Apa Itu Japan Rail Pass?
12-02-2019
HIS Travel
Apa Itu Japan Rail Pass?
Jepang
Sebarkan Artikel

Jepang adalah salah satu negara yang cukup populer di Asia, memiliki banyak keunikan dan keragaman membuat Jepang menjadi salah satu negara tujuan liburan yang cukup terkenal. Tiap tahunnya bahkan jumlah wisatawan dari mancanegara yang berlibur ke Negeri Sakura ini terus mengalami peningkatan. Travel mates ingin berlibur ke Jepang? Sudah memikirkan tentang transportasinya? Selama berlibur ke Jepang supaya mudah berpergian kemana-mana maka kita harus menggunakan Japan Rail Pass. Mungkin masih asing di telinga travel mates, tapi apa itu Japan Rail Pass? Simak ulasan menariknya di bawah ini!

Apa sih Japan Rail Pass itu?

Hasil gambar untuk japan rail pass

image source : The Whole World Is A Playground

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki transportasi umum kereta listrik yang sangat cepat. Jika pergi ke Negeri Sakura ini maka wajib untuk mencoba naik kereta-nya dan transportasi lainnya. Nah Apa sih JR Pass itu? JR Pass merupakan tiket khusus yang berlaku bagi para wisatawan mancanegara atau yang berasal dari luar negeri yang sedang berwisata atau mengunjungi Jepang. Namun untuk bisa menggunakan tiket Japan Rail Pass ada beberapa ketentuan. Bagi travel mates yang ingin liburan ke Jepang dan ingin menggunakan Japan Rail Pass maka ketahuilah terlebih dahulu ketentuannya di bawah ini :

  • Wisatawan asing sementara

Menurut undang-undang imigrasi Jepang, wisatawan yang dianggap wisatawan asing sementara adalah wisatawan yang memiliki status sebagai pengunjung sementara saja. Menurut peraturan, wisatawan asing sementara diperbolehkan untuk tinggal atau berada di Jepang selama 15 hari hingga 90 hari dengan tujuan wisata atau lain-lain. Untuk bisa mengakses JR Pass biasanya petugas imigrasi akan memberi cap ‘pengunjung sementara’ pada paspor travel mates dan setelah itu akan mendapatkan akses JR Pass.

  • Orang Jepang yang tinggal di luar negeri

Ketentuan kedua, wisatawan yang akan mendapatkan akses JR Pass adalah orang Jepang yang tinggal di luar negeri dan memenuhi syarat untuk tinggal secara permanen di luar negeri dan orang Jepang yang telah menikah dengan orang non Jepang yang kemudian tinggal di luar negeri.

Dimana kita bisa menggunakan Japan Rail Pass?

Gambar terkait

image source : matcha-jp.com

Nah setelah tahu beberapa ketentuan dari Japan Rail Pass, mungkin travel mates  banyak yang bertanya-tanya dimana kita bisa menggunakan Japan Rail Pass ini? Nah Japan Rail Pass ini bisa kita gunakan untuk kereta, bus, dan juga bahkan kapal feri. Untuk kereta sendiri semua kereta milik JR Group, kemudian Shinkansen “Bullet train”, kereta express, kereta limited express, dan juga kereta lokal. Kemudian untuk bus, yang bisa menggunakan Japan Rail Pass adalah jalur loka perusahaan JR Bus seperti (JR Hokkaido Bus, JR Tohoku Bus, JR Kanto Bus, JR Tokai Bus, JR West Japan Bus, JR Chugoku Bus, JR Shikoku Bus, JR Kyushu Bus) dan beberapa JR highway. Untuk kapal feri hanya melayani JR Miyajima saja.

Periode masa berlaku JR Pass

Hasil gambar untuk japan rail pass

image source : Japan Rail Pass

Lalu masa berlaku JR Pass kapan saja? Tentu travel mates harus mengetahuinya sehingga tidak sampai salah mengetahui masa berlakunya. Masa berlaku JR Pass adalah 7,14,21 hari terhitung sejak pertama kali travel mates menggunakannya. Jadi sebelumnya travel mates harus menentukan tanggal berapa ingin menggunakannya, dan ketika sudah menulis tanggalnya di tiket maka travel mates tak bisa menggantinya lagi ya! Sekarang sudah paham bukan bagaimana periode masa berlaku JR Pass?

Itu tadi infromasi yang bisa HIS Travel Indonesia berikan, jika ingin menggunakan JR Pass maka kami sarankan untuk membelinya di HIS Travel karena kami menyediakannya ya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Japan Rail Pass maka bisa klik link berikut ini ya. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat!

Sebarkan Artikel