5 World Heritage in Japan yang Sayang untuk Dilewatkan
30-01-2019
HIS Travel
5 World Heritage in Japan yang Sayang untuk Dilewatkan
Jepang
Sebarkan Artikel

Apa yang terbersit di benak teman-teman ketika mendengar kata “Negeri Sakura”? Pasti Jepang bukan? Negeri yang terkenal akan keapikan bunga sakura itu ternyata memiliki berbagai situs warisan dunia lho! Ada cultural heritage dan ada pula natural heritage.  Nah, di artikel ini kita akan membahas beberapa world heritage in Japan yang akan sangat sayang untuk dilewatkan apabila teman-teman pergi ke Jepang.

Apa saja sih 5 situs world heritage in Japan yang sayang untuk dilewatkan? Yuk simak artikel yang telah disiapkan oleh H.I.S Travel Indonesia berikut ini!

 

1. Mount Fuji, World Heritage In Japan Yang Iconic Banget!

image source : http://viator.com/

Gunung yang diperkirakan terbentuk sekitar 10.000 tahun yang lalu ini berlokasi di pulau utama di Jepang yaitu Pulau Honshu, perbatasan Perfektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung yang juga merupakan ikon Jepang ini juga ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Tentu saja sangat wajar apabila banyak pengunjung yang ingin mengunjungi gunung ini. Terdapat sekitar 200.000 orang yang mendaki Gunung Fuji setiap tahunnya dan diperkirakan 30% di antaranya adalah orang asing. Tertarik mencoba?

Untuk menikmati keindahan Gunung Fuji ini tidak hanya dapat dilakukan dengan mendaki. Ada berbagai spot wisata lain yang sangat cocok dijadikan tempat untuk melihat keelokan Gunung Fuji, diantaranya seperti Danau Kawaguchi-ko, Hakone, Enoshima, Gotemba, Tokyo Sky Tree dan masih banyak lainnya. Tinggal pilih!

 

2. Yakushima, World Heritage In Japan Yang Alami Banget!

image source : http://japan-magazine.jnto.go.jp/

Pulau Yakushima merupakan pulau subtropis yang terletak di sebelah selatan Perfektur Kagoshima, Kyusu, Jepang. Pulau Yakushima memiliki wisata alam berupa berupa hutan dan pantai yang menjadi andalan Kagoshima, bahkan salah satu tempat wisata yang bernama Lembah Shiratani Unsuikyo dijadikan latar tempat untuk anime movie dari Ghibli dengan judul Princess Mononoke lho.

Nah, beberapa wisata yang bisa dipilih ialah Yakusugi Land, Jalan Hutan Seibu Rindo, Jomon Sugi,Air Terjun Okonotaki, Air Terjun Senpironotaki, Air Terjun Torokinotaki, Pantai Nagata Inaka-hama, dan masih banyak lainnya. Tinggal pilih saja ingin tracking atau bersantai ria di pantainya.

 

3. Hiroshima Peace Memorial, World Heritage In Japan Yang Kaya Akan Nuansa Sejarah

image source : http://visithiroshima.net/

Hiroshima Peace Memorial atau Museum Perdamaian Hiroshima berdiri pada tahun 1955. Bangunan yang dibangun untuk mengenang sejarah bom atom pada Perang Dunia II ini berlokasi di tepi sungai Ota, tidak jauh dari Atomic Bomb Dome, satu-satunya bangunan yang tetap bertahan dari serangan bom atom pada saat itu.

Selain menjadi symbol perdamaian dunia, Hiroshima Peace Memorial juga menjadi objek wisata terkenal di Hiroshima. Setiap tahunnya, tidak kurang dari satu juta pengunjung dari berbagai Negara mengunjungi museum ini.

Bangunan di dalam museum Perdamaian Hiroshima dibagi menjadi dua bagian, yaitu bangunan utama dan bangunan baru yang berada di sisi timur. Bangunan utama menampilkan hal-hal yang berkaitan mengenai bom atom yang meledak di Hiroshima, terdapat berbagai sumbangan yang dimuseumkan ditampilkan disini, bahkan ada video keluarga yang selamat dan proses terapi untuk penyembuhan trauma pasca ledakan. Sedangkan sisi bangunan yang berada di timur, memfokuskan terhadap pembangunan kembali kota Hiroshima, dan bagaimana Jepang pulih setelah perang.

Sangat cocok bagi teman-teman yang ingin mempelajari sejarah. Tertarik berkunjung?

 

4. Shirakawa-go and Gokayama, World Heritage In Japan Yang Memiliki Bentuk Permukiman Unik

image source : https://www.japan-guide.com/

Shirakawa-go merupakan salah satu situs warisan budaya UNESCO sejak tahun 1995 yang terletak di perbatasan Prefektur Gifu dan Prefektur Toyama, Pulau Honshu. Desa ini terkenal unik dengan rumah tradisional penduduknya yang disebut gassho-zukuri atau “konstruksi tangan berdoa”.

Rumah-rumah tersebut memliki ciri bentuk atap rumah yang miring dan melambangkan tangan orang yang sedang berdoa. Rumah-rumah yang berada di desa ini sudah tua bahkan sampai berumur 250 tahun.

Rumah-rumah tersebut juga didesain kuat dengan bahan atap yang dapat menjaga kekokohan bangunannya agar ketika musim dingin dengan saljunya yang sangat tebal rumah tetap nyaman ditinggali. Selain kuat, rumah ini juga sangat besar. Ada 3 sampai 4 tingkat di bawah atap yang sangat rendah, sampai bisa digunakan untuk sau keluarga besar.

Di perfektur Toyama, selain Shirakawa-go juga ada Gokayama. Daerah Gokayama berdekatan dengan Shirakawa-go. Gokayama terdiri dari 2 desa yang terkenal yaitu Suganuma dan Ainokura yang juga merupakan warisan dunia yang diakui UNESCO.

 

5. Iwami Ginzan Silver Mines, Pertambangan Yang Menjadi Situs World Heritage In Japan

image source : http://kankou-shimane.com/

Iwami Ginzan Silver Mines atau Tambang Perak Iwami Ginzan merupakan sebuah tambangperak yang berlokasi di Kota Oda, Perfektur Shimane, Pulau Honshu. Tambang ini mempelopori pengembangan tambang perak pra-modern di Asia.

Dikukuhkan UNESCO pada tahun 2007 sebagai situs warisan dunia. Pemukiman di sekitar Tambang Perak Iwami Ginza diperkirakan berdiri sejak abad 16 dan diperkirakan ditinggali oleh para penambang.

Tambang Perak ini dikelilingi oleh pegunungan. Pada zamannya, tambang ini merupakan salah satu tambang terkenal dalam menghasilkan perak berkualitas tinggi tahun1526-1923. Bahkan seperti perak di dunia adalah hasil produksi dari tambang ini.

Ada tiga wilayah utama dari Tambang Perak Iwame Ginza, yaitu daerah The Silver Mine yang meliputi poros tambang reruntuhan penambangan, serta beberapa candid an kuil. Kemudian wilayah The Omori Town yang meliputi museum, tempat tinggal dan banyak kuil. Terakhir Kota Onsen dari Yunotsu dan kota-kota pelabuhan terdekat.

 

Nah menarik bukan? Itulah beberapa situs World Heritage In Japan yang sangat sayang dilewatkan teman-teman yang pergi ke Jepang. Bisa dipilih ingin mengunjungi tempat wisata yang mana dan disesuaikan dengan budget yang telah diestimasikan. Selamat merencanakan moment liburan Anda, konsultasikan ke H.I.S Travel Indonesia ya bila ada yang perlu kami bantu! Sampai jumpa lagi Travel Mates!

Sebarkan Artikel