aturan yang harus diketahui sebelum naik kereta di Jepang
21-07-2018
HIS Travel
aturan yang harus diketahui sebelum naik kereta di Jepang
Tips
Sebarkan Artikel

Jepang adalah salah satu negara di dunia yang amat memperhatikan transportasinya. Salah satu transportasi di Jepang yang memiliki banyak penggemar sampai hari ini adalah kereta. Kereta di Jepang memiliki banyak sekali kelebihan sehingga menjadi salah satu transportasi paling diminati, mulai dari kereta jepang yang cukup cepat, kemudian bersih, ramah, murah, dan banyak tujuan.

Jika Anda sebentar lagi akan pergi ke Jepang namun belum mengetahui mengenai transportasi kereta di Jepang maka perhatikanlah ulasan kami yang berikut ini. Pada kesempatan yang baik kali ini kami akan memberikan informasi mengenai aturan yang harus diketahui sebelum naik kereta di Jepang. Apa saja ya peraturannya? Simak ulasannya di bawah ini :

1. Dilarang merokok

source : Shizuoka Gourmet

Jika Anda adalah orang yang suka merokok dan merupakan perokok aktif maka sebelum berangkat menggunakan kereta maka sebaiknya merokok dulu di tempat yang diperbolehkan. Karena mungkin ketika kita sudah naik ke kereta maka kita tidak boleh merokok, di dalam gerbong kereta sendiri ada aturan untuk tidak merokok.

Hampir di seluruh bagian gerbong ada, bahkan di dalam kamar kecil yang ada di gerbong pun tidak boleh. Karena jika Anda merokok maka bisa menganggu penumpang yang lainnya dan selain itu juga bisa membuat timbulnya kebakaran di dalam gerbong kereta api. Jadi jangan melanggar aturan ini ya, jangan sampai Anda harus dipaksa keluar dari gerbong kereta api hanya karena ngotot untuk merokok padahal sudah ada aturan tertulis tentang larangan merokok.

2. Ketika sedang berjalan jangan main hp

Orang Jepang benar-benar orang yang disiplin dan cepat, seperti yang kita tahu banyak orang Jepang berjalan dengan tergesa-gesa karena mereka tak ingin datang terlambat ke tempat tujuannya. Karena memiliki mindset yang seperti itu biasanya mereka akan memilih berjalan tanpa main hp atau fokus pada hal yang lainnya karena itu bisa menganggu mereka dan orang lain yang ada di sekitar mereka.

Hal ini berlaku bagi Anda yang sedang berjalan juga. Selama berada di staisun terlebih di dalam gerbong kereta jangan sampai Anda berjalan sambil memainkan hp karena itu bisa sangat menganggu orang lain, terutama melakukan telepeon dengan sangat keras. Tak hanya di dalam stasiun dan juga kereta, biasanya larangan tak tertulis ini juga ada di beberapa tempat umum yang ada di Jepang. So, taatilah peraturan dan jangan sampai dicap sebagai orang aneh.

3. Hindari main ponsel dan telepon selama berada di dalam kereta

source : Japan GuideSmall

Aturan yang selanjutnya adalah hindarilah main ponsel atau hp selama berada di dalam gerbong kereta api. Janganlah main game, atau menonton video dengan volume yang keras dan bahkan jangan juga telepon di dalam kereta. Suara berisik yang dihasilkan itu bisa membuat orang yang ada di sekitar Anda menjadi merasa terganggu.

Mayoritas orang Jepang tidak menyukai hal yang seperti ini, bahkan mereka tidak saling bicara ketika berada di Gerbong. Jadi kami sarankan supaya Anda membuat mode silent di hp Anda sehingga ponsel tidak mengeluarkan suara yang menganggu orang lain. Jangan melanggar aturan yang satu ini jika tidak ingin dimarahi dan dianggap aneh oleh orang Jepang lokal ya.

4. Jangan makan dan minum di dalam kereta

aturan yang harus diketahui sebelum naik kereta di Jepang yang selanjutnya adalah jangan pernah makan dan juga minum di dalam kereta. Di dalam beberapa gerbong kereta api mungkin ada peraturan yang mana melarang Anda untuk makan dan minum di dalam gerbong.

Alasannya tentu saja sudah kita ketahui, mulai dari suara makan yang mungkin bisa menganggu orang lain, bau makanan yang menyengat dan mungkin saja tak disukai penumpang yang lain, dan mungkin juga bisa minuman itu kemungkinan akan tumpah dan membuat Anda dan penumpang di sekitar Anda menjadi tidak nyaman ya. Jadi untuk berjaga-jaga saja janganlah makan atau minum di dalam kereta ya.

Lebih baik Anda makan dan juga minum setelah turun dari kereta saja di tempat yang semestinya sehingga akan lebih aman.

5. Berikanlah tempat duduk Anda kepada orang yang lebih membutuhkan

source : abc.net.au

Mungkin aturan ini tidak tertulis di setiap kereta yang akan kita naiki. Namun sebagai manusia yang baik maka tentu saja kita harus peduli kepada sesama dan juga orang lain ya. Jika ada orang lain yang lebih membutuhkan tempat duduk maka Anda bisa memberikannya kepada mereka. Misalnya saja kepada anak kecil, orang yang lanjut usia, wanita hamil, orang yang sedang terluka sehingga membutuhkan tempat duduk, dan juga orang yang membawa barang bawaan yang berat.

Dengan begitu kita sama saja membantu orang lain di sekitar kita. Selain itu ketika duduk usahakan merapat dengan penumpang yang ada di sebelah Anda sehingga tempat duduk bisa berfungsi dengan maksimal sesuai.

Nah itu tadi beberapa aturan yang harus diketahui sebelum naik kereta di Jepang. Sekarang sudah mengerti kan aturan apa saja yang harus dilaksakanakan. Jika ingin pergi ke Jepang tanpa ribet maka Anda bisa bergabung bersama kami di H.I.S. Travel Indonesia.

Semoga artikel ini berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya!

Sebarkan Artikel