5 Tips Panduan Transportasi di Jepang Untuk Pemula
12-03-2019
HIS Travel
5 Tips Panduan Transportasi di Jepang Untuk Pemula
Tips
Sebarkan Artikel

Travel Mates, untuk kamu yang punya rencana atau sebentar lagi akan liburan ke Jepang, mungkin masih bingung atau bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan transportasi di Jepang. HIS Travel akan memberi tahu kamu 5 tips dan panduan transportasi di Jepang untuk kamu yang baru pertama kali ke Negeri Sakura ini. 

1. Mengenal 4 Transportasi Jepang

Saat ini Jepang memiliki 4 jenis alat transportasi lokal yang wajib Travel Mates ketahui. Yaitu ada Kereta lokal, Bus, Shinkansen, dan Taksi. Untuk Kereta dan Shinkansen sendiri sebenarnya sangat berbeda jauh. Karena untuk kereta lokal jenisnya sama seperti kamu menaiki KRL – Commuterline Jabodetabek. Sedangkan Shinkansen merupakan jenis kereta tercepat Jepang untuk antar kota. 


Untuk transportasi Bus sendiri kamu akan merasa butuh sekali ketika mengunjungi pulau-pulau Jepang. Karena jika destinasi liburan kamu masih di sekitar Kota-kota besar Jepang hanya cukup menggunakan transportasi Kereta saja.
Lalu ada taksi Jepang yang bisa kamu langsung temui ketika mendarat di Bandara Jepang. Untuk transportasi satu ini banyak traveler mancanegara tidak merekomendasikannya. Karena taksi Jepang biasanya akan menjadi pilihan terakhir kamu ketika keadaan sudah terlalu malam. Alasan mengapa terakhir adalah taksi Jepang bisa merogoh kocek dompet kamu menjadi boros. Untuk perjalanan Bandara Haneda - Kota Tokyo saja bisa mencapai IDR 900.000,- . Jadi atur sebaik mungkin perjalanan kamu ketika di Jepang ya, Travel Mates.

2. Hemat Budget Transportasi Dengan JR Pass

Sumber gambar: thetravelintern.com
Jika kamu berlibur di Jepang selama 7 hari atau lebih, kami sarankan untuk membeli JR Pass. Karena dengan kamu memiliki akses JR Pass dengan jangka waktu tertentu, kamu akan menghemat budget jika dibandingkan membeli single trip. Misal saja Travel Mates akan pergi perjalanan jauh antara Tokyo - Kyoto - Osaka - Yokohama dan kembali lagi ke Tokyo. Dengan kamu membeli JR Pass kamu hanya cukup membeli satu kali dan bisa dipakai berkali-kali dalam jangka waktu yang telah dipilih. Selain menghemat budget juga kamu menghemat waktu karena tidak harus berkali-kali membeli tiket.


3. Bagaimana Cara Membeli Tiket JR Pass dan Menggunakannya

Sumber gambar: japanstation.com
Sebelum kamu pergi ke Jepang, kamu harus memesan tiket shinkansen atau JR Pass dahulu selagi di Indonesia. JR Pass ini pun hanya bisa digunakan oleh traveler pemegang visa temporary visitor. JR Pass dapat kamu beli di seluruh cabang HIS Indonesia (Jakarta, Bandung, Jogjakarta, dan Surabaya).
Setelah membeli JR Pass, kamu akan mendapat voucher yang nanti akan ditukarkan menjadi tiket fisik ketika sudah sampai di Jepang. Setelah sampai di Jepang, kamu dapat menukarkan voucher tersebut di kantor penukaran di Jepang. Harap menunjukkan voucher dan paspor kamu untuk mendapatkan JR Pass.

4. Bagaimana Cara Memesan Bus atau Kereta non-integrasi JR Pass

Sumber gambar: tripzilla.com
Kalau kamu ke sebuah pedesaan Jepang biasanya ada beberapa Stasiun Kereta atau Bus yang tidak ter-integrasi dengan akses JR Pass. Agar kamu bisa dengan mudah memesannya ketika menghadapi hal seperti ini, kita akan beri tahu kamu step-step apa saja yang harus dilakukan:


1. Pertama kamu harus cek tujuan kamu ingin kemana dan perhatikan harganya. Setiap counter tiket Kereta atau Bus biasanya memiliki dua bahasa, baik kanji Jepang atau Inggris.


2. Masukan Yen yang tertera di mesin tersebut. Jika kamu bisa menyesuaikan nominalnya lebih baik. Untuk pembyaran ini kamu bisa memakai uang kertas, atau koin. Jika sudah memasukan Yen sesuai dengan nominal yang diminta, pilih tiket yang menjadi tujuan Travel Mates.


3. Untuk angka satu, dua, tiga, dan empat pada mesin tiket itu bukan nomor mesin ya. Tapi nomor-nomor tersebut merupakan jumlah tiket yang akan kamu beli. Maksudnya adalah misal kamu membeli di mesin dengan nomor empat. Maka maksimal tiket yang bisa kamu beli di mesin tersebut adalah 4 tiket.

5. Mudah Bersama Website / Apps Hyperdia, Jprail, dan JR Pass Calculator

Sumber gambar: www.jrailpass.com
Kalau kamu bingung membaca peta jalur kereta atau bus, Travel Mates butuh teman perjalanan bersama Hyperdia, Jprail, dan JR Pass Calculator.
Website dan Apps ini akan membantu kamu mencari nama stasiun Kereta dalam huruf latin, membuat perhitungan budget tipe JR Pass yang cocok dengan destinasi perjalananmu, termasuk waktu keberangkatan atau sampai. Karena budaya Jepang terkenal akan tepat waktunya, maka website dan Apps ini akan sangat memudahkan kamu untuk membuat itinerary.

Mudah bukan, Travel Mates? Itu dia 5 panduan dan tips-tips yang akan membantu kamu menggunakan transportasi-transportasi Jepang. Inti kunci kenyamanan berwisata di Jepang adalah kamu harus memiliki Japan Rail Pass yang bisa dibeli di seluruh cabang HIS Travel Indonesia. Karena ini cara paling ekonomis untuk perjalanan mengelilingi Jepang dengan kereta. 

Sebarkan Artikel