9 Makanan Khas Korea Selatan Yang Nikmat Untuk Dicoba
03-06-2019
HIS Travel
9 Makanan Khas Korea Selatan Yang Nikmat Untuk Dicoba
Food
Sebarkan Artikel

Bingung mencari kuliner di Korea Selatan yang cocok dengan lidah kamu? Pada artikel kali ini, H.I.S Travel Indonesia memberikan pilihan 9 Makanan Khas Korea Selatan yang nikmat untuk dicoba dan paling recommended. Daftar makanan di bawah ini cenderung populer di kalangan masyarakat Korea Selatan, bahkan banyak turis yang bersedia untuk mencari dan mencicipinya secara langsung.

 

1. Kimchi, Makanan Khas Korea Selatan Yang Paling Utama!

image source : https://flic.krpaaxgbh/

Makanan ini terbuat dari sayuran yang difermentasi dengan bumbu-bumbu khusus yang menimbulkan cita rasa asam dan pedas, tercermin dari tampilannya yang berwarna merah segar. Lobak, sawi putih, timun, dan masih banyak sayuran lainnya yang biasa digunakan untuk membuat kimchi segar ini.

Kimchi juga kerap menjadi makanan pendamping dari makanan utama atau sebagai bahan campuran untuk membuat menu makanan lainnya, seperti nasi goreng, pancake, hingga sup. Oleh karena itu, kimchi siap saji sudah bisa kamu temukan di minimarket Korea sekitar kamu.

Memang tidak banyak pendatang yang menyukai kimchi karena menganggap rasa asam dan pedas dari kimchi tidak cocok dengan lidah mereka, bahkan ada yang mengatakan rasanya aneh seperti basi. Namun, Travel Mates harus mencobanya terlebih dahulu secara langsung untuk membuktikan rasa sebenarnya.

 

2. Ramyeon, Sajian Mie Yang Mudah Untuk Dicari Dimanapun!

image source : https://flic.kr/p/27idifq

Ramyeon adalah mie instan versi Korea. Jika kamu pergi ke Jepang, namanya berganti menjadi ramen. Setiap negara memiliki ciri khas masing-masing, termasuk rasa mie instan. Di Korea, kuah ramyeon cenderung kental dan pedas. Biasanya orang Korea memasukkan berbagai bahan makanan lain ke dalam ramyeon seperti kimchi, bakso ikan (eomuk), sosis, daging, bahkan telur setengah matang.

Makanan ini sering disajikan langsung di dalam panci dalam keadaan panas, sangat berbeda dengan orang Indonesia yang biasa menyajikan mie instan di mangkuk atau piring. Ramyeon juga banyak dipasarkan dan mudah ditemukan di minimarket Korea dalam bentuk cup. Jadi, kapanpun Travel Mates menginginkannya, ramyeon bisa langsung dinikmati dalam sekejap.

 

3. Japchae, Makanan Yang Kadang Terpelesetkan Menjadi Capcay Oleh Orang Indonesia

image source : https://flic.kr/p/eTqFyo/

Mungkin saat kamu mendengar nama japchae pertama kali di Korea, yang terpikirkan adalah capcay seperti yang ada di Indonesia. Memang pelafalannya mirip tapi tetap saja ada perbedaannya. Kamu yang berpikir seperti itu tidak sepenuhnya salah kok karena japchae di Korea juga menggunakan banyak sayuran di dalamnya.

Di Korea Selatan, kamu akan menemukan mie mirip bihun (tapi lebih tebal dan kenyal) di dalam japchae. Tampilannya lebih mirip bihun goreng yang biasa disajikan di Indonesia, sama-sama menggunakan kecap sehingga rasanya cenderung manis dan gurih.

 

4. Kimbap, Si Nasi Gulung Yang Menggoda Selera!

image source : https://flic.kr/p/baGScn

Jika di Jepang kamu kenal dengan yang namanya sushi, maka di Korea kamu akan menemukan kimbap. Bedanya, di dalam lembaran rumput laut (kim/gim) terdapat nasi (bap) yang digulung dengan isian sayur-sayuran matang dan potongan telur, daging, atau ikan matang.

Kimbap biasa disajikan dalam bentuk bulat dan juga segitiga, sehingga menampilkan isian yang penuh dan terlihat mengenyangkan. Selain lezat, isian kimbap juga cenderung lebih sehat dan aman dimakan dalam jumlah banyak karena bahan-bahan yang digunakan semuanya matang.

 

5. Bibimbap, Panganan Nasi Hangat Yang Disenangi Oleh Banyak Orang!

image source : https://flic.kr/p/6yuXNu/

Bibimbap, yang berarti nasi campur ala Korea, terbuat dari nasi putih dan berbagai macam sayuran yang kemudian diaduk menjadi satu (dicampur) dengan saus khas untuk bibimbap. Travel mates juga bisa menambahkan topping tambahan yaitu telur mentah atau setengah matang di atasnya jika suka, kemudian diaduk sampai tercampur rata.

Bibimbap disajikan di atas hotplate sehingga ketika diaduk dan disantap masih terasa hangat dan nikmat. Sensasi memakan bibimbap sangatlah unik karena kamu bisa menemukan berbagai tekstur yang berbeda ketika mengunyahnya, rasanya juga sangat pas karena saus khas bibimbap yang tercampur rata.

 

6. Jjajangmyeon, Makanan Khas Korea Selatan Berbahan Dasar Mie Yang Wajib Dicoba!

image source : https://flic.kr/p/e3YPQ5/

Korea Selatan memiliki banyak jenis mie yang unik. Mulai dari yang tipis hingga tebal dan kenyal. Jjajangmyeon adalah salah satu Makanan Khas Korea Selatan yang Wajib Dicoba! Bahan utamanya yaitu mie tebal dengan campuran saus kedelai hitam, bawang bombay, sayuran, dan potongan daging (atau seafood). Air kaldu biasanya ditambahkan di dalam saus untuk mengurangi rasa asin dari pasta kacang kedelai, sehingga cita rasanya cenderung gurih (bukan manis).

Jjajangmyeon selalu disajikan dengan acar lobak (danmuji). Sebelum melahapnya, kamu harus mengaduknya terlebih dulu sampai mie tercampur rata dengan sausnya. Mungkin ketika melakukan hal ini, kamu akan teringat mie ayam yang kamu makan di Indonesia.

 

7. Mencari Sup Segar? Miyeok Guk Adalah Pilihannya!

image source : https://flic.kr/p/25JuS8m/

Salah satu Makanan Khas Korea Selatan yang Wajib Dicoba ini sangat menyegarkan. Di Jepang, rumput laut juga kerap digunakan sebagai bahan pembuatan sup. Namun, untuk bumbu dan cita rasa jelas berbeda antara Jepang dan Korea.

Rumput laut yang sudah lunak (setelah direndam air) dimasukkan ke dalam air kaldu ikan atau sapi, lalu dimasukkan beberapa bahan utama seperti minyak wijen, bawang putih, dan yang lainnya. Di dalam miyeok guk biasanya ada tambahan bahan lain sesuai selera, misalnya tofu atau potongan daging.

 

8. Tteok, Makanan Khas Korea Selatan Yang Jenisnya Mencapai Ratusan!

image source : https://www.koreanbapsang.com/

Sebutan tteok mungkin tidak terdengar asing bagi kamu yang sering mengunjungi restoran Korea di Indonesia. Tteok terbuat dari tepung beras ketan yang dimasak dengan berbagai cara, bisa dikukus, digoreng, atau direbus. Di negara ini, kue beras (tteok) identik dengan perayaan tahun baru Korea, perayaan pesta, hingga hari Chuseok (Thanksgiving). Biasanya tteok untuk perayaan tersebut memiliki rasa manis dengan isian bermacam-macam.

Namun, perlu diketahui, banyak sekali jenis tteok yang ada di Korea bahkan sampai ratusan jumlahnya. Penyajiannya pun berbeda-beda. Seperti tteokpokki, kue beras yang disajikan dengan kuah merah pedas sebagai jajanan pasar yang bisa ditemukan di manapun di Korea Selatan. Travel Mates harus merasakan berbagai jenis tteok yang ada di Korea Selatan, jangan lupa membawanya sebagai buah tangan!

 

9. Sannakji, Salah Satu Dari 9 Makanan Khas Korea Selatan Yang Nikmat Untuk Dicoba!

image source : https://kumparan.com/

Pernah melihat gurita berenang? Kamu pasti akan terkejut begitu melihat potongan-potongan kecil kaki gurita yang menggeliat di atas piring dan menunggu untuk kamu santap secepatnya. Makanan Khas Korea Selatan yang Wajib Dicoba ini terbilang sangat unik. Tidak hanya ikan mentah, gurita mentah bahkan gurita hidup tersedia dalam jumlah yang banyak loh!

Selain dipotong menjadi beberapa bagian kecil, sannakji juga bisa disajikan secara utuh. Biasanya disajikan bersamaan dengan mie kuah dingin yang kemudian disiram dengan minyak wijen. Sensasi kaki gurita yang menggeliat dan menempel di langit-langit mulut saat disantap, pasti akan menjadi pengalaman menikmati kuliner yang tak terlupakan. Bagi kamu yang tidak sanggup membayangkan apalagi memakannya, jangan coba-coba ya!

 

Itulah 9 Makanan Khas Korea Selatan Yang Nikmat Untuk Dicoba saat Travel Mates berkunjung ke sana. Sebenarnya masih banyak lagi makanan di Korea Selatan yang unik dan menarik, mau tahu? Yuk, kunjungi Korea Selatan bersama H.I.S Travel Indonesia menggunakan paket tour yang ada! Travelling pasti jadi menyenangkan!

Sebarkan Artikel