8 Rekomendasi Wisata Ke Tana Toraja
02-04-2020
HIS Travel
8 Rekomendasi Wisata Ke Tana Toraja
People & Culture
Sebarkan Artikel

Wisata Ke Tana Toraja, memang memiliki nuansa keunikan yang tersendiri. Ditempat lain, mungkin kita dapat melihat-lihat keindahan alam yang terkelola, wahana permainan yang menghibur, ataupun atraksi-atraksi yang dilengkapi segudang fasilitas dan sebagainya. Ketika berwisata ke Tana Toraja, agaknya Anda akan lebih diingatkan kembali tentang kematian, dan keunikan budaya setempat dalam merawat para leluhur yang telah tiada.

Travel Mates yang pernah mampir ke Tana Toraja pasti sudah tau tentang uniknya budaya orang sana. Bilapun belum, berikut kami rangkumkan ulasan mengenai budaya tersebut, lengkap dengan rekomendasi wisata ke Tana Toraja. Selamat menyimak artikel dari H.I.S Travel Indonesia ya, Travel Mates!

 

1. Wisata Kete Susu, Desa Yang Memiliki Deretan Rumah Adat Untuk Menyimpan Jenazah Orang Yang Baru Meninggal Hingga Beberapa Waktu

image source :blogspot

Tempat wisata yang satu ini, berlokasi sekitar 4 KM dari Ratenpao. Selain tidak begitu jauh untuk diakses, desa wisata yang satu ini memiliki pemandangan indah. Penyebabnya, tak lain karena lokasinya, berada di perbukitan dan persawahan.

Kete Susu menjadi salah satu favorit wisatawan saat melakukan perjalanan wisata ke Tana Toraja. Desa ini memiliki sebuah kompleks rumah adat Tana Toraja yang biasa disebut dengan Tongkonan. Meskipun berbentuk rumah, dalam keseharian masyarakat setempat Tongkonan sendiri biasa digunakan untuk tempat penyimpanan sementara jenazah orang yang baru meninggal.

Tidak jauh dari deretan rumah adat tadi, terdapat sebuah tebing yang tak kalah uniknya. Tebing Desa Kete Susu memiliki kuburan batu mirip perahu, yang terdapat tulang benulang serta tengkorak manusia yang meninggal pada zaman dahulu. Dibeberapa bagian sisi tebing, berbagai sesajen akan dapat Anda temukan. Jangan sekali-kali Anda iseng dengan sesajen tersebut ya! Konon, sesajen tersebut adalah makanan kesukaan dari orang meninggal yang ada di kuburan tersebut.

 

2. Londa, Kuburan Tebing Batu Yang Bisa Anda Temukan Saat Pergi Wisata Ke Tana Toraja

image source :makassar.tribunnews

Travel Mates sudah merasa ngeri dengan wisata Kete Susu? Bila belum dan malah semakin penasaran, mari kita melanjutkan petualangan ke Londa, yang jaraknya sekitar 7 KM dari Ratenpao. Meskipun sama-sama memiliki suasana segar, sejuk, dan memungkinkan Anda untuk menikmati nuansa alam khas pegunungan, di Londa Anda akan sedikit menemukan nuansa keangkeran.

Sebab, Londa ini sendiri tak lain merupakan tebing batu yang dijadikan sebagai area pekuburan oleh masyarakat setempat. Uniknya, tiap kali ada jenazah yang akan dimasukan, masyarakat setempat akan menyesuaikan penempatan berdasarkan garis keluarga. Jadi, semua prosesi dilakukan dengan maksud dan tujuan yang jelas ya, Travel Mates!

 

3. Museum Ne’ Gandeng, Museum Unik Yang Mungkin Hanya Bisa Anda Temukan Ketika Pergi WIsata Ke Tana Toraja

image source : flickr.com

Museum yang berjarak 10 KM Dengan Rantapao ini lain dari yang lain. Sebab, objek utama yang ditonjolkan oleh museum ini sendiri merupakan makam dari Ne’ Gandeng yang telah wafat pada 3 Agustus 1994 silam. Diketahui, Ne’ Gandeng adalah salah satu dari leluhur dari masyarakat setempat. Semasa hidupnya, ia banyak mendedikasikan waktu untuk memperhatikan kehidupan masyarakat sekitar.

Selain Tongkonan yang digunakan sebagai makan Ne’ Gandeng, di tempat ini terdapat beberapa tongkonan lain. Kesemuanya ditata dengan sedemikian rupa, sehingga membentuk pola yang indah untuk dilihat. Pemandangan disini keren dan unik kan? Oleh karenanya, saat Travel Mates berkunjung ke museum ini, jangan lupa berfoto ya!

 

4. Batu Tumonga, Negri Di Atas Awan Yang Bisa Dikunjungi Ditengah Perjalanan WIsata Ke Tana Toraja

image source : flickr.com

Mencari pemandangan alam yang menakjubkan di Tana Toraja? Kalau begitu, Travel Mates harus mampir ke Batu Tumonga. Lokasinya yang berada di 1300 M di atas permukaan laut, membuat siapapun pasti terpesona kala melihat pemandaangan yang tersuguhkan di depan mata. Bahkan dari negri di atas awan ini, Anda juga dapat melihat indahnya pemandangan Kota Rantepao dari kejauhan loh!

Tidak perlu terburu-buru. Sebab, tak perlu menanti pagi untuk menikmati indahnya pemandangan dari sini. Karena, pemandangan saat sore hingga senja adalah momen yang paling tepat untuk menikmati keindahan pemandangan dari sini. Travel Mates yang penasaran, jangan lupa untuk menyempatkan diri berwisata kesini ya!

 

5. Wisata Kompleks Megalit Kalimbuang Bori, Batu Berdiri Sejak Zaman Sepeninggal Nenek Moyang

image source : ceritadisana

Di Kecamatan Sesean, para wisatawan dapat menjumpai Kompleks Megalit Kalimbuang Bori. Di kompleks ini, dapat ditemukan situs kuno Bori Parinding (Kuburan Batu) yang jumlahnya tidak sedikit. Selain itu, terdapat juga Rante (lapangan rumput luas), yang dijadikan tempat untuk melaksanakan pelaksanaan pemakaman.

Travel Mates ingin melihat Batu Menhir (batu berdiri) yang unik langsung di alam nya? Datang saja kesini yuk! Meskipun boleh dilihat-lihat oleh para wisatawan, Travel Mates tetap harus menghormati budaya penduduk setempat ya. Sebab, batu ini adalah bukti penghormatan terhadap tetua adat serta bangsawan yang telah berpulang  ratusan tahun silam. Walau demikian, tetap boleh berfoto kok!

 

6. Ranteallo, Tempat Wisata Yang Sering Dijadikan Titik Awal Sebelum Melanjutkan Penjelajahan Wisata Ke Tana Toraja

image source : festivaljalanjalan

Tempat wisata yang satu ini terkenal dengan pemandangan indahnya. Disini, terdapat sejumlah rumah adat Tana Toraja yang saling berhadapan, dibangun dengan ukuran yang kembar, dan tertata dengan cukup cantik.

Perpaduan antara rumah-rumah tadi dengan lingkungan sekitar yang masih hijau, membuat siapapun ingin mengabadikan gambar kala berkunjung ke desa wisata ini. Saat Travel Mates datang kesini di momen liburan nanti, jangan lupa untuk membawa kamera kesayangan ya!

 

7. Air Terjun Kalean, Air Terjun Dengan 7 Tingkatan Dengan Beda Ketinggian

image source : gotravelly

Di Tana Toraja, terdapat beberapa air terjun unik yang menarik untuk didatangi oleh wisatawan. Salah satunya, adalah Air Terjun Kaliyan yang berada di desa Kalean, Marintang Simbuang, Kecamatan Mengkedek, Toraja.

Air terjun yang satu ini, bukan air terjun biasa. Ia memiliki 7 tingkatan, yang tiap tingkatnya memiliki ketinggian yang berbeda. Meskipun begitu, air yang dialirkan tetaplah sejuk, jernih, dan bersih. Benar-benar air terjun yang mantap deh untuk melepas penat!

 

8. Wisata Ollon, Bukit Wisata Yang Ramah Untuk Para Pecinta Kemah Dikala Menikmati Momen Wisata Ke Tana Toraja

image source : kompasiana

Di Desa Bau, Bonggakaradeng, terdapat Ollon yang dapat dijadikan opsi alternative untuk Travel Mates yang ingin menghabiskan akhir pekan di Tana Toraja. Ollon sendiri merupakan sebuah bukit wisata yang luas, dan dapat dipakai untuk berkemah.

Pemandangan yang hijau dan udara yang segar, pasti akan membuat Anda menjadi lebih bugar. Selain itu, tempat ini juga memiliki banyak spot foto loh! Ingin foto prewed disini? Boleh-boleh saja!

 

Oke Travel Mates, itulah tadi ulasan singkat tentang 8 Rekomendasi wisata ke Tana Toraja. Semoga artikel dari H.I.S Travel Indonesia tadi bisa membawa manfaat ya! Terimakasih telah menyimak artikel ini hingga usai, sampai jumpa lagi di postingan yang selanjutnya!

Sebarkan Artikel