8 Destinasi Wisata Di Palembang Untuk Para Petualang
27-03-2020
HIS Travel
8 Destinasi Wisata Di Palembang Untuk Para Petualang
City Travel
Sebarkan Artikel

Palembang salah satu kota terbesar di Indonesia dan merupakan ibukota dari provinsi Sumatra Selatan. Dan saat berbicara tentang Palembang pasti travel mates langsung mengingat makanan khas Palembang Yaitu Pempek. Dan sekalin Pempek yang sangat terkenal Palembang juga terkenal dengan sungai musi atau jembatan amperanya. Kedua tempat itu seakan menjadi icon kota Palembang.

Tapi selain itu tadi Palembang juga menyimpan berbagai destinasi wisata menarik. Nah dikesempatan kali ini H.I.S Travel Indonesia akan membahas mengenai Destinasi wisata di Palembang yang menarik untuk travel mates kunjungi dan berikut adalah daftarnya.

 

1. Kembang Iwak Family Park, Destinasi Wisata di Palembang Untuk Kelarga

image source : klikhotel

Kembang iwak family park merupakan sebuah danau yang berlokasi di pusat kota Palembang. Berdekatan dengan tempat tinggal walikota Palembang. Disini terdapat berbagai tempat rekreasi yang bisa travel mates kunjungi. Tapi ada hal yang cukup unik di Kemang Iwak Family Park yaitu bila travel mates mengunjungi tempat ini dikala malam aka nada air mancur dengan lampu warna-warni yang mewarnai malam. Menarik bukan jadi jangan lupa berkunjung ya.

 

2. Bukit Siguntang, Destinasi Wisata di Palembang Yang Tergolong Sakral

image source : travelingyuk

Bukit Siguntang berada di  kelurahan Bukit Lama, Kecamatan ILir Barat I. Menurut cerita yang beredar di masyarakat dulu bukit ini dipercaya sebagai tempat beribadah atau bersemedi. Tapi saat ini Bukit Siguntang dibuka sebagai tempat wisata untuk setiap orang.

Disini Travel Mates dapat berziarang ke makam-makam para bangsawan kota Palembang, atau berjalan jalan menikmati suasana alam di Bukit yang memiliki ketinggian 29-30 meter diatas permukaan laut ini. Saat ini pun bukit sigunang masih dianggap sacral oleh masyarakat Palembang.

 

3. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Destinasi Wisata di Palembang Yang Kaya Nuansa Sejarah

image source : pesona

Museum Sultan Mahmud Badarudding II berlokasi di Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang. Bila travel mates tertarik dengan sejarah kota Palembang tempat ini wajib travel mates kunjungi. Selain gedungnya yang pernah digunakan sebagai tempat untuk memerintah kota Palembang oleh Sultan Mahmud Badaruddin I dahulu kala, ada juga benda arkeologi, keramik, etnografi dan hal lain yang bisa di pelajari di dalam musemum.

 

4. Taman Purbakala Sriwijaya, Destinasi Wisata Palembang Yang Kaya Akan Nuansa Histori

image source : tribunnewswiki

Masih membahas sejarah, kali ini ada Taman Purbakala Sriwijaya yang menjadi tempat untuk segala bentuk informasi dan benda tentang kerajaan Sriwijaya di masa lalu. Tapi tahukan travel mates bila dulu nama Taman Purbakala Sriwijaya bernama Situs Karanganyar.

kemudian pada bagian tengah  Taman Purbakala terdapat pendopo berarsitektur rumah limas khas Palembang yang ditengahnya disimpan replica Prasasti Kedukan Bukit dalam kotak kaca yang bisa travel mates lihat dan pelajari. Prasasti ini juga menyimpan cerita mengenai perjalanan Siddhayatra Dapunta Hyang yang dianggap sebagai pilar berdirinya Sriwijaya.

 

5. Pulau kemaro, Destinasi Wisata di Palembang Yang Seru Untuk Dijelajahi

image source : pesona

Pulau kemaro adalah sebuah pulau kecil di Sungai Musi, berjarak sekitar 6km dari Jembatan Ampera. Posisi pulau kemaro agak ketimur dari pusat Kota Palembang. Di pulau ini travel mates dapat melihat pagoda yang berdiri di dengan tegak dan kelenteng yang biasanya ramai dikunjungi saat perayaan Cap Go Meh.
Ada juga dua makam yang dianggap keramat yang menceritakan kisah cinta antara pribumi dan keturunan tionghoa. Saat mengunjungi Pulau Kemaro travel mates dapat menggunakan getek atau perahu kecil yang disediakan agar menambah keseruan untuk mencapai pulau ini.

 

6. Kampung Kapitan, Destinasi Wisata di Palembang Untuk Penikmat Wisata Kuliner

image source : pegipegi

Berbicara tentang kuliner di Palembang pasti langsung teringat dengan pempek yang menjadi primadona Palembang. Tetapi di Kampung Kapitan menyajikan hidangan-hidangan seafood yang sangat enak dan menggiurkan. Kampung kapitan berlokasi di dekat jembatan ampere dan berada di samping sungai musi.

Bagi travel mates yang menyukai seafood wajib banget makan ditempat ini. selain bisa menikmatai aneka seafood kualitas premium, travel mates bisa menikmati pemandangan jembatan dan sungai dari kampung kapitan. Untuk bisa sampai ke kampung Kapitan travel mates bisa menyusuri sungai musi dengan kapal atau lewat jalur darat melewati jembatan ampera.

 

7. Air Terjun Lematang Indah, Destinasi Wisata Di Palembang Bernuansa Alam

image source : tribunnews

Bila Travel Mates menyukai wisata alam maka Air Terjun Lematang merupakan tempat yang cocok untuk travel mates. Air Terjun Lematang Indah berlokasi di Perahu Dipo, Dempa Selatan, Pagar Alam. Disini travel mates bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan udara yang menyejukkan.

Dalam perjalanan menuju ke air terjun setinggi 40 meter ini travel mates tidak akan bosan dengan keindahan alam yang ada disini. Tapi bila travel mates berkunjung waktu musim hujan tolong hati hati karena tangga menjadi licin karena terkena air. Jadi tetap stay safe ya.

 

8. Jembatan Ampera dan Sungai Musi, Destinasi Wisata di Palembang Yang Cukup Ikonik

image source : tripzilla

Tidak akan lengkap bila membahas kota Palembang tetapi tidak membahas ikon kota Palembang yaitu Jembatan Ampera dan Sunagi Musi. Jembatan sepanjang 224 meter yang dibangun pada tahun 1962 yang membelah sungai musi ini juga mempunyai motor penggerak yang bisa membuka jembatan agar kapal bisa melewati jembatan. Butuh sekitar 30 menit agar jembattan bisa terbuka dengan sempurna.

Selain itu ada pasar souvenir khas Palembang di dekat jembatan, berjarak sekitar 50 meter. Dan rekomendasi untuk melihat atau melintasi jembatan ini di kala malam hari karena travel mates akan melihat lampu-lampu yang menerangi jembatan dengan indahnya.

Nah itu tadi pembahsan mengenai 8 Destinasi Wisata di Palembang. Menarik sekali kan ?. saat berlibur memang harus memastikan keadaan cuaca dan jaga keamanan selalu ya. Dan jangan lupa rencanakan liburanmu Bersama H.I.S Travel Indonesia. Sekian pembahasan ini dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Sebarkan Artikel