7 Makanan Legendaris Yogyakarta yang Wajib Kamu Cicipi
25-03-2020
HIS Travel
7 Makanan Legendaris Yogyakarta yang Wajib Kamu Cicipi
Food
Sebarkan Artikel

Yogyakarta merupakan salah satu kota destinasi wisata yang ada di Indonesia. Ia memiliki banyak pesona, dan daya pikatnya tersendiri, lewat budaya dan objek-objek wisata nya yang telah mendunia. Selain terkenal dengan objek wisatanya, tempat ini juga terkenal dengan makanan legendaris Yogyakarta.

Mungkin sebagian dari Travel mates masih belum mengetahui tentang makanan lengendaris Yogyakarta, yang setidaknya memiliki 7 menu makanan tersebut. Meskipun begitu, Travel Mates tak perlu khawatir, sebab di kesempatan kali ini, H.I.S. Travel Indonesia akan membahas tentang referensi makanan legendaris khas Yogyakarta yang nggak boleh kamu lewati tersebut. Yuk disimak hingga usai!

 

1. Gudeg

image source : flickr.com

Makanan legendaris Yogyakarta yang pertama adalah gudeg. Siapa yang nggak tahu gudeg? Sampai kapan pun gudeg akan menjadi panganan khas Yogya yang sering dicari banyak orang, bahkan warga lokal.

Penasaran? Gudeg Mbah Lindu yang ada di Jalan Sosrowijayan bisa kamu coba, nih! Mbah Lindu sudah berjualan nasi gudeg hampir 100 tahun, dan sampai sekarang tempatnya masih ramai dikunjungi. Tempat ini buka dari jam 05:00 – 11:00 pagi, jadi jangan sampai kehabisan ya!

Oh iya, kalau kamu berniat kulineran malam, Gudeg Pawon yang terletak di Jalan Janturan, Umbulharjo bisa jadi pilihan. Menariknya, tempat makan ini buka hanya malam hari yaitu pukul 22:00 sampai 01:00 dini hari. Kapan lagi bisa kulineran malam makan nasi gudeg?

 

2. Bakmi Jawa

image source : flickr

Mungkin dari namanya terlihat bukan termasuk makanan legendaris Yogyakarta. Tapi, bakmi Jawa ini benar-benar berbeda dengan yang ada di kota-kota lainnya. Rasanya benar-benar khas dan sangat tradisional.

Kamu bisa memilih menu bakmi sesuai dengan mood kamu. Ada bakmi kuah (Jawa: godhog), bakmi goreng, bahkan nasi yang diberi kuah (di-godhog) dan dicampur dengan sayur-sayuran. Penasaran kan?

Nah, bagi kamu yang ingin mencobanya, bisa berkunjung ke warung bakmi Mbah Mo yang terletak di Jalan Parangtritis, Bantul. Selain itu, bagi kamu yang tinggal di daerah Prenggan, kamu bisa mencicipi bakmi Pak Ndut yang lokasi tepatnya berada di Jalan Nyi Wiji Adhisoro.

 

Warung bakmi Jawa ini biasanya buka dimulai dari petang hingga malam hari. Siapkan waktu kamu untuk kulineran malam dan mencicipi nikmatnya bakmi Jawa khas Yogyakarta.

 

3. Sego Pecel

image source : flickr

Makanan legendaris Yogyakarta selanjutnya yaitu sego pecel, atau dalam Bahasa Indonesia berarti nasi pecel. Jangan salah sangka, sego pecel di Yogyakarta nggak seperti di Jakarta yang memakai lauk ayam atau lele (sebutannya pecel ayam atau pecel lele).

Sego pecel mirip seperti gado-gado khas Betawi atau lothek Jawa, di mana penyajiannya menggunakan aneka sayuran rebus dengan siraman bumbu kacang di atasnya.

Bedanya, sego pecel ini hanya memakai sedikit jenis sayuran, seperti daun pepaya, daun bayam, kacang panjang, serta tauge.

Ada pula panganan pendamping sego pecel, yaitu sate usus, sate telur puyuh, gorengan, hingga telur ceplok.

Salah satu tempat sego pecel legendaris yang wajib kamu kunjungi yaitu milik Bu Wiryo yang letaknya di Jalan Agro, Sleman. Rasanya dijamin enak dan bikin kenyang!

 

4. Sate Klathak

image source : flickr.com

Belakangan ini, keberadaan salah satu makanan legendaris khas Yogyakarta yaitu sate klathak kian diminati. Makanan berbahan dasar daging kambing ini dianggap memiliki cita rasa yang sangat khas dan menarik dalam hal penyajian.

Pasalnya, sate klathak ini nggak memakai tusukan bambu sebagai tusuk satenya, melainkan memakai besi jeruji sepeda. Unik ya? Dengan keunikan nya ini, Travel Mates tentu setuju kan, bila menu ini dimasukan ke dalam list makanan legendaris Yogyakarta?

Mulai penasaran ‘kan mencicipi rasanya? Jika sudah sampai Yogyakarta, jangan lupa mampir ke daerah Bantul. Ada Sate Klathak Pak Pong di Jalan Sultan Agung dan Sate Klathak Pak Bari di Jalan Imogiri Timur yang wajib kamu coba.

Keduanya bercita rasa nikmat, apalagi ditambah hangatnya gulai kambing dan menu-menu menarik lainnya. Tempat makan ini buka saat malam hari, bahkan hingga tengah malam. Jangan sampai melewatinya!

 

5. Mangut Lele

image source :flickr

Pernah dengar makanan bernama mangut lele? Benar sekali, mangut lele adalah salah satu makanan legendaris khas ‘Mataraman’ atau Yogyakarta – Solo.

Jenis makanan ini berbeda dengan yang sering disebut pecel lele, lho! Walaupun sama-sama digoreng, mangut lele tidak disajikan dengan sambal, melainkan dengan siraman kuah santan pedas.

Untuk mencicipi makanan ini, kamu bisa mengunjungi tempat makan milik Mbah Marto yang lokasinya berada di Jalan Parangtritis. Uniknya, kamu diizinkan mengambil sendiri nasi dan lauknya langsung di dapur. Mungkin, kamu mengenalnya dengan sistem prasmanan.

 

6. Enthok Slenget

image source :genpijogja

Pernah makan entok atau itik? Kalau belum, coba deh makan enthok slenget. Sajian daging itik yang dikemas sedemikian rupa dengan bumbu tradisional ini bisa bikin kamu jatuh cinta dalam sekejap.

Potongan dagingnya empuk dan slenget (arti: menyengat) di lidah. Ditambah lagi kuah pedas bumbu khasnya bikin lidah bergoyang.

Supaya nggak penasaran, kunjungi salah satu tempat makan yang menyajikan enthok slenget yuk! Namanya Enthok Slenget Kang tanir, terletak di Jalan Pakem-Turi, Sleman. Buka dari jam 16:00 – 21:00. Harganya juga murah banget, cuma Rp16.000 per porsinya. Setelah menyantap menu ini, Travel Mates pasti setuju deh bila menu ini dimasukan ke dalam list makanan legendaris Yogyakarta!

 

7. Nasi Brongkos

image source :gudeg

Makanan legendaris Yogyakarta yang terakhir yaitu nasi brongkos. Walaupun khasnya dari Demak, Jawa Tengah, makanan ini juga terkenal sampai ke daerah Yogyakarta. Jenisnya banyak, ada brongkos telur, brongkos koyor, dan brongkos dengan lauk lainnya.

Sajian nasi brongkos ini berisi kentang, buncis, dan kacang merah sebagai lauk utamanya. Ditambah kuah santan yang terdiri dari campuran bumbu dan rempah tradisional. Rasanya? Jangan ditanya, sudah pasti enak!

Nah, daripada ngiler, lebih baik langsung kunjungi Warung Handayani yang terletak di Jalan Gading, Kraton. Tempat makan ini buka dari jam 7 pagi, karena biasanya banyak orang yang menikmati nasi brongkos sebagai santap sarapan. Mau coba?

 

Bagaimana? Ada makanan yang pernah kamu makan dari daftar makanan legendaris Yogyakarta di atas? Atau, ada referensi makanan lain yang tidak tercantum dalam daftar makanan legendaris Yogyakarta di atas?

Memang, masih banyak lagi makanan khas yang wajib kamu cicipi ketika kamu berkunjung ke kota pelajar ini. Selain karena rasanya nikmat, mungkin beberapa di antaranya nggak bakal kamu temukan di kota lain.

Semoga artikel ini bisa menjadi panduan kuliner kamu di Yogyakarta ya! Jangan lupa atur waktu kamu untuk berjalan-jalan bersama H.I.S. Travel Indonesia, kami siap menjadi teman perjalanan kamu!

Sebarkan Artikel