Apa itu Japan Holiday Golden Week?
31-01-2020
HIS Travel
Apa itu Japan Holiday Golden Week?
People & Culture
Sebarkan Artikel

Jepang sudah sangat dikenal dengan kebiasaan mereka yang gila kerja alias workaholic. Hal tersebut sering kali membuat travel mates penasaran bagaimana sih mereka mencari waktu khusus untuk meliburkan diri dan menghidari kesibukan di kantor?

Nah, di Jepang juga memiliki waktu yang menjadi kebiasaan mereka untuk berlibur secara massal lho. Bisa dibilang, waktu libur mereka mirip seperti libur lebaran di Indonesia. Di Jepang, setiap tahun, mulai akhir April hingga awal Mei, terdapat berbagai hari libur nasional dalam tanggal yang berurutan. Tanggal tersebut adalah:

  • 29 April : Showa Day (Showa no Hi)
  • 3 Mei : Constitution Day (Kenpo Kinenbi)
  • 4 Mei : Greenery Day (Midori no Hi)
  • 5 Mei : Children’s Day (Kodomo no Hi)

Semuanya saling bersambung dan disebut sebagai Golden Week, yang berarti pekan emas atau kadang disebut juga libur panjang. Di tanggal itulah kebanyakan orang Jepang menggunakan pekan tersebut untuk berlibur, dan menjadikannya sebagai salah satu waktu liburan favorit bagi masyarakat Jepang.

image source : https://livejapan.com/

Selain menikmati libur panjang, Golden Week juga dihiasi dengan banyaknya festival (matsuri) yang digelar. Karena kebetulan Golden Week terjadi ketika musim panas berlangsung, yang selalu disandingkan dengan musim festival di Jepang.

Di musim liburan tersebut, Orang Jepang biasanya memanfaatkan liburan ini untuk pergi ke tempat-tempat wisata, menonton festival atau pulang ke kampung halaman mereka. Bahkan banyak dari mereka yang memilih berwisata ke luar negeri. Untuk mereka yang sedang malas bepergian ke tempat yang jauh dan ramai, biasanya akan lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan menonton di bioskop. Karena biasanya film-film terlaris akan diputar pada saat Golden Week ini.

image source : https://blog.gaijinpot.com/

Tetapi kalau travel mates ingin bepergian ke Jepang saat Golden Week, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini ya.

Pertama, Golden Week di Jepang itu bisa dibilang mirip dengan libur lebaran di Indonesia. Jadi pada musim libur tersebut, pesawat, kereta dan hotel menjadi full booked dengan harga yang relatif lebih mahal dari biasanya. Bahkan orang-orang akan lebih memilih untuk berwisata ke luar negeri, karena berlibur di dalam negeri justru akan memakan biaya yang cenderung lebih mahal. Kalau tetap ingin berwisata di Jepang selama Golden Week, jangan lupa untuk membooking berbagai keperluan berliburmu dari beberapa bulan sebelumnya ya.

image source : https://japanese-school-asahi.com/

Kedua, animo masyarakat di beberapa tempat wisata akan meningkat drastis. Belum lagi kemacetan yang akan kamu hadapi selama di perjalanan. Jadi kalau kamu yang tidak menyukai suasana yang ramai, mungkin mengunjungi Jepang pada Golden Week bukan pilihan yang tepat.

Tetapi sama seperti libur lebaran, yang meskipun kamu tahu di perjalanan pasti menjadi sangat lama dan melelahkan, serta harga transportasi publik dan hotel yang melambung tinggi tidak menghentikan semangat mereka untuk menikmati Golden Week bersama dengan orang-orang terdekat.

Kamu juga akan merasakan keistimewaan Golden Week di tempat-tempat biasa seperti di di Taman atau di departement store. Kamu juga akan mendapatkan kesempatan menarik karena sudut kota justru akan sepi karena penghuninya banyak yang bepergian. Gunakanlah kesempatan tersebut untuk mengeksplorasi berbagai sudut kota dengan lebih leluasa.

Sebarkan Artikel