah-pecah, dan juga sakit kepala.

Ini juga bisa mengganggu aktivitas harian kamu, termasuk mengganggu momen liburan kamu. Rela liburan kamu diganggu oleh serangan penyakit? Tentu tidak kan? Yuk praktikan Tips Menjaga Kesehatan berusan!

 

3. Jaga Kesehatan dengan Tidur yang Cukup

image source : https://www.pexels.com/

Banyaknya aktivitas harian pastinya membuat kamu menjadi lebih lelah. Ini terjadi karena kurangnya waktu istirahat, terutama tidur.

Seberapa padatpun kegiatan kamu di hari libur, jangan sampai lupa meluangkan waktu untuk beristirahat. Di saat kondisi tubuh kamu menurun atau kurang stabil, satu-satunya obat adalah tidur yang cukup.

Tubuh manusia bukanlah robot yang harus terus menerus bekerja tanpa henti. Ada waktunya untuk bekerja, ada waktunya untuk rehat.

Tapi, bukan berarti kamu memanfaatkan hari libur dengan tidur seharian. Itu sama saja kamu memanjakan tubuh kamu secara berlebihan. Tentu saja, itu bukan hal yang baik juga bagi kesehatan.

Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 8 jam dalam sehari. Angka yang kami rekomendasikan di konten Tips Menjaga Kesehatan ini tidak lah mutlak. Tentu enderung bervariasi buat masing-masing orang.

Mungkin kamu sudah merasa cukup dengan tidur selama 6 sampai 7 jam setiap harinya, itu nggak masalah karena masih terhitung normal.

Semuanya tergantung pada diri kalian masing-masing nih, Travel Mates, karena cuma pribadi kamu sendiri yang bisa mengukurnya.

 

4. Jaga Kesehatan dengan Rajin Berolahraga

image source : https://www.pexels.com/

Olahraga bukan cuma ditujukan untuk orang gemuk yang ingin merampingkan badan, melainkan untuk semua orang yang ingin sehat. Bahkan, orang bertubuh kurus pun dianjurkan untuk berolahraga agar memiliki badan yang lebih ideal.

Olahraga banyak jenisnya, mulai dari jogging, basket, bersepeda, renang, angkat beban, workout, muay thai, zumba, hingga yoga. Kamu tinggal memilih mana yang kamu sukai dan sesuai dengan kapabilitas kamu.

Kemudian, lewat konten Tips Menjaga Kesehatan ini, kami ingin mengingatkan bahwa segala yang berlebihan itu nggak baik. Jangan terlalu keras pada tubuhmu, jangan pula terlalu memaksakan olahraga berat padahal itu sudah di luar kemampuan kamu.

Jika kamu belum terbiasa berolahraga, cukup lakukan olahraga yang ringan namun memiliki efek yang memuaskan bila dilakukan secara rutin.

Seperti seven minutes workout, yang bisa kamu temukan panduannya di situs Youtube. Olahraga jenis ini bisa kamu lakukan di rumah, kok. Siapkan saja matras atau karpet berbahan lembut, maka kamu sudah bisa berolahraga dengan minim budget.

Tapi, jika kamu memang sudah terbiasa olahraga yang sedikit berat, terus saja lakukan secara rutin. Jangan lupa disertai dengan pola makan sehat dan teratur.

Dengan menerapkan point tips menjaga kesehatan tadi, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit dan momen liburan kamu jadi bisa lebih happy!

 

5. Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Vitamin, Adalah Tips Menjaga Kesehatan Pamungkas!

image source : https://www.pexels.com/

Selain menjaga kesehatan dari dalam tubuh kamu, perlu juga nih memahami kondisi cuaca dan iklim di wilayah sekitar tempat tinggal kamu.

Misalnya, belakangan ini cuaca kerap berubah-ubah nggak menentu, kadang hujan deras dan tiba-tiba panas. Itu artinya, kamu perlu melindungi sistem imun kamu dengan berbagai vitamin.

Vitamin sangat dibutuhkan bagi tubuh, apalagi kamu termasuk orang yang cepat drop dan terserang penyakit jika cuacanya sedang buruk. Atau, gampang terkena flu dan batuk apabila terlalu banyak mengonsumsi minuman manis yang dingin, serta camilan berbumbu yang takarannya asal-asalan.

Pertanyaannya sekarang, vitamin tersebut dalam bentuk apa?

  • Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C dan vitamin lainnya, seperti jeruk, apel, buah naga, stroberi, kiwi, dan buah lainnya.
  • Sayur-sayuran juga bisa meningkatkan kekebalan imun kamu, lho.
  • Vitamin dalam bentuk kapsul atau tablet juga kerap dijadikan pilihan karena cara minumnya yang sangat mudah, efeknya juga lebih terasa.

Apa pun jenis dan bentuk vitaminnya, itu bisa membuat kamu kembali segar dan bugar. Aktivitas kamu di hari libur pun nggak akan terganggu lagi.

 

Bagaimana? Masih bilang kalau jaga kesehatan itu sulit? Tips Menjaga Kesehatan dari H.I.S Travel Indonesia di atas seharusnya sudah cukup jelas bagi Travel Mates agar lebih menjaga kesehatan tubuh dengan maksimal.

Sebarkan Artikel