Ingin Naik Shinkansen? Ini 6 Tips Yang Harus Travel Mates Ketahui!
01-04-2019
HIS Travel
Ingin Naik Shinkansen? Ini 6 Tips Yang Harus Travel Mates Ketahui!
Tips
Sebarkan Artikel

Pengalaman naik shinkansen memang sebuah pengalaman yang istimewa bagi kebanyakan orang Indonesia. Kalau di Jakarta kamu sering lihat bahkan naik Commuter Line, lain halnya saat kamu ada di Jepang. Di negara matahari terbit ini, terdapat kereta yang terkenal dengan nama Shinkansen. Konon, kereta api cepat antar kota ini dapat mencapai kecepatan 300 km/jam! Menakjubkan kan Travel Mates!

Media transportasi ini selalu digunakan oleh orang-orang Jepang yang suka bepergian ke luar kota. Para wisatawan yang berlibur ke Jepang juga pasti berkesempatan mencoba Shinkansen untuk mengantarkan mereka ke tempat wisata di beberapa kota di Jepang.

Mirip seperti kereta jabodetabek di Indonesia, Shinkansen juga memiliki waktu keberangkatan yang cepat dalam hitungan menit. Namun, terkadang kehadirannya nggak bisa diprediksi alias bisa saja terlambat karena suatu alasan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara naik Shinkansen dengan benar biar kamu nggak ketinggalan kereta apalagi salah mengunjungi stasiun.

H.I.S Travel Indonesia punya 6 tips mudah naik Shinkansen nih, simak yuk Travel Mates!

 

1. Periksa Jadwal Keberangkatan Sebelum Naik Shinkansen

image source : https://www.flickr.com/photos/oroooo/479219278/

Bagi kamu yang nggak punya cukup waktu untuk memeriksa jadwal keberangkatan kereta secara langsung apalagi menunggu jadwal kereta yang nggak pasti. Kamu bisa memeriksa jadwal kereta api Shinkansen secara online melalui www.hyperdia.com.

Dengan begitu, kamu nggak perlu membuang-buang waktu dan merasa khawatir akan terlambat sampai tujuan. Tapi buat kamu yang nggak masalah dengan waktu keberangkatan, kamu bisa langsung datang ke stasiun dan lihat jadwal keberangkatan kereta. Sebab banyak Shinkansen berangkat sewaktu-waktu dengan berbagai tujuan. Tidak jauh beda dengan Commuter Line ‘kan?

 

2. Pesan Tiket Sebelum Naik Shinkansen

image source : https://www.flickr.com/photos/brendangates/4122707843/

Di Shinkansen kamu akan menemukan dua jenis tempat duduk yaitu tempat duduk non-reserved dan tempat duduk reserved. Sesuai namanya, tempat duduk reserved berarti sesuai dengan pemesanan.

Begitu pula dengan tempat duduk non-reserved, itu artinya kamu tidak memesan tempat duduk dimana ada kemungkinan kamu akan berdiri di dalam kereta selama perjalanan. Tentu saja harga antara keduanya juga berbeda.

Anggap saja seperti memesan tiket ekonomi tanpa tempat duduk dan bisnis dengan tempat duduk. Untuk non-reserved biasanya ada di kereta nomor 1 sampai 5, sedangkan sisanya adalah untuk reserved seat.

 

3. Berangkat Dan Naik Shinkansen Dari Stasiun yang Tepat

image source : https://www.flickr.com/photos/27889738@N07/5081535602/

Perhatikan stasiun keberangkatan, jangan sampai salah datang dan salah naik kereta. Bukan sampai tujuan, nanti kamu malah kebingungan mencari jalan pulang seperti anak kehilangan induk. Nama stasiun keberangkatan dengan kereta Shinkansen selalu diawali dengan ‘Shin’ seperti Shin-Osaka dan Shin-Aomori.

Jadi, kamu nggak perlu bingung harus mendatangi stasiun mana, kamu hanya harus mencari tahu jalur yang tepat untuk pergi ke tempat tujuan kamu. Pintar-pintar juga mencari celah keberangkatan yang sepi agar kamu bisa dapat tempat duduk, ya! Itu soal keberuntungan sih Travel Mates, ya semoga saja dapat kereta yang sepi pengunjung.

 

4. Datang Langsung ke Stasiun Untuk Dapat Naik Shinkansen

image source : https://www.flickr.com/photos/tokyoviews/6811595274/

Setelah mengetahui stasiun mana yang akan dikunjungi, kamu bisa langsung datang ke stasiun tersebut. Di sana kamu akan melihat jadwal keberangkatan yang tertera jelas di papan elektronik berukuran besar.

Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Jepang tentunya dan Bahasa Inggris, jadi buat kamu yang nggak bisa berbahasa Jepang nggak perlu khawatir soal ini.

Perhatikan jenis kereta, jam keberangkatan, nomor non-reserved seat, dan jalur (track) kereta yang akan kamu naiki. Misalnya, Hikari 461, keberangkatan jam 08:15, non-reserved 1-5, track 16. Ingat! Jangan sampai salah track, bisa-bisa kamu juga akan salah naik kereta.

 

5. Siapkan Tiket dan Masuk Platform

image source : https://www.flickr.com/photos/23851618@N07/46648948144/

Tiket sudah di tangan. Kamu bisa langsung mendatangi penjaga platform dan menunjukkan tiket yang kamu miliki. Jika kamu memegang Japan Rail Pass, kamu akan diperiksa oleh penjaga platform yang berbeda. Setelah diperiksa oleh petugas, kamu bisa masuk ke dalam platform dan mencari track sesuai dengan kereta yang akan dinaiki.

Nomor track tertera jelas di masing-masing area karena berukuran sangat besar, jadi kamu pun nggak perlu khawatir tersesat. Kamu hanya perlu teliti dalam melihat dan mengingat dimana kamu bisa menunggu kereta Shinkansen tujuanmu datang.

 

6. Menunggu Kereta di Bagian Non-reserved atau reserved

image source : https://www.flickr.com/photos/camknows/9054446939/

Setelah menemukan track yang benar, saatnya Travel Mates menunggu kereta Shinkansen datang tepat di hadapanmu. Tapi sekali lagi, jangan sampai salah menunggu.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika kamu memesan tiket non-reserved maka tunggu saja di kereta nomor 1 sampai 5. Selebihnya adalah untuk kamu yang memesan tiket reserved. Hal seperti itu harus diperhatikan dengan serius lho! Nggak mau kan ketika kereta datang, kamu harus berlarian dari ujung ke ujung.

Sebab kalau nggak berlari, kamu bakal ditinggal oleh kereta cepat Shinkansen. Sehingga kamu harus menunggu lagi dan naik kereta selanjutnya yang tidak tahu berapa lama datangnya.

Hal lain yang perlu diingat yaitu kamu harus budayakan mengantre ketika memasuki rangkaian kereta. Tertib dan tidak terburu-buru adalah salah satu adab bertransportasi di negara Jepang. Jangankan Jepang, negara-negara lain pun juga sama halnya. Mengingat media transportasi cenderung lebih rawan dan berbahaya, apalagi penumpangnya tidak mengikuti aturan yang ada.

Setelah sampai di dalam kereta, pilihlah tempat yang strategis agar kamu bisa melihat pemandangan indah dari balik jendela. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan momen seperti ini, atau kamu akan menyesal ketika turun dari kereta.

 

Itulah 6 tips mudah naik Shinkansen. Jangan lupa untuk berdoa di perjalanan. Jika Travel Mates membutuhkan konsultasi perjalanan, hubungi saja H.I.S Travel Indonesia ya! Terimakasih telah menyimak, semoga bermanfaat!

Sebarkan Artikel