Okayama Trip
05-10-2015
HIS Travel
Okayama Trip
City Travel
Sebarkan Artikel

Prefektur Okayama yang beribukota Okayama terletak di wilayah Chugoku, berdampingan dengan Prefektur Hiroshima, Totti dan Hyogo. Prefektur Okayama merupakan wilayah dengan curah hujan terendah di Jepang sehingga selalu disebut “negeri selalu cerah” (Hare no Kuni).

Prefektur ini adalah tempat terjadinya legenda Momotaro, juga terkenal dengan buah peach dan kibidango (sejenis onde).  Di Okayama terdapat berbagai tempat bersejarah termasuk benteng Okayama dan banyak juga tempat-tempat yang berhubungan dengan legenda Momotaro. Meskipun namanya tidak setenar Tokyo dan Osaka, kota ini ternyata menyimpan banyak tempat wisata yang tak kalah unik dan menarik dibandingkan dengan kota-kota lainnya.

Tempat-tempat yang dapat kamu kunjungi

  • Taman Korakuen Okayama

Taman Korakuen merupakan salah satu objek wisata yang paling utama di Okayama. Taman yang penuh dengan bunga-bunga sepanjang tahun ini merupakan mahakrya yang diciptakan pada tahun 1.700 oleh penguasa feodal pada masa itu, yaitu klan Okayama dan membutuhkan waktu sekitar 14 tahun untuk menyelesaikannya.

  • Kastil Tsuyama

Kastil Tsuyama terletak di kota Tsuyama, daerah Okayama. Kastil dibangun di atas bukit pada sekitar abad ke-14. Kastil Tsuyama dibangun oleh Klan Yamana, namun kastil tersebut ditinggalkan ketika masa Sengoku. Baru pada tahun 1603, Mori Tadamasa menjadi pemilik kastil dan membangun kastil tersebut dan menjadikannya sebagai salah satu kastil terbesar pada masa itu.

Saat ini masih banyak sisa peninggalan dari Kastil Tsuyama yang bisa kamu nikmati. Berada di Kastil Tsuyama akan membuatmu terpaku dengan pemandangan kota Tsuyama yang bisa kamu lihat. Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat musim semi, di mana kamu bisa menikmati hanami di Taman Tsuruyama yang merupakan bagian dari kastil Tsuyama.

  • Benteng Okayama

Benteng yang merupakan simbol dari Okayama ini dikenal juga dengan sebutan Benteng Gagak (Karasu Shiro) karena catnya yang hitam. Pemandangan benteng Okayama yang indah bisa dilihat dari taman Kourakuen. Menara bentengnya memang sudah hancur akibat serangan udara saat perang Pasifik tetapi setelah direstorasi penampilan luarnya diusahakan tetap sama dengan sebelumnya.

  • Kuil Kibitsu

Kuil Kibitsu merupakan salah satu kuil tertua di Jepang dan merupakan kuil utama di daerah Bizen. Kuil ini dimaksudkan sebagai tempat pemujaan arwah Kibitsubiko no mikoto, seorang pangeran dari Kaisar Korei. Beliau sangat dicintai negara dan rakyatnya sehingga dibangunlah sebuah kuil di bekas tempat kediaman beliau di Kibinakayama. Keadaan kuil bersejarah ini sangat tenang, dan selalu diselenggarakan Yabusame di setiap festival musim gugurnya.

  • Kinojou

Kinojou dibangun sekitar abad ke-7 oleh seorang pangeran atau Ura dari kerajaan kuno Korea yang datang ke Kibikoku. Ura yang menguasai Kibikoku kemudian membangun benteng untuk melakukan hal-hal yang buruk pada warga sehingga membuat warga takut dan timbullah sebutan Kinojou (benteng setan). Orang-orang kemudian datang ke kerajaan dan meminta penangkapan Ura dan dikirimlah Kibitsubiko no mikoto. Kibitsubiko berhasil membunuh Ura dan menguasai Kibikoku. Kisah tersebut menjadi dasar dari legenda Momotaro yang banyak diceritakan orang.

  • Kawasan Bersejarah Bikan

Kawasan Bersejarah Bikan ditetapkan sebagai National Historic Building Preservation Area dan merupakan lokasi wisata populer. Kawasan ini berada di Kurashiki, yang terletak sekitar 15 menit jika menggunakan kereta api dari Okayama. Kurashiki Bikan Area adalah tempat wisata yang sangat populer dan berkarakter unik karena memiliki campuran budaya Jepang kuno dan modernisme barat. Di sini kamu bisa berjalan-jalan ke Kanal Sungai Kurashiki-Gawa menjadi salah satu lokasi wisata terpopuler. Kamu juga bisa mengikuti short tour dengan menyusuri sungai di atas perahu tradisional Jepang dan memandangi rangkaian gedung-gedung tua.

  • Bisei

Bisei merupakan kota yang berlokasi di Distrik Oda, Prefektur Okayama. Bisei terkenal dengan observatoriumnya yang bernama “Bisei Astronomical Observatory” yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat bintang. Tidak hanya itu, Bisei juga menyuguhkan hal-hal lainnya yang pasti tidak akan membuatmu bosan ketika berada di sana. Kamu bisa mencoba belajar Izomei (pencelupan kain tekstil tradisional) atau mencoba bertani.

  • Museum Ohara

Museum Seni Ohara dibangun pada tahun 1930 dan memperbanyak koleksi asli lukisan Barat dan patung setelah perang. Salah satu yang menjadi daya tarik dari museum ini adalah dipamerkannya koleksi dari Magozaburou Ohara, seorang pengusaha di Kurashiki dan juga karya dari Seniman lukisan Barat, Torajiro Kojima.

  • Ushimado

Ushimado adalah salah satu lokasi terbaik untuk melepas penat dan bersantai. Ushimado yang berada di pesisir pantai yang indah dengan resort, pelabuhan dan alam yang layak untuk dieksplorasi seakan-akan menjadi obat mujarab bagi stress yang telah menggunung.

Di Ushimado terdapat sekitar 400 kapal pesiar dengan warna beragam yang tak hanya sebagai alat transportasi, memandangi kapal-kapal tersebut berlayar dari pesisir pantai juga dijamin akan memanjakan matamu. Selain terdapat ratusan kapal pesiar, di Ushimado juga terdapat banyak pohon zaitun. Kamu bisa menemukan berbagai produk olahan zaitun yang merupakan salah satu souvenir utama Ushimado. Selain itu juga ada boneka Karako. Jangan bilang kamu sudah pergi ke Ushimado kalau belum mengoleksi boneka Karako.

Sebarkan Artikel