7 Tips Menikmati Hanami Layaknya Orang Lokal
24-03-2019
HIS Travel
7 Tips Menikmati Hanami Layaknya Orang Lokal
Jepang
Sebarkan Artikel

Bagi masyarakat Jepang, kehadiran musim semi merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri setelah menjalani beratnya kehidupan musim dingin. Untuk merayakan kebahagiaan tersebut masyarakat Jepang memiliki cara unik tersendiri untuk merayakannya yang biasa disebut dengan Hanami.

Apa itu Hanami? Hanami atau ohanami merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan oleh warga Jepang, yang kegiatannya bertujuan untuk menikmati keindahan bunga khususnya bunga sakura yang sedang mekar pada musim semi.

Nah, festival yang berlangsung meriah ini akan dihadiri oleh banyak sekali pengunjung yang bukan cuma masyarakat Jepang saja, namun juga wisatawaan mancanegara.

Namun wisatawaan luar harus hati-hati ketika mengunjungi festival yang meriah ini, karena negeri matahari terbit ini bisa dikatakan negara yang mempunyai prinsip untuk memegang teguh tata krama, tidak terkecuali tradisi Hanami itu sendiri. Namun yang sangat disayangkan, pada kenyataannya masih banyak wisatawan luar yang belum memahami apa saja yang menjadi aturan-aturan yang harus diharus diikuti agar bisa menikmati hanami layaknya orang-orang Jepang sendiri.

Anda masih merasa bingung dan memerlukan tips menikmati hanami layaknya orang lokal?  Kalau begitu, artikel dari H.I.S Travel Indonesia ini akan sangat membantu para pembaca. Sebab, di artikel ini kami akan berusaha memandu agar Anda dapat mempelajari tips menikmati Hanami layaknya orang Jepang.

Apa saja tips menikmati hanami layaknya orang lokal tersebut? Simak artikel kami berikut hingga usai yuk! Selamat menyimak ya!

 

1. Buang Sampah Pada Tempatnya, Tips Menikmati Hanami Layaknya Orang Lokal Dengan Cara Yang Sederhana

image source : https://www.pexels.com/

Selain terkenal pemandangan yang indah, negara Jepang juga mempunyai lingkungan yang bersih. Dengan lingkungannya yang bersih dan juga nyaman sehingga disana akan sangat sulit menemukan tempat sampah. Jika belum menemukan tempat untuk buang sampah, lebih baik disimpan dulu atau dimasukkan ke kantong.

Karena memang aturan buang sampah di Jepang sangat ketat sekali, jadi bagi yang masih buang sampah sembarangan bukan hanya mengotori lingkungan tempat berlangsungnya festival, namun bisa juga terkena sanksi yang berat.

 

2. Tidak Membawa Peralatan Memasak, Tips Menikmati Hanami Layaknya Orang Lokal Yang Sederhana Untuk Dilakukan

image source : https://www.pexels.com/

Karena umumnya perayaan Hanami digelar di pegunungan dan juga taman, maka segala sesuatu yang berbau api sangat dilarang keras seperti kompor misalnya. Karena dalam perayaan Hanami, seluruh warga Jepang akan ramai berkumpul bersama dibawah pohon musim semi.

Jadi dikhawatirkan ketika membawa peralatan memasak akan mengganggu pengunjung yang lain. Namun para pembaca tidak perlu khawatir nanti bakal kelaparan, karena para pengunjung bebas untuk membawa makanan sendiri dari rumah.

 

3. Membawa Peralatan Camping, Tips Menikmati Hanami Layaknya Orang Lokal Yang Mampu Menyegarkan Fikiran

image source : https://www.pexels.com/

Festival Hanami merupakan momen yang sangat tepat unntuk berkumpul bersama. Maka tak heran jika banyak masyarakat jepang memanfaatkan momen yang bagus ini untuk kembali berkumpul bersama keluarga, teman, atau mungkin bersama sang kekasih, untuk sekedar ngobrol menikmati suasana musim semi yang indah.

Camping dibawah-bawah pohon musim semi pasti akan sangat seru sekali untuk dilakukan, apalagi ditambah dengan lampu-lampu malam akan kian menambah suasana hangat di malam hari.

 

4. Menjaga Pohon, Tips Menikmati Hanami Layaknya Orang Lokal Yang Ramah Lingkungan

image source : https://www.pexels.com/

Ketika Hanami berlangsung ada aturan yang sangat ketat sekali terkait masalah pohon, kita diwajibkan untuk selalu mejaga pohon dengan hati-hati. Tidak boleh menarik, mengguncang atau memetik bunga sekalipun, karena itu akan merusak pohon, apalagi jika itu bunga sakura.

Bunga cantik yang terkenal dengan warnanya yang khas ini memiliki aturan tersendiri, dan warga Jepang sangat disiplin sekali untuk menjaga bunga sakura. Untuk sekedar berfoto boleh-boleh saja, tapi harus diingat tidak boleh sampai terlalu dekat, apalagi sampai menyentuh bunga yang sangat cantik ini.

 

5. Selalu Ikuti Aturan yang Ada, Tips Menikmati Hanami Layaknya Orang Lokal Agar Selalu Dapat Merasa Tentram

image source : https://www.pexels.com/

Festival Hanami dilaksanakan di beberapa tempat di Jepang, dan setiap tempat mempunyai aturan. Bahkan dibeberapa tempat memiliki aturan khusus. Beberapa diantaranya tidak diizinkan untuk memanggang, larangan untuk membangun camp, tidak diperbolehkan membawa minuman beralkohol dll.

Dan sebagian dari taman-taman tersebut memiliki jam malam tersendiri. Jadi bagi pengunjung harus selalu memeriksa dan mematuhi aturan-aturan di masing-masing tempat festival Hanami.

 

6. Berhati-Hati Saat Menggunakan Tongsis, Tips Menikmati Hanami Layaknya Orang Lokal Yang Tidak Boleh Dilupakan

image source : https://www.pexels.com/

Menikmati bunga sakura memang menyenangkan. Apalagi bila menikmatinya bersama dengan keluarga. Pasti akan banyak moment yang menarik untuk diabadikan. Namun bagaimana bila Anda memang tidak terbiasa menyewa jasa fotografer saat sedang berwisata ke luar negeri? Pasti tongsis adalah salah satu alat yang wajib untuk Anda bawa kan?

Meskipun tongsis tersebut dapat Anda gunakan sepuas hati, Anda wajib memperhatikan lingkungan sekitar ya! Jangan sampai tongsis Anda mengganggu orang lain, terlebih penduduk asli Jepang.

 

7. Perhatikan Barang-Barang Bawaan, Tips Menikmati Hanami Layaknya Orang Lokal Agar Keselamatan Tetap Terjamin

image source : https://www.pexels.com/

Hal terakhir yang dapat kami sarankan kepada Travel Mates adalah, agar senantiasa memperhatikan barang-barang bawaan. Meskipun hal ini tidak begitu sulit untuk dilakukan, beberapa orang masih cenderung lalai dengan hal yang satu ini. Oleh sebab itu, tak jarang ada barang-barang yang tertinggal dan justru menyusahkan pemilik dari barang tersebut.

Travel Mates tentu tidak ingin mengalami masalah dengan barang bawaan saat berhanami kan? Jangan lupa untuk senantiasa memperhatikan barang bawaan ya!

 

Nah, demikian beberapa tips untuk para pembaca yang ingin menikmati Hanami di moment liburan ke Jepang nanti. Agar liburan ke Jepang semakin terasa nikmat, konsultasikan rencana liburan Anda ke H.I.S Travel Indonesia yuk! Bersama H.I.S Travel Indonesia, perjalanan Anda ke negri sakura pasti terasa istimewa!

Sebarkan Artikel