7 Tips Menikmati Hanami Untuk Milenials
02-12-2019
HIS Travel
7 Tips Menikmati Hanami Untuk Milenials
Tips
Sebarkan Artikel

Liburan ke Jepang di musim semi, jangan lewatkan hanami di sana! Apasih hanami itu? Hanami diambil dari dua kata dalam bahasa Jepang, yaitu “hana” yang artinya bunga dan “mi” artinya melihat. Dari kedua arti tersebut hanami adalah kegiatan melihat bunga. Bunga yang dimaksud dalam hanami ini adalah bunga sakura atau cherry blossom yang merupakan bunga nasional Negara Jepang.

Di Jepang, hanami merupakan budaya mereka untuk berkumpul bersama di bawah pohon sambil menikmati keindahan bunga sakura. Bisa bersama keluarga, rekan kerja kantor, tetangga rumah, teman-teman, atau komunitas-komunitas semua berkumpul untuk hanami. Turis juga diperbolehkan ikut hanami, kalian bisa mengajak teman-teman untuk bersama menikmati sakura disana.

Kalian juga bisa menyimak artikel Tips Menikmati Hanami dari H.I.S Travel Indonesia berikut ini yuk! Agar, Anda dapat nenikmati hanami dengan lebih nyaman. Selamat menyimak Travel Mates!

 

1. Carilah Waktu Hanami Terbaik Sebelum Berhanami

image source : http://id.japantravel.com/

Hanami berlangsung sekitar bulan Februari hingga awal akhir April atau awal Mei. Di akhir Februari, bunga yang mulai mekar setelah musim dingin Jepang adalah bunga plum atau ume. Bunga ini mekar hingga sekitar pertengahan bulan Maret. Setelah itu, barulah peak season untuk bunga sakura dari minggu terakhir bulan Maret hingga minggu pertama bulan April. Kemudian, shibazakura yang merupakan varietas lain dari bunga sakura yang selanjutnya mekar hingga sekitar bulan Mei.

Kalian perlu mengetahui waktu-waktu ini agar bisa mempersiapkan waktu luang untuk berkunjung melihat bunga. Bunga-bunga yang cantik bukan hanya sakura, jadi jangan khawatir jika tak bisa ke Jepang saat akhir Maret atau awal bulan April, kalian masih bisa berkunjung di awal maret atau akhir April untuk hanami, bahkan lebih sepi, jadi lebih nyaman untuk berbaur dengan penduduk lokal. Tips menikmati Hanami ini terlalu sederhana? Terus simak hingga tuntas yuk!

 

2. Cari Info Tempat Hanami, Adalah Tips Menikmati Hanami Yang Wajib Untuk Diikuti

image source : http://shutterstock.com/

Saat hanami tiba, ada banyak tempat yang bisa kalian pilih untuk menikmati hanami di Jepang. Setiap kota, biasanya memiliki paling tidak satu tempat untuk hanami, seperti taman-taman besar, taman kecil perumahan, taman pekarangan istana, atau taman-taman di tepi sungai. Tetapi, tidak semua taman-taman tersebut bisa didatangi seenaknya.

Ketika tiba musim yang ditunggu, yaitu musim sakura, pengunjung akan penuh dan beberapa taman akan memberlakukan beberapa peraturan, seperti berbayar, ada yang diperbolehkan duduk, ada yang melarang karpet piknik, dan banyak lagi. Taman satu dengan taman yang lain bisa berbeda aturannya. Jadi sebelum menikmati hanami, kalian perlu memilih tempat terlebih dulu dan mencari tahu aturan apa saja yang harus diikuti supaya kalian nyaman ya!

 

3. Tips Menikmati Hanami Selanjutnya Adalah, Datang Lebih Pagi Dan Kenakan Baju Hangat

image source : http://id.japantravel.com/

Setelah memilih lokasi untuk hanami, kalian harus datang pagi-pagi sekali supaya bisa mendapat tempat yang nyaman. Hanami mengundang banyak orang mengunjunginya, pasti akan banyak sekali yang datang berkunjung dan semua berlomba untuk spot terbaik.

Dengan datang di pagi-pagi sekali, kalian bisa memilih spot yang sesuai. Jangan lupa kenakan baju hangat, karena sisa-sisa musim dingin yang masih terasa, mengenakan jaket dan syal adalah pilihan tepat agar terhindar dari kedinginan.

 

4. Ke Toilet Sebelum Hanami? Mengapa Tidak?

image source : https://www.pexels.com/

Taman-taman, kuil, atau istana untuk tempat hanami, biasanya tidak cukup banyak toilet yang dapat mengakomodasi banyaknya pengunjung yang datang. Antrian toilet bahkan bisa puluhan meter panjangnya. Tentu tidak ingin waktu hanami hanya untuk antri di toiletnya bukan? Usahakan ke toilet terlebih dulu sebelum memasuki kawasan hanami, dan sebisa mungkin mengurangi minum supaya tidak bolak-balik ke kamar mandi. Tips menikmati Hanami ini sepele sih, tapi tidak boleh diremehkan ya! Demi kesehatan Anda juga kan?

 

5. Membawa Bekal Makanan, Adalah Hal Utama Dalam Rentetan Tips Menikmati Hanami

image source : https://www.flickr.com/

Warga lokal biasanya datang ke taman membawa bekal untuk dinikmati bersama. Kalian bisa juga mempersiapkan terlebih dulu bekal dan minum untuk dibawa hanami. Tapi, jangan khawatir jika kalian tidak sempat, ada banyak stan makanan yang bisa dipilih ketika hanami. Namun, jika taman kecil yang didatangi tidak ada stan-stan makanan, kalian juga bisa membeli camilan terlebih dahulu di swalayan terdekat.

 

6. Membawa Alas Piknik Serta Kantong Sampah? Tips Menikmati Hanami Ini Wajib Untuk Dilakukan Loh!

image source : https://www.flickr.com/

Saat musim bunga sakura mulai tiba, banyak toko yang menyediakan karpet biru yang merupakan khas hanami. Karpet itu bisa digunakan untuk piknik di taman. Toko-toko tersebut biasanya juga menyediakan kantong sampah untuk membawa sambah-sampah bekas agar tidak berceceran. Kalian bisa membeli karpet dan kantong sampah tersebut untuk dibawa ke taman saat hanami.

 

7. Taati Peraturan Dan Norma Selama Berhanami, Adalah Tips Menikmati Hanami Yang Paling Penting

image source : https://www.flickr.com/

Ketika hanami, akan ada banyak orang yang berkumpul di sana. Hal pertama yang harus dijaga adalah sopan santun. Dimana pun kita berada, apalagi bukan di daerah kita sendiri, tentu kita tak bisa seenaknya saja. Kesopanan adalah hal utama yang harus selalu diterapkan. Selain itu, kita juga harus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Banyaknya pengunjung yang memadati kawasan hanami, kita juga harus menjaga ketertiban, dengan tidak berbicara terlalu keras atau saling mendorong saat berjalan.

Hal yang perlu diketahui juga adalah tidak boleh menyentuh apalagi memetik bunga sakura. Orang-orang Jepang menganggap menyentuh bunga sakura merupakan hal yang tabu dan dihindari. Sebagai pendatang, tentu sebaiknya kita mengikuti kebiasaan ini. Selain untuk menghargai adat di sana, dengan begitu kita juga menghargai alam tanpa merusaknya.

 

Oke Travel Mates, begitulah beberapa tips tentang hanami di Jepang. Hal utamanya tentu menjaga sikap di negeri orang. Jangan sampai mengganggu dan harus menghormati kebudayaan di sana. Selamat menanti momen hanami, jangan lupa untuk berkonsultasi bersama H.I.S Travel Indonesia setelah membaca artikel tentang tips menikmati Hanami tadi ya! Sampai jumpa lagi!

 

Sebarkan Artikel