7 Rekomendasi Kuliner Khas Fukuoka yang Layak Dicoba
08-09-2019
HIS Travel
7 Rekomendasi Kuliner Khas Fukuoka yang Layak Dicoba
Food
Sebarkan Artikel

Negara Jepang menjadi salah satu destinasi wisata yang paling sering dipilih oleh para pendatang, khususnya di kota Fukuoka. Mulai dari tempat-tempat yang indah dan memanjakan mata, hingga kuliner khas Fukuoka yang enak dan bikin ketagihan. Salah satu topik yang mau dibahas kali ini adalah tentang 7 Rekomendasi Kuliner Khas Fukuoka yang Layak Dicoba.

Icip-icip kuliner pasti sudah jadi hal wajib yang dilakukan sambil menikmati liburan. Yuk, intip 7 Rekomendasi dari H.I.S Travel Indonesia tentang Kuliner Khas Fukuoka yang Layak Dicoba ketika berada di sana!

 

1. Mizutaki, Kuliner Khas Fukuoka Yang Mirip Shabu Shabu Dengan Versi Yang Berbeda

image source : https://www.flickr.com/photos/119704517@N06/15747556655/

Sajian makanan yang pertama ini mirip seperti makanan Indonesia yang disebut “sop”. Namun, tetap ada perbedaan rasa dengan Mizutaki. Jika kamu tahu “shabu shabu”, kurang lebih mirip seperti itu tapi hanya bahannya saja yang agak berbeda. Bahan utama yang ada di dalam Mizutaki adalah ayam yang direbus.

Ayam rebus ini disajikan di dalam kuah gurih yang lezat disertai dengan sayuran (wortel, kubis, tauge, dan lain-lain), jamur, serta daun bawang. Bisa juga ditambah seafood seperti udang, tergantung selera. Untuk menambah kelezatan rasa, biasanya Mizutaki dimakan bersama saus asam yang terbuat dari air jeruk dan cuka. Wah, kebayang kan gimana segarnya sup ayam khas Fukuoka ini?

 

2. Yakitori Sate Ayam Yang Menjadi Salah Satu Kuliner Khas Fukuoka

image source : https://www.flickr.com/photos/takapprs_flickr/4857350800/

Buat kamu yang berkunjung ke Jepang, jangan lupa mampir ke Fukuoka dan mencoba Yakitori. Sate ayam khas Fukuoka lebih empuk dan ukurannya juga besar-besar, lho! Berbeda dengan Yakitori di kota-kota lain di Jepang.

Jika di Indonesia kamu biasa makan sate pakai lontong atau nasi, di sini kayaknya gak perlu deh. Satu porsi Yakitori tanpa lontong atau nasi pasti sudah membuat kamu kekenyangan. Potongan ayamnya gak kira-kira, Travel Mates! Di samping itu, bumbu bakarnya juga memanjakan lidah banget. Nyesel deh, kalau gak mampir ke sini dulu.

 

3. Motsunabe, Hidangan Rendah Kalori Yang Terendam Dalam Kuah Sup Miso

image source : https://www.flickr.com/photos/sjy5386/44847217031/

Kamu suka jeroan sapi? Biasanya kamu sering menemukan jeroan sapi di dalam hidangan bakso atau mie ayam. Tapi di Fukuoka, kamu akan melihat jeroan sapi yang terendam di dalam kuah sup miso bersama dengan sayur-sayuran, tahu, bawang putih, lada hitam, serta dilengkapi dengan daun bawang yang dipotong memanjang di atasnya.

Motsunabe adalah makanan rendah kalori. Coba makan ini saat kamu sedang melakukan program diet, dijamin gak akan mempengaruhi berat badanmu. Kuah sup miso yang lezat akan menarikmu kembali ke kota ini. Gak percaya? Buktikan saja!

 

4. Hakata Udon, Panganan Mie Berbumbu Rempah Yang Mampu Menggoyang Lidah

image source : https://www.flickr.com/photos/34156694@N08/5758039240/

Udon mungkin sering kamu temui di Jepang, bahkan di Indonesia yang biasanya disajikan di restoran Jepang. Mie tebal ini biasanya bertekstur kenyal dan tentunya bikin kenyang dalam sekali makan. Seringkali dihidangkan dalam kuah bening yang bercita rasa gurih karena gak banyak bumbu rempah di dalamnya.

Udon di Fukuoka ternyata berbeda lho dengan udon yang ada di kota lain di Jepang. Hakata udon memiliki tekstur mie yang lebih lunak dan lebih mudah dikunyah. Walaupun sama-sama bikin kenyang, dijamin kamu bakal ketagihan dengan Hakata udon di kota Fukuoka ini!

 

5. Hakata Ramen, Ramen Spesial Ala Fukuoka

image source : https://www.flickr.com/photos/95331993@N06/39462703235/

Bila mendengar kata ramen, sudah pasti kamu teringat merek-merek ramen instan yang dijual hampir di seluruh mini market di seluruh dunia. Seperti yang kita ketahui, mie yang digunakan untuk ramen bukanlah mie tebal seperti udon. Melainkan mie khas Jepang dengan diameter lebih kecil dan bertekstur kenyal.

Hakata ramen khas Fukuoka ini dihidangkan dengan kuah yang kental bernama sup Tonkotsu, berbeda dengan ramen pada umumnya di Jepang atau di restoran Jepang di Indonesia. Di dalam sajiannya juga terdapat naruto, daging, telur, tauge, taburan daun bawang dan biji wijen sebagai pelengkap. Wah, sempurna sekali ya. Jadi bikin ngiler ‘kan?

 

6. Mentaiko, Kuliner Khas Fukuoka Yang Bahan Dasarnya Tidak Akan Pernah Anda Duga Sebelumnya!

image source : https://www.flickr.com/photos/byspice/6321944785/

Bagi kamu yang mengaku sebagai pecinta sashimi, wajib rasanya mencicipi kuliner khas Fukuoka yang satu ini. Mentaiko namanya. Lho, lalu apa bedanya dengan tobiko? Nih penjelasannya, Travel Mates!

Mentai atau mentaiko adalah sebutan untuk telur ikan pollock, ukurannya sangat kecil. Secara kasat mata, kumpulan telur ikan tersebut terlihat seperti potongan daging atau hati ayam. Padahal jika dilihat dari dekat, mentaiko terdiri dari ribuan butir ikan yang dibungkus selaput membran tipis. Sedangkan tobiko adalah sebutan untuk telur ikan terbang dan ukurannya lebih besar daripada mentai.

Kamu akan mudah menemukan mentaiko di Fukuoka. Mentaiko mentah atau matang ini bisa dimakan utuh bersama nasi, maupun diolah menjadi berbagai bahan makanan. Bahkan kamu bisa menemukan mentaiko berwujud saus pasta yang sudah dicampur bahan saus lainnya agar menciptakan rasa mentai yang khas.

 

7. Hakata Torimon, Kuliner Khas Fukuoka Yang Biasa Ditemukan Di Hampir Seantero Fukuoka

image source : http://itisapieceofcake2011.blogspot.com/

Selain kuliner berat, kamu juga harus mencicipi salah satu panganan ringan bernama hakata torimon. Snack ini bisa ditemukan di manapun, seperti bandara, stasiun, dan toko-toko pinggir jalan. Hakata torimon merupakan salah satu dari 7 Rekomendasi Kuliner Khas Fukuoka yang Layak Dicoba.

Kue ala Barat ini sangat mudah ditemukan di Fukuoka, Jepang. Kue yang di dalamnya berisi pasta kacang berperisa butter ini diselimuti dengan adonan tipis yang memiliki rasa unik seperti susu manis. Jika dibelah menjadi dua, terlihat jelas isian kue hakata torimon ini sangat full dibandingkan kulitnya. Bentuknya juga mirip bakpao, hanya warnanya saja yang berbeda.

Makanan kering ini disajikan dalam kemasan plastik. Biasanya, para pendatang membeli hakata torimon ini gak hanya sekadar untuk mencoba tapi juga membeli sebagai buah tangan untuk orang-orang tersayang di kampung halaman mereka. Bagaimana? Tertarik untuk mencicipi rasa manisnya kue hakata torimon ini, Travel Mates?

 

Salah satu kota di Jepang, yaitu Fukuoka, ternyata banyak Rekomendasi Kuliner Khas Fukuoka yang Layak Dicoba dan terlihat menarik! Travel Mates tertarik mencoba yang mana nih? Mungkin dimulai dari yang berkuah lebih dulu kali ya, baru setelah itu pencuci mulutnya. Nah, jadi kapan mau mengunjungi Fukuoka? Jangan lama-lama, cepetan atur jadwal dan pergi dengan paket travel di H.I.S Travel Indonesia sekarang juga!

Sebarkan Artikel