8 Festival Budaya Orang Tionghoa Yang Terlalu Sayang Untuk Dilewatkan!
13-04-2019
HIS Travel
8 Festival Budaya Orang Tionghoa Yang Terlalu Sayang Untuk Dilewatkan!
People & Culture
Sebarkan Artikel

Travel Mates, pernahkah Anda berdiskusi dengan teman ataupun keluarga tentang keunikan tradisi yang dimiliki oleh orang Tionghoa? Bila pernah, Anda mungkin sedikit banyak tau tentang festival budaya orang Tionghoa yang diadakan secara rutin setiap tahun nya. Suasana yang meriah pasti sudah langsung terbayang di benak Anda ya Travel Mates!

Namun, apa iya, sebagai Traveler sejati, Anda bisa berpuas diri dengan hanya membayangkan suasana kemeriahan festival budaya orang Tionghoa di negri asalnya? Tentu tidak dong! Oleh karenanya, tak ada salahnya loh bila Anda mempersiapkan diri untuk berwisata ke Tiongkok, saat festival budaya orang Tionghoa itu sedang diberlangsungkan.

Tapi, Anda sudah tau belum nama-nama dari masing-masing festival budaya orang Tionghoa tersebut, dan tanggal pelaksanaan festivalnya? Bila belum, yuk simak dulu artikel singkat dari H.I.S Travel Indonesia tentang 8 festival budaya orang Tionghoa berikut ini! Meskipun hanya 8 festival yang kami bahas, kesemuanya terlalu sayang untuk Anda lewatkan loh! Karena itu, harap disimak hingga usai yuk. Selamat menyimak.

 

1. Festival Tahun Baru Imlek, Chun Jie

image source : https://www.tionghoa.info/

Festival Tahun Baru Imlek merupakan festival yang biasa dirayakan ketika musim semi. Perayaan ini memang dapat ditemukan di hampir seluruh lokasi pecinan di dunia. Hanya saja, nuansa Festival budaya orang Tionghoa di tempat asalnya sungguh berbeda dari yang biasa kita temukan di Indonesia.

Meskipun begitu, festival ini juga mengharuskan penduduk untuk menggantung berbagai pernak-pernik lampion merah, menempelkan kertas merah FU khas imlek, serta menyiapkan angpao. Istimewanya, disini kerap diadakan pesta kembang api yang diikuti dengan tarian naga barongsai yang melegenda.

 

2. Festival Cap Go Meh, Yuan Xiao Jie

image source : https://www.tionghoa.info/

Festival Cap Go Meh, dikenal juga dengan sebutan Festival Yuan Xiao di tempat asalnya. Biasanya, perayaan ini dilaksanakan setiap tanggal 15 di bulan pertama penanggalan imlek.

Meskipun penyebutan festival ini agak berbeda dengan yang di Indonesia, pelaksanaan festival tidak jauh berbeda dengan cap go meh kok. Buktinya, di festival ini tetap disajikan pertunjukan barongsai, liong, atraksi beladiri wushu, pagelaran tari khas Tiongkok, serta alunan melodi alat musik tradisional Tionghoa.

Bagaimana? Penasaran dengan kemeriahan festival budaya orang Tionghoa yang satu ini?

 

3. Festival Ceng Beng, Qing Ming Jie

image source : https://www.tionghoa.info/

Dalam kepercayaan orang Tionghoa, upacara ziarah merupakan salah satu hari sakral dan tidak boleh dilewatkan. Selain itu, kepercayaan mereka juga mewajibkan agar ziarah kek kuburan leluhur wajib dihadiri oleh seluruh anggota keluarga.

Meskipun sekilas tidak jauh berbeda dengan ziarah kubur yang biasa dilakukan oleh orang Indonesia, dalam ziarah kubur yang dilakukan di hari Festival Ceng Beng ini, orang Tionghoa turut serta membawa berbagai macam buah-buahan, kue, makanan, dan juga karangan bunga.

Kesemua bawaan tadi, biasanya akan disuguhkan kepada arwah leluhur guna melengkapi prosesi sembahyang, setelah melakukan pembersihan. Meskipun beberapa makanan ada yang ditinggal begitu saja, bukan berarti Traveler seperti Anda boleh sembarangan mengambilnya ya! Ingat, hormatilah kepercayaan orang lain dan senantiasa hindari resiko saat sedang berwisata ke luar negeri.

Soal makanan, yang menjajakan jumlahnya cukup banyak kok! Anda tak perlu khawatir!

 

4. Festival Duan Wu, Duan Wu Jie

image source : https://www.tionghoa.info/

Dari sekian banyak festival budaya orang Tionghoa, festival ini merupakan salah satu yang paling tua. Tercatat, festival Duan Wu sudah dirayakan sejak 2000 tahun yang lalu, dengan intisari 2 kegiatan yang terus dilakukan yakni memakan Bak Chang bersama-sama dan menghelat perlombaan perahu naga.

Usut punya usut, festival ini dirayakan untuk mengenang seorang patriot yang bernama Qu Yuan, yang mati bunuh diri setelah terjun ke sungai. Pada saat itu, Qu Yuan ingin membuktikan kecintaan dan kesetiaan yang ia miliki terhadap dinasti chu. Hal ini membuat banyak orang merasa terkagum-kagum dan menjadikan mereka melangsungkan festival setiap tanggal 5 bulan 5 di panggalan imlek.

 

5. Festival Qi Xi, Qi Xi Jie

image source : https://www.tionghoa.info/

Sedang mencari festival budaya orang Tionghoa yang romantis untuk dirayakan bersama pasangan? Datang saja ke Tiongkok saat perayaan Festival Qi Xi berlangsung. Disana, festival Qi Xi merupakan hari valentine nya masyarakat Tiongkok, karena memang dasarnya, festival ini memperingati kisah romantic antara pria penggembala Niu Lang dan Zhi Nu gadis penenun.

Untuk perayaanya, festival ini diadakan setiap tanggal 7 bulan 7 kalender imlek. Dan untuk teknisnya, biasanya pada malam festival Qi Xi, gadis-gadis muda setempat akan melakukan ritual pemohonan doa agar dapat meningkatkan keterampilan bidang seni yang mereka miliki. Selain itu, gadis-gadis tersebut memanjatkan doa agar mendapat pasangan hidup yang setia dan juga baik untuknya.

 

6. Festival Tiong Ciu, Zhong Yuan Jie

image source : https://www.tionghoa.info/

Festival musim gugur ini meruakan festival yang diadakan untuk mensyukuri panen raya. Dirayakan setiap tanggal 15 bulan 8 kalender imlek, dan diadakan oleh masyarakat secara beramai-ramai.

Festival ini juga merupakan salah satu festival yang tertua. Sebab, ia sudah mulai dirayakan sejak zaman dinasti Xia dan Sheng (2000-1600SM). Berdasarkan perkembanganya, di dinasti Zhou, rakyat merayakan festival ini dengan mengadakan ritual pemujaan bulan. Di dinasti Tang, tradisi tersebut lebih tersebar luas. Kemudian di dinasti Song selatan (1127-1279 M), orang mulai mengirimkan kue bulan bergambar kelinci ke sanak saudara, dan juga rekan yang ia hormati.

Pada mala hari, mereka berjalan ketepi danau untuk menikmati rembulan, dan kebiasaan ini semakin populer di dinasti Ming dan Qing. Selanjutnya, muncul kebiasaan untuk menanam pohon musim gugur, menyalakan lentera, dan menarikan tarian naga.

Meskipun banyak kebiasaan baru yang bermunculan, terdapat satu kebiasaan yang tidak pernah hilang dalam perayaan festival yang satu ini. Yakni, berkumpul bersama keluarga untuk menikmati pananan kue bulan, sembari minum teh ataupun arak tradisional.

 

7. Festival Chong Yang, Chong Yang Jie

image source : https://www.tionghoa.info/

Festival Chong memang terdengar asing untuk sebagian besar orang Indonesia. Terlebih karena perayaanya, memang tidak sesemarak perayaan festival budaya orang Tionghoa semisal Cap Go Meh dan sebagainya. Meskipun begitu, festival ini merupakan salah satu yang populer loh ditempat asalnya!

Betapa tidak? Festival yang diadakan di tanggal 9 bulan 9 ini, merupakan festivalnya para Lansia yang kerap kali dikaitkan agar para Lansia tersebut senantiasa panjang umur dan sehat sentosa. Ingin turut serta merayakannya? Datang saja ke Hong Kong dan Tiongkok daratan saat tanggal tersebut.

Anda dapat menikmati bunga krisan, mendaki gunung, memakan kue spesial, sembari berkumpul dan menghangatkan suasana. Bagaimana? Tertarik kan dengan double nine festival yang satu ini?

 

8. Festival Ronde, Dong Zhi Jie

image source : https://www.tionghoa.info/

Pernah mendengar tentang festival Ronde yang biasa dirayakan setiap tanggal 22 Desember kalender masehi ini? Nah, di Tiongkok, festival ini disebut juga dengan nama Dong Zhi Jie. Dan biasanya, masyarakat akan membuat sajian kue onde dan memakan kue tersebut bersama dengan keluarga.

Setelah ditelusuri, festival yang dimulai sejak dinasti Han (206-220SM) ini mengacu kepada ajaran filsafat Tao ‘Yin dan Yang’ sebagai keseimbangan dan harmoni yang mengalir di dalam alam semesta. Meskipun pada zaman dahulu festival ini tidak begitu meriah, di zaman sekarang, festival ini dirayakan dengan sentuhan kemeriahan modern seperti yang dapat terlihat di festival Harbin.

 

Oke Travel Mates, itulah tadi artikel singkat kami tentang 8 Festival Budaya Orang Tionghoa yang terlalu sayang untuk Anda lewatkan. Bagaimana? Diantara kesemua festival budaya tadi, pasti ada yang menarik minatmu untuk segera merencanakan liburan ke luar negri kan?

Bila ada yang membuat Travel Mates merasa tertarik, jangan ragu untuk mengonsultasikan rencana liburan Anda bersama H.I.S Travel Indonesia ya! Bersama kami, liburan Anda untuk menikmati 8 Festial Budaya Orang Tionghoa tadi pasti akan terasa lebih istimewa! Terimakasih telah menyimak artikel kami, sampai jumpa lagi Travel Mates!

Sebarkan Artikel