8 Destinasi Wisata Di Padang Untuk Para Petualang Di Negri Sendiri
29-03-2020
HIS Travel
8 Destinasi Wisata Di Padang Untuk Para Petualang Di Negri Sendiri
City Travel
Sebarkan Artikel

Kalau berbicara tentang kota Padang, pasti yang terlintas di benak kita adalah makanan khas dari kota ini. Kuliner khas dari kota Padang ini beragam, mulai dari rendang, hingga kue lupis yang sangat legit. Kesemuanya makanan tadi memang nikmat. Namun untuk para petualang seperti Travel Mates, mungkin penasaran dengan destinasi wisata yang ada disana bukan?

Disini, banyak tersimpan tempat wisata yang bisa kita kunjungi ketika sedang berlibur disini. Beragam tempat wisata yang dapat dikunjungi mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Mau tahu tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi? Berikut 8 destinasi wisata di Padang yang telah dirangkumkan oleh H.I.S Travel Indonesia. Selamat menyimak ya, Travel Mates!

 

1. Pantai Padang, Salah Satu Destinasi Wisata Di Padang Yang Paling Terkenal

image source : https://posmetropadang.co.id/

Destinasi wisata di Padang yang pertama yaitu Pantai Padang. Pantai ini terkenal dengan sebutan Taplau atau Tapi Lauik yang jika diartikan dalam bahasa Minang berarti tepi laut. Pantai Padang letaknya berada di kawasan perkotaan, lebih tepatnya di Kecamatan Padang Barat.

Pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang dan juga pernah mendapatkan penghargaan untuk kawasan bebas sampah pada tahun 2015. Untuk keindahannya tidak perlu diragukan lagi, kalian bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam di pantai ini. Selain itu, kalian juga bisa melakukan aktivitas berjemur diri, berenang, hingga berselancar.

 

2. Pantai Air Manis, Destinasi Wisata Di Padang Yang Ternyata Disukai Banyak Turis Asing

image source : https://www.liputan6.com/

Pantai Air Manis merupakan salah satu destinasi wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Pantai ini tidak hanya menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal, namun banyak juga wisatawan mancanegara yang datang ketika sedang berlibur di Padang.

Pantai yang terkenal dengan ombaknya yang kecil serta pemandangan indah dari gunung Padang yang berada di sisi utara pantai ini. Selain itu, yang paling terkenal dan tidak boleh terlewatkan adalah patung batu Legenda Malin Kundang. Juga terdapat dua pulau kecil bernama Pulau Pisang Kecil dan Pulau Pisang Besar yang jaraknya tidak begitu jauh dari pantai.

 

3. Pantai Nirwana, Destinasi Wisata Di Padang Sekaligus Tempat Asik Untuk Melihat Jingganya Senja Sambil Berdendang

image source : http://www.ranahminangholiday.com/

Destinasi wisata di Padang selanjutnya masih bernuansa wisata pantai yang tak kalah indah dari yang lainnya, yaitu Pantai Nirwana. Keindahan pantai yang sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda ini membuat siapapun yang datang takjub.

Panorama keindahan pantai serta hamparan pasir putih yang indah membuat pantai ini dijuluki sebagai pantai surga bagi para pengunjung. Pesisir pantai yang banyak ditumbuhi pohon kelapa membuat keindahan Pantai Nirwana semakin jelas terlihat. Terlebih ketika air pantai dalam keadaan surut, batu karang serta koral-koral kecil yang bertebaran semakin menambah keindahan pantai ini.

 

4. Jembatan Siti Nurbaya, Destinasi Wisata Di Padang Yang Dijadikan Sebagai Salah Satu Ikon Wisata Oleh Pemerintah Lokal

image source : https://minangnantigo.com/

Jembatan Siti Nurbaya menjadi salah satu ikon kota wisata yang ada di Padang. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 156 meter, mulai dibangun sekitar tahun 1995 dan selesai serta diresmikan pada tahun 2002. Jembatan ini menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya yang berada di Gunung Padang.

Jembatan Siti Nurbaya menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di Padang yang biasa didatangi pelancong untuk sekedar berburu matahari terbenam, atau bahkan berburu berbagai kuliner yang dijajakan di sini. Siti Nurbaya merupakan salah satu cerita legenda yang ada di Sumatera Barat, sehingga jembatan ini dinamakan Jembatan Siti Nurbaya. Adapun novel Siti Nurbaya yang merupakan salah satu karya tulis dari Mahar Rusli, sastrawan angkatan Balai Pustaka.

 

5. Museum Adityawarman, Destinasi Wisata Di Padang Yang Memiliki Bangunan Fisik Yang Cukup Unik

image source : https://pesona.travel/

Tidak hanya wisata alam saja yang ada di Padang, namun wisata sejarah pun ada di sini. Museum Adityawarman namanya, museum ini diresmikan pada 16 Maret 1977. Diambil dari nama besar salah seorang Raja Malayapura pada abad ke-14, yaitu Adityawarman.

Museum Adityawarman memiliki sepuluh macam jenis koleksi, diantaranya yaitu geologika/geografika, etnografika, biologika, historika, arkeologika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, dan juga teknalogika. Museum ini digunakan sebagai pusat pelestarian benda bersejarah meliputi cagar budaya Mentawai, cagar budaya Minangkabau, serta cagar budaya Nusantara.

 

6. Sitinjau Lauik, Destinasi Wisata Di Padang

image source : http://travelingseru.com/

Bagi para pemburu wisata pemandangan alam, tempat wisata Sitinjau Lauik ini tidak boleh terlewatkan. Terletak di antara kota Padang dan Solok, lebih tepatnya berada diatas perbukitan indarung kota Padang. Objek wisata perbukitan ini menyajikan pemandangan yang sangat indah serta udara yang sejuk dan bersih.

Tidak hanya di siang hari, namun di saat malam hari pun bisa menikmati indahnya kelap-kelip lampu yang menjadi pemandangan indah bak melihat bintang di gelapnya malam. Sedang mencari destinasi wisata di Padang dengan biaya murah? Mampir saja kesini yuk Travel Mates!

 

7. Miniatur Makkah, Destinasi Wisata Di Padang Yang Tak Lain Adalah Sebuah Masjid

image source : https://paketwisatapadang.com/

Padang memang memiliki banyak tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, hingga wisata sejarah. Namun wisata rohani pun ada di sini, yaitu Miniatur Makkah yang berada di Lubuk Minturun, Padang, Sumatera Barat.

Sesuai dengan nama yang diberikan, Miniatur Makkah ini merupakan sebuah area masjid yang sengaja dibuat sedemikian rupa hingga mirip dengan kota Makkah yang ada di Arab Saudi. Di masjid ini selain digunakan untuk ibadah, biasanya juga dipakai untuk manasik haji.

Selain terdapat berbagai simbolis yang ada di Makkah, di masjid ini juga menyajikan pemandangan alam perbukitan yang hijau nan indah untuk dipandang. Ditempat ini juga memiliki berbagai macam koleksi satwa seperti ular, unta, serta ikan-ikan besar.

 

8. Air Terjun Lembah Anai, Destinasi Wisata Di Padang Yang Cocok Untuk Penikmat Segarnya Nuansa Alam

image source : https://www.indonesiakaya.com/

Air Terjun Lembah Anai merupakan salah satu destinasi wisata di Padang yang wajib sekali dikunjungi ketika sedang berlibur ke Sumatera Barat. Air terjun ini memang bukan berlokasi di Padang, namun berada tepat dipinggir jalan yang menghubungkan antara kota Padang dan kota Bukittinggi.

Air terjun dengan tinggi sekitar 35 meter yang berada di kaki Gunung Singgalang ini memiliki pesona yang luar biasa indahnya. Air terjun yang keberadaannya dikelilingi hutan lebat serta rimbunnya pepohonan membuat udara sejuk semakin terasa.

 

Setiap destinasi wisata di Padang memiliki keindahan serta keunikan yang berbeda-beda. Mulai dari wisata Pantai Padang yang memiliki keindahan pantai yang luar biasa, hingga wisata sejarah napak tilas budaya Mentawai dan juga budaya Minangkabau di Museum Adityawarman.

 

Kalau membahas tentang destinasi wisata yang ada di Padang pasti tidak akan ada habisnya, karena masih banyak tempat luar biasa indahnya yang dapat dikunjungi ketika sedang berlibur kesini. Rekomendasi beberapa tempat dari H.I.S Travel Indonesia tadi, hanya sebagian kecil dari banyaknya tempat wisata yang ada di Padang.

Meskipun begitu, semoga artikel tentang 8 destinasi wisata di Padang tadi bisa cukup membantu Travel Mates ya! Sampai jumpa lagi!

Sebarkan Artikel