Akses Transportasi Ke Masjid Kobe Jepang Menggunakan JR West
16-05-2018
HIS Travel
Akses Transportasi Ke Masjid Kobe Jepang Menggunakan JR West
Jepang
Sebarkan Artikel

Kobe merupakan kota pelabuhan yang menjadi rumah bagi masjid tertua di Jepang (Masjid Kobe), dan memiliki peran penting dalam sejarah perkembangan komunitas muslim di sana. Bahkan, banyak masyarakat muslim di seluruh dunia yang berkunjung ke Kobe untuk melakukan wisata religi. Tidak heran jika popularitas Kobe akan terus bertambah, terutama dengan keberadaan Masjid Kobe.

Masjid Kobe sendiri didirikan pada tahun 1935 di Kobe dan menjadi masjid pertama di Jepang. Pembangunannya didanai oleh sumbangan yang dikumpulkan oleh Komite Islam Kobe dari tahun 1928 hingga pembukaannya pada tahun 1935. Namun, masjid tersebut disita oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada tahun 1943, tetapi dibuka kembali dan hingga sekarang aktif digunakan sebagai masjid.

 

Saat ini Masjid Kobe dikenal karena merupakan satu-satunya bangunan yang tidak hancur meskipun dihantam oleh bom dan gempa. Pada tahun 1945 saat terjadi Perang Dunia II, Kobe menerima serangan bom lewat udara yang menyebabkan Kobe rata dengan tanah. Ketika hampir semua bangunan rata dengan tanah, Masjid Kobe masih tetap berdiri tegak dan hanya mengalami sedikit kerusakan.


Image source : vienmuhadi.com

 

Berikutnya pada tahun 1995, ketika terjadi bencana gempa bumi Hanshin yang berkekuatan 7.3 skala richter mengguncang kota Kobe. Gempa tersebut meratakan ratusan ribu bangunan dan menelan ribuan korban jiwa. Untuk yang kedua kalinya Masjid Kobe menjadi satu-satunya bangunan yang masih berdiri kokoh di antara puing-puing bangunan sekitarnya.

 

Menilik pada bagian eksterior, Masjid Kobe terlihat seperti menara tradisional kuno perpaduan antara Timur Tengah dan Eropa. Sedangkan pada bagian interiornya tetap terlihat  indah, dengan dinding marmer putih dan lukisan emasnya. Masjid ini dibangun dalam gaya tradisional Turki oleh arsitek Ceko Jan Josef Švagr yang juga dikenal karena telah membangun beberapa bangunan keagamaan lainnya di Jepang.

Image source : thousandwonders.net

 

Jika kamu tertarik dengan situs sejarah, masjid, atau ingin belajar tentang budaya yang berbeda maka kamu harus mengunjungi Masjid Kobe. Masjid ini bisa kamu jangkau secara mudah menggunakan kereta. Beruntungnya, sistem kereta di Kobe jauh lebih mudah daripada Osaka dan Kyoto sehingga tidak akan membuat kamu bingung. Sebagian besar objek wisata juga berada di pusat kota Kobe. Bahkan, banyak diantaranya yang dapat diakses dengan berjalan kaki dari stasiun secara langsung. Namun, memahami sistem kereta adalah kunci untuk menghemat waktu kamu di Kobe.

 

Untuk bepergian di daerah Kansai, khususnya Kobe, ada banyak jenis tiket terusan yang dapat kamu pilih, seperti ICOCA, Kansai Thru Pass, JR Pass, Hokoriku Arch Pass, dan masih banyak lagi. Setiap tiket terusan memiliki jalur dan moda transportasi yang berbeda. Kamu harus memahami sistem kereta mana yang dicakup oleh tiket terusan milik kamu. Jangan sampai kamu menghabiskan uang yang cukup banyak untuk membeli tiket terusan, tetapi tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Image source : toeuropeandbeyond.com

 

Mengingat Kobe berada di wilayah barat Jepang, kamu sebaiknya menggunakan akses transportasi JR Pass, terutama JR West yang biayanya akan lebih murah. Ada beberapa JR West yang dapat menjangkau wilayah Kobe seperti Kansai Area Pass, Kansai Wide Area Pass, Kansai – Hiroshima Area Pass, Sanyo – Sanin Area Pass, dan Kansai – Hokoriku Area Pass. Untuk harga dan rute dari masing-masing tiket tersuan tersebut berbeda- beda. Kamu bisa mengeceknya di situs HIS-Travel!

Image source : westjr.co.jp

Untuk sampai ke Masjid Kobe, stasiun terdekat adalah stasiun Sannomiya dengan jarak tempuh sekitar satu kilometer. Stasiun Sannomiya sendiri dapat diakses menggunakan tiket terusan JR West. Kamu bisa menggunakan kereta cepat atau kereta lokal untuk menuju ke stasiun Sannomiya dari beberapa kota besar lainnya di jepang seperti Osaka, Kyoto, Hiroshima, dan Tokyo.

Begitu tiba di stasiun Sannomiya, kamu bisa berjalan kaki menuju masjid Kobe karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Namun, bisa juga dijangkau dengan menggunakan taksi, atau bis yang menuju ke Kitano Meister Garden. Jika menggunakan taksi, biayanya sekitar Rp150000 - Rp190000 dan ditempuh selama 2 menit. Sedangkan jika menggunakan bis maka biayanya sekitar Rp 90000 dan ditempuh selama 10 menit.

Image source : wikimedia.org

Mengunjungi Masjid Kobe tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan muslim. Jika kamu tertarik untuk berwisata religi ke Kobe, H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S Travel Indonesia!

Informasi mengenai JR West Kansai - Hiroshima Area Pass Klik disini

 Top image source : awonderbug.wordpress.com

Sebarkan Artikel