8 Barang Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Traveller
05-11-2019
HIS Travel
8 Barang Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Traveller
Tips
Sebarkan Artikel

Ketika hendak pergi traveling, tentu saja Anda akan membayangkan hal-hal indah dan menyenangkan yang akan dilalui. Namun bagaimanapun juga, kita tidak akan pernah tahu kapan bencana akan datang. Alangkah baiknya jika Travel Mates selalu berhati-hati. Setelah memastikan semua kebutuhan pokok Anda lengkap, jangan lupa siapkan barang-barang lain yang mungkin saja akan bermanfaat ketika Anda dihadapkan pada situasi yang darurat. Berikut adalah list barang-barang yang sudah H.I.S Travel Indonesia siapkan untuk Anda. Yuk simak bersama!

 

1. Peluit, Barang Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Dengan Suaranya Yang Nyaring

image source : https://www.flickr.com/photos/chrismou/4604009332/

Pernah mengikuti kegiatan Pramuka? Tentu saja Anda tidak asing lagi dengan yang namanya peluit. Peluit merupakan benda berukuran kecil yang akan mengeluarkan suara nyaring ketika ditiup. Benda ini bisa Anda bawa kemana saja, terutama ketika Anda akan pergi ke tempat yang mungkin saja rawan akan bencana gempa.

Ukurannya yang kecil tentu tidak akan memakan banyak tempat. Agak sulit dicari jika Anda memasukkannya ke dalam tas karena akan terhalang oleh benda lain yang berukuran lebih besar. Maka baiknya Anda bisa menjadikannya gantungan kunci ataupun bandul kalung agar mudah digunakan ketika dibutuhkan. Suara dari peluit ini bernada lebih tinggi daripada suara manusia, sehingga akan lebih mudah ditemukan ketika Anda terjebak di suatu tempat.

 

2. Space Blanket, Barang Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Dan Mampu Mencegah Kedinginan

image source : https://www.flickr.com/photos/104146406@N06/10799074895/

Space Blanket atau yang lebih dikenal dengan Emergency Blanket atau Selimut Darurat ini memiliki berat yang sangat ringan dan mudah dibawa kemana saja. Biasanya terbuat dari bahan material polyester yang berkualitas dan tahan terhadap air juga cuaca panas serta tidak mudah sobek. Warnanya juga beragam, ada silver, hijau, bahkan warna jingga.

Mengapa Anda perlu membawanya? Ketika Anda butuh menghangatkan tubuh namun tidak ada sistem pemanas disekitar, space blanket ini akan membantu dalam menghangatkan tubuh Anda. Apalagi ketika Anda terpaksa tidur di alam terbuka, maka space blanket ini sangatlah bermanfaat.

 

3. P3K, Barang Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Saat Sedang Jauh Dari Rumah Sakit Ataupun Toko Obat

image source : https://www.flickr.com/photos/133879146@N03/37354943591/

Tentu saja Anda sudah mengenal apa itu P3K. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan atau disingkat P3K ini sangat penting untuk dibawa. Mulai dari obat pribadi sampai barang-barang lain yang mungkin bisa berguna.

Contohnya obat antiseptik, kain kasa steril, plester luka, salep luka bakar, obat tetes mata, obat pereda gatal akibat gigitan serangga, dan lain sebagainya. Dengan membawa P3K sendiri maka akan mempermudah Anda ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dan sangat darurat namun belum ada bantuan.

 

4. Lampu Senter, Barang Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Dan Teramat Dibutuhkan Ketika Sedang Gelap

image source : https://www.flickr.com/photos/43279480@N02/7934481630/

Ketika terjadi bencana, hal yang biasanya pertama kali akan dimatikan ialah listrik. Cahaya dari lampu senter akan sangat berguna dalam membantu anda mencari jalan keluar ketika terjebak di dalam sebuah bangunan.

Tidak perlu membawa lampu senter yang berukuran besar, Anda cukup membawa lampu senter kecil yang biasanya banyak digunakan menjadi gantungan kunci. Dengan begitu anda juga bisa menemukannya lebih mudah tanpa harus membongkar isi tas di tengah kegelapan.

 

5. Masker Debu, Barang Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Di Tengah Udara Yang Penuh Polusi

image source : https://www.flickr.com/photos/jonseidman1988/6629276343/

Debu merupakan partikel kecil yang dapat menyebabkan masalah bagi pernapasan. Baik langsung dalam jangka pendek maupun menimbulkan masalah kesehatan dalam jangka panjang. Maka dari itu, selalu sediakan masker debu dalam setiap perjalanan Anda.

Tidak perlu mahal atau mementingkan masker yang memiliki gambar karakter lucu. Masker biasa pun banyak sekali seperti masker sekali pakai yang tersedia di pasaran atau apotek. Itu saja sudah cukup untuk melindungi Anda dari polusi udara.

 

6. Makanan Ringan, Barang Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Sumber Karbohidrat Cadangan

image source : https://www.flickr.com/photos/superkimbo/38800734231/

Bencana seringkali datang begitu saja tanpa ada tanda-tanda terlebih dahulu. Sebagai bentuk antisipasi, sebaiknya Anda menyimpan makanan ringan dalam tas Anda. Pilihlah makanan yang berprotein, contohnya kacang-kacangan.

Makanan ini bisa Anda makan sebagai pengganjal perut pada saat-saat genting. Jangan membawa camilan basah! Karena itu hanya akan menambah berat pada barang bawaan Anda dan juga tidak bisa bertahan lama. Jadi pastikan juga Anda membawa makanan yang tepat.

                                                                                                             

7. Air Minum Botol, Barang Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Untuk Menampung Air Dalam Sementara Waktu

image source : https://www.flickr.com/photos/169271538@N03/47645702252/

Akses mendapatkan air minum bisa jadi akan terhambat ketika terjadi bencana. Dalam situasi yang genting, air minum ini berperan sangat penting. Misal, mencegah dehidrasi atau hendak meminum obat. Selain di minum, air minum juga bisa digunakan jika terpaksa untuk membersihkan bekas luka. Jadi jangan lupa untuk selalu sedia air minum di dalam tas Anda, ya!

 

8. Backup Charger, Barang Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Ketika Gadget Sedang Lowbatt

image source : https://intellishoppers.com/

Selain kebutuhan pangan dan obat-obatan, barang kali ini tak kalah pentingnya. Di jaman yang sudah modern, banyak aktivitas baik yang secara tidak langsung maupun langsung pasti menggunakan smartphone. Sedangkan di dalam smartphone itu sendiri terdapat baterai yang juga memerlukan isi ulang daya. Maka dari itu, jangan sampai anda melupakan poin penting yang satu ini.

Backup Charger atau yang biasa kita sebut adalah Power Bank akan sangat berguna apalagi dalam keadaan darurat. Ketika terjadi bencana pasti akan nampak sangat kacau. Dengan mengandalkan power bank Anda masih tetap bisa mengakses telepon untuk mencari pertolongan meskipun daya baterai smartphone Anda mulai menipis.

 

Ya, itu tadi ke-8 barang yang dapat menyelamatkan hidup Anda dari bencana selama traveling. Semoga Travel Mates selalu aman dalam setiap perjalanan. Ingatlah, persiapan yang matang sebelum bepergian adalah tips terpenting dalam keberhasilan liburan Anda. Ada pertanyaan terkait rencana traveling Anda? H.I.S Travel Indonesia siap membantu Anda.

 

Mau tiket Gratis Ke Jepang? Yuk Wujudkan impian kamu bersama H.I.S. Travel Indonesia. Ikuti Follow To Win Japan untuk menangkan tiket Gratis liburan ke Jepang. Klik dibawah ini untuk informasi selengkapnya :

image source : https://linktr.ee/histravelindonesia

 

Sebarkan Artikel