5 Tips Wajib saat Berkunjung ke Cehchnya Rusia
30-11-2019
HIS Travel
5 Tips Wajib saat Berkunjung ke Cehchnya Rusia
Tips
Sebarkan Artikel

Rusia telah resmi menjadi negara yang muslim friendly. Restoran dan penginapan sudah distandardisasi halal. Restoran yang menyediakan makanan halal pun diberi lambang “Halal” untuk memudahkan wisatawan muslim mencari makanan halal. Begitu juga dengan penginapan, dimana tidak memperbolehkan menginap bersama dalam satu kamar jika bukan suami istri. Begitu juga penginapan berbentuk dormitory, yang mana dibedakan kamar khusus wanita dan khusus laki – laki.

Di Rusia sendiri, umat muslim berada tersebar di seluruh negara. Namun, ada salah satu negara bagian di Rusia yang mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam, yaitu negara bagian Chechnya.

Chechnya berada di Rusia bagian selatan, yang berbatasan langsung dengan Stavropol Krai di barat laut. Di sebelah timur laut dan timur berbatasan dengan Republik Dagestan, Georgia di selatan, dan Republik Ingushetia dan Ossetia Utara di bagian barat.

Chechnya memperoleh hak otonomi dari Rusia sejak tahun 2009. Yang mana kemudian menjadi negara bagian paling aman di dibanding daerah lain di Rusia. Karena aman dan banyak terdapat penganut agama Islam, wisatawan yang berkunjung juga harus tetap berhati – hati. Kamu harus tetap mengetahui tradisi dan budaya Chechnya sebelum berkunjung ke negara bagian ini.

Berikut ini akan dipaparkan 5 tips wajib saat berkunjung ke Chechnya:

1. Amankah Berwisata ke Chechnya?

Image source:vestnikkavkaza.net

Chechnya merupakan negara aman dan muslim friendly, meski begitu kamu tetap harus berhati – hati saat berkunjung di Chechnya. Kamu harus ingat bahwa tempat ini adalah wilayah konservatif dengan populasi umat Islam yang tinggi.

Meskipun negara maju, namun penduduk Chechnya sangat memegang peraturan dan patuh pada peraturan. Di sini alkohol adalah barang terlarang yang benar – benar ilegal. Meskipun wisatawan, jika kamu mabuk atau membuat kegaduhan, tak segan – segan kamu akan diadili.

Polisi di Chechnya terkenal akan kedisiplinannya. Mereka tidak segan – segan memelintir lengan dan memborgol tanganmu jika kamu terbukti melakukan hal yang dilarang di Chechnya. Mencabut senjata bukan hal yang ragu dilakukan untuk menegakkan keadilan. Karena mereka juga dipersenjatai dengan AK dan pistol. Mereka mengenal senjata seperti mengenal diri sendiri, karena telah bertahun – tahun dilanda perang.

Meski begitu, kamu tidak perlu takut. Jika kamu tidak melakukan hal yang salah di Chechnya, para polisi pun akan baik padamu. Petugas polisi setempat selalu bersikap sopan kepada masyarakat, dan tidak ragu membantu wisatawan di Chechnya.

2. Bagaimana Menuju Chechnya dan Kemana Harus Pergi Bertualang?

Image source:www.islamic-relief.org

Untuk menuju ke Chechnya, kamu dapat memilih jalur udara atau jalur darat. Untuk jalur udara, dapat langsung dari Moskow ke Grozny, ibu kota Chechnya, melalui Bandara Vnukovo. Untuk rute Moskow ke Grozny sendiri dilayani dua penerbangan dalam sehari.

Sementara untuk jalur darat, kamu dapat berkendara sejauh 1.850 km ke arah selatan Moskow. Tentu harus memerlukan waktu berhari – hari lamanya. Namun, dengan jalur darat kamu dapat melewati kota – kota seperti Voronezh dan Roxtov-on-Don. Kamu juga akan melihat provinsi – provinsi Rusia lain dengan segala kemegahan arsitektur bangunannya. Jalanan yang dilalui pun telah diaspal dan memiliki jalan lebar.

Di sini, bukan liburan ala kota metropolitan yang akan kamu nikmati, melainkan liburan yang sehat dan lebih ke budaya setempat. Pasalnya, di sini para masyarakat menjalani gaya hidup sehat, dengan menikmati olahraga, budaya, senjata, dan bepergian.

Olahraga dianggap hal yang suci bagi mereka, karena dengan olahraga mereka dapat melihat keindahan pegunungan sebagai tanah air para pejuang. Sembari bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah Ta’ala.

Disamping gaya hidup yang sehat, di sini para masyarakat tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, narkoba, atau semacamnya. Bahkan, rokok atau hookah pun tidak dinikmati oleh para masyarakat. Bahkan, di restoran atau hotel mewah pun tidak ditemukan benda – benda ini.

Sebagai gantinya, masyarakat Chechnya lebih menikmati olahraga. Di sini, setiap orang belajar seni bela diri, setidaknya sekali seumur hidup. Selain itu, bagi kamu yang suka dengan beragam jenis senjata, Chechnya adalah surganya. Di sini, ada banyak sekali destinasi untuk mencoba senjata, dari pistol hingga pelontar granat.

3. Berkomunikasi dan Membaur dengan Penduduk Setempat

Image source:www.quora.com

Chechnya dilanda perang 10 tahun yang lalu. Kini, Chechnya sudah berganti wajah menjadi negeri yang ramah wisatawan, tentunya juga untuk wisatawan muslim. Penduduk Chechnya sangat bersemangat untuk menunjukkan pada wisatawan bahwa negerinya telah berubah sejak perang. Justru, terkadang keramahan mereka tunjukkan secara berlebihan.

Penduduk Chechnya merupakan orang yang ramah, terbuka, dan suka mengenal orang lain. Saran jika berada di Chechnya dan kamu mengenal sebuah keluarga, jangan pernah menolak tawaran mereka untuk makan malam. Jika kamu sedang tidak bisa, jadwalkan untuk hari lain. Jika tidak memenuhi tawarannya, mereka akan tersinggung dan hubungan persaudarannmu akan hancur. Bahkan terkadang dengan orang asing pun mereka tak ragu untuk mengajak makan malam. Sebaiknya kamu terima saja tawaran mereka dan membaurlah dengan hangat.

4. Pakaian yang Dikenakan

Image source: www.rbth.com/politics_and_society

Untuk pakaian, penduduk Chechnya cukup ketat dalam peraturannya. Wanita tidak diperkenankan mengenakan rok mini atau hot pants hingga memperlihatkan kakinya, serta you can see dilarang dipakai di tempat umum. Sementara untuk laki – laki, tidak diperbolehkan mengenakan celana pendek atau berkaos.

5.Makanan Halal Mudah Ditemui

Image source: russianfoods.com

Untuk masalah makanan tak perlu khawatir, karena muslim friendly, sangat mudah menemukan hidangan halal di Chechnya. Kamu tidak akan menemukan makanan yang mengandung babi karena penduduk Islam di sini mencapai 95%. Kamu dapat mencoba shashlik dan kebab lokal dengan daging kambing yang lezat.

Itulah tips wajib yang harus kamu patuhi saat berkunjung ke Chechnya. Penasaran seperti apa negara ini? Yuk berlibur ke Chechnya bareng H.I.S Travel!

Sebarkan Artikel