6 Transportasi Umum Di Myanmar Yang Harus Kamu Tau
31-10-2018
HIS Travel
6 Transportasi Umum Di Myanmar Yang Harus Kamu Tau
Tips
1
Sebarkan Artikel

Travel Mates berencana jalan-jalan ke Myanmar? Bingung mau jalan-jalan naik apa? Jangan khawatir, kami menyajikan ulasan beberapa transportasi di Myanmar yang bisa Travel Mates gunakan selama berwisata di Negara tersebut. Tenang, pilihan nya cukup beragam kok! Dari harga mahal sampai murah, semua ada. Selamat menyimak artikel dari H.I.S Travel Indonesia berikut ini ya!

 

1. Pesawat Terbang, Solusi Terpraktis Untuk Kamu Yang Ingin Menempuh Perjalanan Antar Kota Dengan Cepat Di Myanmar

image source : https://www.gomyanmartours.com/

Dari Yangon menuju ke Bagan (Nyaung Oo) Travel Mates bisa menggunakan pesawat domestic yang tersedia disana. Salah satu yang bisa digunakan adalah pesawat terbang dari Air KBZ. Group KBZ merupakan perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat di Burma. Adapun salah satu model yang biasa digunakan yaitu ATR-72 yang merupakan pesawat baling-baling. Travel Mates yang ingin merasakan sensasi naik pesawat baling-baling, transportasi ini patut dicoba lho!

Pesawat ini memiliki satu pintu untuk penumpang dan terletak di belakang tepatnya bagian ekor. Untuk kelas bisnis, ada di bagian belakang sehingga bisa keluar terlebih dulu, sedangkan kelas ekonomi ada di tengah dekat dengan sayap pesawat.

Hal unik dari pesawat ini adalah tidak berbeda dengan angkutan umum di darat. Pesawat terbang membawa penumpang, lalu mendarat di tempat yang dituju sembari menurunkan beberapa penumpang dan mengambil lagi penumpang lain sementara penumpang yang belum mencapai tujuannya menunggu di pesawat, lalu pesawat terbang lagi, mendarat lagi dan begitu seterusnya sampai pesawat kembali ke Yangon. Rutenya standar domestik di Burma dalam sehari : Yangon – Bagan – Mandalay – Danau Inle/Heho – Yangon. Proses menurunkan dan menaikkan penumpang dilakukan dalam waktu 15 menit, lalu pesawat terbang lagi.

 

2. Mobil Sewaan, Transportasi Di Myanmar Yang Bisa Kamu Manfaatkan Untuk Kemanapun Dengan Lebih Mudah

image source : https://www.go-myanmar.com/

Jika Travel Mates ingin berkeliling Myanmar, misalnya saja ke Mandalay. Travel Mates bisa gunakan mobil sewaan. Bentuk mobilnya seperti  truk mini angkot Jakarta, bermerk Nissan Sunny yang mesinnya asli dari Jepang tahun 80am 1170cc. Tenang saja mesinnya dirawat dengan baik kok, sehingga ketika mendapati jalan yang cukup terjal mobil tetap tenang dan tidak ngos-ngosan.

 

3. Taxi atau Shared Taxi, Transportasi Di Myanmar Yang Cukup Digemari Oleh Para Wisatawan

image source : http://www.globalnewlightofmyanmar.com/

Taksi disini tidak menggunakan argo melainkan harga fix. Jadi, meskipun terkena macet berjam-jam harga taksi sudah ditetapkan seperti awal perjanjian. Tetapi ada yang lain dari taksi pada umumnya. Taksi di Myanmar ini membolehkan orang lain yang tidak menyewa taksi untuk ikut menumpang namun ongkosnya tidak dibagi bersama.

Orang pertama yang menyewa taksi maka dialah yang membayar. Jadi jangan berharap akan menjadi penumpang sendiri, karena sopir biasanya akan mengangkut orang lain lagi di jalan. Siap-siap saja jika sopir menepikan mobil di tengah perjalanan untuk mengangkut penumpang lain.

 

4. Angkutan Umum antar Kota, Transportasi Di Myanmar Yang Murah Meriah!

image source : https://www.flickr.com/photos/alainbadoual/

Angkutan umum disini berbentuk seperti angkot bak terbuka dengan terpal di bagian belakang dilengkapi fasilitas AC alami alias angin. Sama seperti angkutan umum lainnya, jika ada yang melambaikan tangan bahkan ketika melewati jalan tol yang berbayar, sopir pasti menghetikan mobil.

Meskipun di bagian belakang sudah terlihat penuh sesak tetap saja seluruh penumpang disuruh masuk, padahal sudah tidak ada ruang lagi bahkan sampai bergelantungan, benar-benar persis angkot di beberapa daerah di Indonesia!

 

5. Sepeda Motor, Transportasi Di Myanmar Yang Dapat Kamu Gunakan Ketika Solo Traveling

image source : https://theplanetd.com/

Di daerah Bago transportasi yang umum digunakan masyarakat adalah sepeda motor alias ojek. Jika naik motor, Travel Mates lebih diuntungkan karena tidak akan ada penumpang lain yang ikut menumpang lagi, serta tukang ojeknya bisa sekaligus merangkap sebagai pemandu wisata untuk memandu perjalanan wisata Travel Mates.

Pilihan yang tepat apabila jalan-jalan menggunakna sepeda motor di daerah Bago, karena jika Travel Mates berjalan kaki, jaraknya cukup jauh. Jalanan disana pun memang lebih cocok menggunakan sepeda motor karena beberapa rute masih berupa jalan setapak.

Di Myanmar, ada wilayah-wilayah yang memang tidak diperbolehkan menggunakan sepeda motor, contohnya di Yangon. Travel Mates tidak perlu heran jika tidak mendapati sepeda motor disana. Dan jangan coba-coba nekat, karena ada denda jika melanggar atura.

 

6. Kereta Kencana, Transportasi Di Myanmar Yang Masih Tradisonal Banget!

image source : https://travel.kompas.com/

Bagaikan Cinderella, kalian bisa menggunakan kereta kencana alias dokar untuk jalan-jalan di Bagan. Bukan hanya di Indonesia saja, namun di Maynmar Travel Mates pun bisa menikmati nyamannya menggunakan dokar di sebuah kota kecil dengan angin sepoi-sepoi yang menerpa wajah sembari menikmati pagoda-pagoda yang berada di sepanjang jalan di Bagan.

Namun sayangnya, tarif dokar ini tidak jauh beda dengan naik taksi, jadi pertimbangkan terlebih dulu jarak dan budget untuk memilih kendaraan apa yang sebaiknya dinaiki. Akan tetapi, bila Travel Mates memang ingin menaiki kendaraan yang tradisional, transportasi di Myanmar yang satu ini bisa dijadikan pilihan kok!

 

Begitulah kira-kira berbagai transportasi yang dapat Travel Mates gunakan di Myanmar. Pilihlah sesuai kebutuhan Travel Mates, apabila kesulitan bisa bertanya pada petugas di penginapan tempat Travel Mates tinggal atau kepada penduduk setempat, serta jangan lupakan keselamatan. Selalu berhati-hati dimanapun kalian berada.

Sedikit saran, untuk menghemat budget yang ada, jangan lupa gunakan pula kemampuan menawar yang dimiliki Travel Mates, karena masih ada beberapa kendaraan yang dikenakan tarif tinggi untuk turis. Lalu pertimbangakan juga sisa budget dan jarak yang harus ditempuh untuk memilih kendaraan apa yang sebaiknya Travel Mates gunakan.

Cukup sekian ya, artikel tentang moda Transportasi di Myanmar dari H.I.S Travel Indonesia. Semoga dapat kamu jadikan referensi ketika berwisata ke Myanmar nanti, sampai jumpa lagi lain waktu!

1
Sebarkan Artikel