7 Jajanan Pasar Khas Thailand yang Unik dan Lezat
05-06-2019
HIS Travel
7 Jajanan Pasar Khas Thailand yang Unik dan Lezat
Food
Sebarkan Artikel

Thailand adalah salah satu destinasi paling familiar dan sering menjadi pilihan berlibur di antara banyak negara di Asia Tenggara lainnya. Selain tempat wisata, kamu juga perlu mencoba kuliner khas setempat yang mungkin tidak akan kamu temukan di negara asalmu. Ada pula 7 Jajanan Pasar Khas Thailand yang Unik dan Lezat yang bisa kamu coba, lho!

Penasaran? Yuk simak langsung artikel singkat tentang 7 jajanan pasar khas Thailand yang unik dan lezat dari H.I.S Travel Indonesia! Selamat menyimak Travel Mates!

 

1. Pad Thai, Jajanan Pasar Khas Thailand Yang Mirip Dengan Kwetiaw Goreng

image source : https://flic.kr/p/HLEoB

Kalau di Indonesia ada kwetiaw goreng, di Thailand ada yang namanya pad thai. Tampilannya sedikit mirip, tapi tentu saja ada perbedaan dalam penggunaan bumbu dan bahan-bahan pendampingnya. Pad thai berisi mie beras (seperti kwetiaw) yang ditumis dengan telur dan irisan tahu, serta dibumbui dengan kecap ikan/asin, asam jawa, ebi, bawang putih, bawang merah, cabai, dan gula jawa.

Di dalam pad thai juga ada taoge, daun ketumbar, kucai, acar lobak, hingga bunga pisang. Tidak lupa tambahan seafood seperti udang, kepiting, cumi, dan yang lainnya, bahkan daging ayam pun bisa menjadi alternatif. Mirip dengan sajian kwetiaw goreng ‘kan? Serupa tapi tak sama. Oleh karena itu, Travel Mates harus mencobanya!

 

2. Khanom Krok, Sejenis Dessert Dari Thailand Yang Lezat Gurihnya Ngangenin

image source : https://flic.kr/p/fpXp7i

Dessert yang satu ini juga mirip dengan kue talam khas Indonesia. Di dalamnya ada campuran tepung beras, santan kelapa, dan gula. Selain itu, kamu dapat memilih topping dan tambahan rasa sesuai selera. Jagung, taro, original, bahkan dengan taburan daun bawang bisa jadi pilihanmu.

Khanom krok sering disebut juga Thai Coconut Pudding yang dimasak dalam jumlah banyak di atas pan cetakan yang besar. Travel mates bisa menemukan Jajanan Pasar Khas Thailand yang Unik dan Lezat ini dengan mudah di pinggir jalan.

 

3. Khanom Buang, Jajanan Pasar Khas Thailand Yang Lezatnya Tak Kalah Dengan Leker Dari Indonesia

image source : https://flic.kr/p/raG6m8/

Selain di Indonesia, kue leker atau crepes bisa kamu temukan juga di Thailand. Jajanan pasar ini tidak terbuat dari tepung terigu biasa, melainkan tepung dari kulit telur yang dihancurkan, tepung kacang hijau, dan tepung beras. Kemudian dicampur dengan telur, gula palem, air jeruk nipis, bubuk cokelat, serta garam. Kebayang ‘kan rasa kulit crepes-nya akan seunik apa?

Belum lagi isiannya terbilang unik karena terdiri dari olesan meringue (terbuat dari putih telur dan gula yang dikocok hingga kaku) dan taburan topping. Parutan kelapa dan olahan serat mi dari kuning telur menjadi topping-nya. Walaupun ada jenis khanom buang yang lain, bahan yang digunakan relatif sama, hanya topping-nya saja yang lebih bervariasi.

 

4. Nai Mong Hoy Tod, Omelette Thailand Yang Wajib Untuk Dicoba Nih!

image source : https://kakakageso.wixsite.com/

Banyak yang menyebut salah satu Jajanan Pasar Khas Thailand yang Unik dan Lezat ini dengan Thai Oyster Omelette. Tampilannya memang tidak menarik, tapi panganan ini sangat diminati oleh banyak orang ketika berkunjung ke Thailand.

Telur dadar dengan campuran kerang tiram (oyster) ditambah saus khas Thailand menjadikannya unik dan menarik. Tiram yang disajikan juga sudah matang, jadi tidak perlu khawatir buat kamu yang tidak menyukai makanan mentah. Walaupun sederhana, pasti kamu penasaran dengan cita rasa nai mong hoy tod. Coba dan nilai sendiri ya, Travel Mates!

 

5. Tod Mun Pla Krai, Kue Ikan Dari Thailand Yang Lezatnya Menggoda

image source : https://flic.kr/p/6g5yGm/

Penyebutannya agak susah ya? Singkatnya, makanan unik ini merupakan kue ikan (fish cake) yang dihidangkan bersama dengan irisan timun, sayuran hijau, dan cabai segar. Mungkin di antara kamu pernah menyantap fish cake ala Korea yang disajikan dengan kuah bening atau kuah pedas, sedikit mirip sih, hanya cara penyajiannya saja yang berbeda. Tod mun pla krai ini disajikan kering tanpa kuah.

Tekstur fish cake ala Korea ini cenderung kenyal, bentuknya lebar dan tebal. Rasanya pun lebih pedas, namun kini rasa pedasnya disesuaikan dengan lidah para pendatang sehingga siapapun bisa menyantapnya.

 

6. Mencari Jajanan Pasar Khas Thailand Yang Unik Dan Tidak Biasa? Cari Serangga Goreng Saja! Hanya Disarankan Untuk Para Petualang Sejati Ya!

image source : http://ayokbaca.com/

Ekstrem tapi penasaran. Di Thailand, kamu akan menemukan berbagai macam serangga yang digoreng hidup-hidup dijajakan di pinggir jalan. Mulai dari belalang, ulat, jangkrik, hingga kalajengking. Wah, siapa yang tertarik? Pasalnya, serangga-serangga yang dijual banyak jenisnya dan sebagian besar adalah serangga yang ditakutkan bahkan sering dibunuh karena berbahaya.

Kamu yang suka mengonsumsi panganan ekstrem seperti ini, cobalah untuk berkunjung ke Thailand. Mungkin kamu akan menemukan gorengan ekstrem lainnya selain serangga-serangga berbahaya. Tapi jangan khawatir Travel Mates, bagi kamu yang enggan mencobanya, kamu bisa memilih gorengan lain seperti seafood dan lain-lain yang lebih aman dicicipi.

 

7. Thai Pancake, Pancake Lezat Yang Juga Tak Kalah Sedapnya Dari Jajanan Pasar Khas Thailand Yang Lain

image source : https://easythai.ru/

Tekstur thai pancake ini mirip seperti roti canai, hanya saja lebih tebal dan memiliki isian yang bervariasi. Topping lelehan coklat atau susu kental manis di atasnya pun terlihat menggugah selera. Seperti martabak di Indonesia, isian thai pancake bisa dipilih sesuai selera kamu. Jika ingin isian manis, tersedia beberapa pilihan seperti stroberi, cokelat, pisang, dan yang lainnya. Tapi jika ingin merasakan asin dan gurih, kamu bisa memilih telur sebagai isian pancake.

Seperti jajanan pasar pada umumnya, thai pancake ini disajikan menggunakan alas atau mangkuk berbahan dasar kertas yang bisa langsung dibuang. Kamu juga tidak perlu khawatir dan bingung, karena pasti akan disediakan garpu kecil plastik untuk memudahkanmu menyantapnya.

 

Selain daftar di atas, masih banyak lagi Jajanan Pasar Khas Thailand yang Unik dan Lezat lainnya yang bisa kamu temukan di negara Thailand. Supaya tidak semakin penasaran, yuk jalan-jalan ke Thailand menggunakan paket tour H.I.S Travel Indonesia! Tidak perlu khawatir kelebihan budget, apalagi bingung memilih destinasi wisata dan tempat menginap. Semuanya aman dan nyaman dengan H.I.S Travel Indonesia!

Sebarkan Artikel