7 Rekomendasi Destinasi Wisata Lombok Yang Mengesankan
29-03-2020
HIS Travel
7 Rekomendasi Destinasi Wisata Lombok Yang Mengesankan
Tips
Sebarkan Artikel

Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lombok perlahan-lahan mulai mencuri perhatian para wisatawan. Meskipun belum sepopuler Bali, tetapi setiap destinasi wisata yang ditawarkan Lombok tidak kalah indahnya dengan Bali. Daerah ini terdiri dari pulau-pulau kecil atau biasa disebut dengan Gili dalam bahasa Sasak, Lombok dianugerahi dengan banyak pantai yang mengesankan.

Tidak hanya pantai, Lombok juga memiliki salah satu gunung berapi termegah di Indonesia dengan keindahan alam yang luar biasa. Gunung tersebut juga selalu menjadi salah satu destinasi impian para pendaki gunung.

Penasaran dengan destinasi wisata mengesankan yang ada di Lombok? Yuk simak langsung artikel singkat tentang 7 Rekomendasi Destinasi Wisata Lombok yang mengesankan dari H.I.S Travel Indonesia! Selamat menyimak ya, Travel Mates!

 

1. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, Kesatuan Destinasi Wisata Lombok Yang Mengesankan Terlebih Bila Dikunjungi Bersama Dengan Pasangan

image source : https://www.indonesia.travel/

Rekomendasi destinasi wisata yang pertama adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Akan terasa kurang, jika berlibur ke Lombok, tetapi tidak mengunjungi ketiga pulau kecil ini. Akses menuju ke tiga pulau ini pun cukup mudah, pengunjung bisa menyeberang dari Pelabuhan Bangsal dengan waktu tempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit.

Gili Trawangan terletak paling jauh dari pulau utama Lombok. Gili Trawangan merupakan pulau yang paling besar dan ramai dikunjungi karena sudah terdapat banyak resort di sini. Pengunjung bisa bersantai menikmati keindahan pantai dengan berbagai cara, seperti nongkrong di kedai-kedai sekitar atau bisa mengitari pulau dengan bersepeda.

Sementara itu, Gili Meno dan Gili Air berukuran lebih kecil daripada Gili Trawangan, tetapi pantai yang ada di kedua pulau ini terasa sedikit lebih asri. Di Gili Air, pengunjung bahkan bisa menemukan masyarakat lokal yang masih tinggal di sana.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan keindahan lautnya, pantai yang berada di Gili Meno dan Gili Air merupakan pilihan yang tepat karena areanya sangatlah cocok untuk snorkeling ataupun diving.

 

2. Pantai Senggigi, Destinasi Wisata Lombok Yang Mengesankan Dan Tak Kalah Degan Yang Ada Di Bali

image source : https://www.indonesia.travel/

Berlokasi di bagian barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan. Pantai ini berlokasi tidak jauh dari ketiga pulau kecil populer Lombok (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air).

Suasana pantainya mirip seperti pantai-pantai yang ada di Bali. Selain itu, pantai yang dangkal, ombak yang tenang, dan formasi terumbu karangnya yang unik membuat pantai ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling.

Fasilitasnya cukup lengkap dan pengunjung juga bisa menyewa peralatan snorkeling atau perahu di sekitar pantai. Di pantai ini, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat mengesankan.

 

3. Pantai Tangsi, Destinasi Wisata Lombok Yang Mengesankan Sekaligus Instagramable

image source : https://merahputih.com/

Pantai Tangsi sering dikenal juga dengan nama Pantai Pink. Dijuluki dengan Pantai Pink karena pantai ini memiliki pasir pink (merah muda) sehingga menyajikan keindahan yang tidak biasa.

Warna pink yang dihasilkan diakibatkan oleh bercampurnya pasir pantai dengan pasir merah yang berasal dari koral dan pecahan-pecahan cangkang organisme laut sekitar yang bernama Foraminifera. Pantai ini berada di daerah ujung selatan Pulau Lombok dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dari pusat Kota Mataram.  

 

4. Pantai Kuta Lombok, Destinasi Wisata Lombok Yang Mengesankan Untuk Para Pecinta Surfing

image source : https://www.lombok.com/

Kamu pasti sedikit terkejut karena di Lombok juga ada pantai yang bernama Kuta, seperti nama pantai yang ada di Bali. Pantai Kuta yang berada di Lombok ini sanagat berbeda dengan pantai Kuta yang berada di Bali.

Dinamakan pantai kuta karena pantai ini terletak di Desa Kuta, berjarak sekitar 56 km dari kota Mataram. Pantai ini masih terasa asri dan tidak terlalu ramai. Selain itu, keindahan yang ditawarkan pantai ini pun beragam, mulai dari kelembutan pasirnya yang konon selembut merica, ombak yang cocok untuk surfing, hingga keindahan pemandangan bawah lautnya yang memukau.

 

5. Pantai Tanjung Aan, Destinasi Wisata Lombok Yang Mengesankan Dan Tak Jauh Dari Pantai Kuta

image source : https://www.jejakpiknik.com/

Pantai Tanjung Aan berada sekitar 3 kilometer dari Pantai Kuta, terletak di Lombok tengah bagian selatan. Ombaknya yang bersahabat akan sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin atau sedang belajar surfing.

Keindahan bawah laut di pantai ini juga sayang untuk dilewatkan, cukup banyak pegunjung yang ber-snorkeling di sini. Tidak perlu khwawatir jika tidak memiliki alat snorkeling, penduduk sekitar pantai akan siap sedia menyewakan perlengkapannya.

Selain itu, pada bulan Februari dan Maret, pantai ini sering dijadikan sebagai tempat mengadakan Festival Bau Nyale (festival menangkap cacing laut). Saat mampir ke destinasi wisata Lombok yang mengesankan ini di bulan-bulan tersebut, jangan lupa untuk turut ikut serta ya!

 

6. Gunung Rinjani, Destinasi Wisata Lombok Yang Mengesankan Favorite Para Pendaki Gunung

image source : https://www.journeyera.com/

Bagi kamu pecinta gunung pasti tidak ingin melewatkan destinasi wisata Lombok yang mengesankan ini. Gunung yang terletak di Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur ini memang akan selalu menjadi primadona bagi para pendaki.

Dengan tinggi mencapai 3.726 mdpl menjadikan gunung ini sebagai yang tertinggi kedua di Indonesia. Itulah mengapa para pendaki akan merasa sangat tertantang untuk menaklukkan gunung ini.

Keindahan alamnya pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Pengunjung akan menemukan keindahannya selama perjalanan ke puncak. Ada beberapa tempat yang tidak pernah mengecewakan dengan pemandangan alamnya, yakni di Puncak Rinjani, Danau Segara Anak, dan di Batu Ceper.

Sedikit informasi, Waktu terbaik untuk mendaki Gunung ini berada di antara bulan April hingga Desember. Taman Nasional Gunung Rinjani akan tutup saat musim dengan curah hujan tinggi tiba, yakni sekitar bulan Januari hingga Maret.

 

7. Bukit Pergasingan, Destinasi Wisata Lombok Yang Mengesankan Sekaligus Opsi Alternatif Dari Ekstrimnya Jalur Pendakian

image source : https://www.journeyera.com/

Jika tidak ingin melalui pendakian berat untuk menikmati pemandangan alam yang mengesankan, maka bukit yang satu ini bisa menjadi pilihan destinasi yang tepat. Bukit Pergasingan berada di daerah Sembalun, Lombok Timur.

Yap, lokasinya cukup dekat dengan Gunung Rinjani dan sering dijadikan tempat latihan sebelum mendaki Gunung Rinjani. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.670 mdpl atau sekitar 673 meter dari dataran Sembalun.

Bukit ini juga sering dijadikan sebagai tempat latihan olahraga-olahraga yang memicu adrenalin, seperti sepeda gunung, paralayang, dan panjat tebing. Selain itu, bukit ini menawarkan keindahan alam yang menyegarkan, seperti panorama hutan, persawahan, pedesaan, dan tentu saja kemegahan Gunung Rinjani. Pemandangan sunset dan sunrise di tempat ini juga sangat mengesankan.

 

Demikianlah sedikit ulasan tentang 7 Rekomendasi Destinasi Wisata Lombok Yang Mengesankan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya! Sekian dulu dari kami, sampai jumpa di momen liburan Anda bersama H.I.S Travel Indonesia.

Sebarkan Artikel