Mari Berkenalan Dengan Customs Declaration
26-10-2019
HIS Travel
Mari Berkenalan Dengan Customs Declaration
Tips
2
Sebarkan Artikel

Jika yang banyak kita tahu dokumen yang perlu disiapkan adalah paspor ataupun visa, ada lagi yang perlu Anda kenali yaitu Customs Declaration. Bagi Anda yang menyukai travelling ke luar negeri, mungkin sudah sering mendengar kata Customs Declaration. Bedanya, dokumen ini bukan kita yang menyiapkan, melainkan pihak yang bertanggung jawab di negara tujuan.

Nah sebenarnya, apa itu Customs Declaration? Untuk membantu Travel Mates dalam memahami tentang Customs Declaration tadi, H.I.S Travel Indonesia sudah menyiapkan rangkuman nya. Yuk disimak bersama-sama! Selamat menyimak Travel Mates!

 

 

image source : https://images.squarespace-cdn.com/

Customs Declarations atau yang biasa disebut dengan CD merupakan sebuah dokumen yang akan mencatat barang-barang yang Anda bawa dari negara asal. Tujuan adanya dokumen ini adalah agar pihak pabean dapat memonitor barang yang Anda bawa dan membantu pemerintah dalam mengidentifikasi barang-barang yang tidak diterima di negara tujuan, misal narkotika, obat-obatan terlarang, serta barang ilegal lainnya. Selain itu, barang Anda juga akan diperiksa apakah bisa dikenakan bea pajak atau tidak.

Peraturan lama menyebutkan, barang bawaan Anda masih dinyatakan aman jika bernilai di bawah USD 250 per orang atau USD 1000 per keluarga. Jika bernilai diatas itu maka barang yang Anda bawa akan dikenakan pajak karena dianggap akan dijual lagi (bukan oleh-oleh). Namun untuk peraturan baru, batas aman ialah maksimal USD 500 per orang tanpa batasan keluarga seperti peraturan sebelumnya.

Kemudian, jika Anda tertangkap membawa barang terlarang atau barang yang melebihi jumlah batas tanpa melapor sebelumnya, maka Anda dapat dikenakan denda juga bisa diancam hukuman penjara. Jika Anda membawa barang melebihi jumlah batas untuk diperdagangkan kembali tanpa membayar pajak maka Anda akan dikenai sanksi administrasi. Lalu jika Anda membawa barang-barang terlarang maka akan dikenai hukuman berat.

Selain memperhatikan barang bawaan, Travel Mates juga harus memperhatikan jumlah nominal uang yang dibawa. Uang senilai Rp100.000.000,- (Seratus juta rupiah) atau yang setara dalam mata uang lain, wajib dilaporkan kepada petugas Bea Cukai dan cantumkan juga di lembar Customs Declaration. Jika Anda mengisi dokumen dengan benar, semua pasti akan berjalan dengan lancar.

Lalu, dimana Anda dapat mengisi Customs Declararion? Dimana Anda bisa mendapatkan dokumennya? Dokumen ini akan dibagikan oleh kru pesawat ketika pesawat Anda landing. Selain itu Anda juga bisa mengisinya di bagian imigrasi. Tidak hanya berlaku di Indonesia, dimanapun negara tujuan Anda, maka Anda diwajibkan untuk mengisi Customs Declaration ini. Baik ketika Anda pergi mengunjungi suatu negara, ataupun pulang ke Indonesia, Anda tetap harus mengisi Customs Declaration.

 

 

image source : https://pbs.twimg.com/

Dokumen Customs Declaration ini, di Indonesia terdiri dari 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Cara mengisi dokumen ini sangatlah mudah. Pastikan Anda mengisinya dengan benar! Anda cukup mengisi beberapa poin mengenai biodata diri, lalu mencentang kotak “Ya” atau “Tidak” serta tanda tangan. Jika Anda datang bersama keluarga, maka cukup mengisi 1 dokumen saja, tidak perlu masing-masing orang mengisi 1 dokumen. Berikut adalah kolom yang harus Anda isikan.

1. Full Name/Nama Lengkap

Isikan dengan nama lengkap sesuai paspor.

2. Date of Birth/Kelahiran

Isikan tanggal, bulan dan tahun kelahiran sesuai paspor.

3. Occupation/Pekerjaan

Isikan dengan pekerjaan Anda.

4. Nationality/Kebangsaan

Isikan sesuai dengan kewarganegaraan.

5. Passport Number/Nomor Paspor

Isikan sesuai paspor yang Anda miliki

6. Address in Indonesia/Alamat di Indonesia)

Isikan alamat lengkap Anda di Indonesia

7. Flight or Voyage number/Nomor Penerbangan atau Pelayaran

Isikan nomor penerbangan atau pelayaran Anda

8. Date of Arrival/Kedatangan

Isikan dengan lengkap tanggal kapan Anda tiba di negara tujuan

9. Number of family members traveling with you (only for Passenger)/Jumlah keluarga yang bepergian bersama (untuk penumpang)

Isikan sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang Anda bawa. Misal, hanya bersama pasangan (suami/istri) isikan 1 saja, jika membawa anak/saudara (misal 2) maka isi 2 saja. Karena Anda tidak termasuk dalam hitungan.

10.a. Number of accompanied baggage/Jumlah bagasi yang dibawa

Isikan dengan jumlah bagasi yang Anda bawa di pesawat yang sama.

b. Number of accompanied baggage (if any and see the reverse side of this form)/ Jumlah Bagasi Yang Datang Tidak Bersamaan (Jika Ada Dan Baca Halaman Belakang) 

Isikan dengan jumlah bagasi yang Anda kirim menggunakan jasa kargo.

11. I am (We are) bringing/Saya (kami) membawa

Pada kolom ini Anda tinggal memberi tanda centang sesuai dengan jawaban Anda. Jika Anda menjawab “Ya”, maka uraikan jawaban Anda di halaman belakang dan silakan menuju Jalur Merah, apabila Anda menjawab “Tidak” maka silakan menuju Jalur Hijau.

Sebelum Anda mengembalikannya kepada petugas, pastikan Anda mengisi semuanya dengan benar dan sesuai dengan kenyatannya. Setelah yakin, barulah tambahkan tanda tangan di bagian kiri bawah (di atas tulisan “Signature atau Tanda Tangan ) dan isikan lagi tanggal di bagian kanan bawah (di atas tulisan “Date (Day/Month/Year) atau Tanggal (Tgl/Bulan/Tahun)”). Kemudian serahkan lembar Customs Declaration kepada petugas sebelum Anda meninggalkan bandara.

 

Nah, itu tadi informasi terkait Customs Declaration. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Dan tak lelah kami ingatkan, isikan semua informasi dengan baik dan benar demi keamanan dan kenyamanan Travel Mates dalam menikmati liburan. Masih ada yang ingin Anda ketahui mengenai hal lain terkait travelling? Jangan ragu untuk menghubungi H.I.S Travel Indonesia ya! Kami selalu siap membantu segala persiapan travelling Anda!

2
Sebarkan Artikel