Jangan Kaget! Ini Yang Akan Ditemui Ketika Bulan Puasa di Korea Selatan
01-06-2018
HIS Travel
Jangan Kaget! Ini Yang Akan Ditemui Ketika Bulan Puasa di Korea Selatan
Tips
Sebarkan Artikel

Puasa di negara sendiri bisa dikatakan sebagai suatu kemudahan karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Namun, bagaimana bila Anda berkesempatan menjalani puasa di negara minoritas muslim seperti di Korea Selatan? Tentu ada tantangan dan kesulitan tersendiri. Meskipun sedang berlibur di negeri girlband dan boyband KPOP, puasa tetap harus jalan juga, ya traveler!

Setidaknya ada beberapa hal yang akan ditemui ketika Bulan Puasa di Korea Selatan. Supaya wisatawan muslim tak kaget dengan suasana Bulan Romadhon di Korea Selatan, maka simak terlebih dahulu yuk, rangkuman H.I.S Travel ini! Berikut Beberapa Hal Yang Akan Ditemui Ketika Bulan Puasa di Korea Selatan :

 

1. Suasana Masjid Yang Ramai Ketika Sedang Bulan Puasa di Korea Selatan


Image source : http://salamkorea.com/

Islam merupakan agama minoritas di negeri ginseng. Pada bulan selain ramadhan, biasanya tempat ibadah selain masjid ramai dikunjungi masyarakat. Namun, ketika Ramadhan tiba, masjid menjadi ramai baik oleh muslim maupun non muslim yang hendak mengetahui agama Islam. Masjid yang ramai dikunjungi adalah Central Seoul, Itaewon.

Tak usah takut tidak menemukan tempat berbuka puasa. Masjid Central Seoul menyiapkan tajil untuk yang berpuasa. Buka puasa bersama di masjid bisa terasa seperti buka bersama keluarga, loh bagi yang rindu tanah air. Makanan berbuka yang tersedia pun berasal dari berbagai macam negara. Hal ini dikarenakan kebanyakan muslim di Korea Selatan adalah pendatang. Wah, siap-siap perut kenyang deh!

 

2. Tahan Nafsu! Tempat Makan Tetap Buka Selama Bulan Puasa di Korea Selatan.


Image source : http://korea.panduanwisata.id/

Jika rumah makan di negara mayoritas muslim seperti Indonesia akan tutup sepanjang puasa, lain halnya dengan Korea Selatan yang tetap membuka rumah makan seperti hari-hari biasa. Jika Anda menemukan pemandangan seperti itu, maka jangan kaget, ya! Anda tetap harus menahan diri dari makan dan minum jika tak ada hambatan apapun.

Berkesempatan menjalani Bulan Puasa di Korea Selatan mengharuskan para wisatawan yang memeluk agama Islam belajar untuk menahan diri dari tempat-tempat yang menjajakan makanan.

Berhubung di Korea Selatan orang yang menjalankan ibadah puasa masih bisa dihitung jari, maka tempat makan umum tetap buka  seperti biasa. Hal itu disebabkan Bulan Puasa di Korea Selatan masih terbilang awam bagi penduduk negara ginseng. Meskipun begitu, hal ini bukanlah penghalang bagi turis muslim untuk berpuasa. Perbanyak sabar, maka pahala berlipat ganda akan datang kepada traveler muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa ketika di negri Korea Selatan. 

 

3. Tetap Semangat Karena Aktivitas Tetap Berjalan Meskipun Sedang Puasa. Jangan Lemas!


Image source : http://www.express.co.uk/

Meskipun sedang memasuki bulan penuh ampunan, di Korea Selatan tetap tak ada perbedaan waktu dalam beraktivitas. Bulan Puasa di Korea Selatan memang penuh dengan tantangan dan rintangan, maka Anda harus lebih bersabar. Jika bersabar, maka pahala yang datang akan berlipat ganda. Perbedaan suasana berpuasa jangan sampai menyurutkan semangat berjalan-jalan sekaligus beribadah kepada Allah tuhan semesta alam ya!

 

4. Jangan Lupa Awali Berbuka Dengan Yang Manis Seperti Kurma dari Supermarket Korea Selatan.


Image source : http://www.industry.co.id

Meskipun masih banyak orang Korea Selatan yang awam dengan puasa, namun supermarket di sana mengetahui apa yang dibutuhkan oleh orang yang menjalankan ibadah puasa. Ketika hawa ramadhan sudah dekat, jajanan seperti kurma akan menghiasi sudut-sudut rak supermarket.

Harganya memang bervariasi sesuai dengan jenis kurma yang dipajang. Meskipun kesemua produk kurma tersebut dipajang di rak swalayan, lakukan pemeriksaan ulang dahulu ya sebelum membeli! Pastikan kurma tersebut masih terlihat enak, seperti kurma-kurma lain pada umumnya. Agar Anda juga tidak merugi kan?

 

5. Bulan Puasa di Korea Selatan Bertepatan Dengan Musim Panas. Jangan Lupa Cek Suhu Udaranya Sebelum Beraktivitas!


Image source : https://www.brilio.net/

Bulan Puasa di Korea Selatan beberapa tahun belakangan selalu bertepatan dengan momen musim panas. Musim tersebut adalah waktu di mana matahari bersinar lebih panjang. Jika sudah begitu, maka waktu tenggelamnya matahari di Korea Selatan lebih lama dibandingkan Indonesia sehingga menyebabkan durasi Puasa di Korea Selatan lebih panjang, yakni sekitar 17 jam lamanya.

Musim panas identik dengan keadaan suhu yang lebih panas dan lembab, maka sebelum beraktivitas alangkah lebih baiknya cek suhu terlebih dahulu selama musim panas.

Hal tersebut tentu berguna agar pengunjung muslim bisa menyiapkan energi yang lebih banyak untuk memulai kegiatan setelah sahur. Ketika sahur, usahakan lah untuk minum air putih yang banyak agar tidak terlalu lemas. Dengan begini, semoga ibadah puasa traveler di Korea Selatan tetap lancar ya!

Meskipun sedang menjajakan diri dengan hiburan negeri Oppa, namun kalau sudah waktunya puasa, sebisa mungkin tetap harus berpuasa, ya! Jangan jadikan momen kunjungan ini sebagai alasan untuk meninggalkan ibadah yang mulia ini!

Justru, di momen inilah kita sedang diuji, dengan nikmat peluang berpuasa di luar negri yang umat muslimnya tergolong minoritas. Ini tentu dapat melatih kesabaran diri. Bahkan, menjalani Bulan Puasa di Korea Selatan bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan loh!

 

Nah, itu dia beberapa hal yang akan ditemui ketika Bulan Puasa di Korea Selatan. Rangkuman H.I.S Travel ini bisa menjadi panduan untuk wisatawan muslim yang waktu berliburnya bertepatan dengan Bulan Ramadhan. Pasti sudah siap dong berpuasa di sana jika mendapat kesempatan? Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan selamat menunaikan ibadah puasa!

Top image source : http://salamkorea.com/

Sebarkan Artikel