Cara Asyik Makan Soba Mie dan Udon di Minimarket Jepang
07-04-2020
HIS Travel
Cara Asyik Makan Soba Mie dan Udon di Minimarket Jepang
Jepang
Sebarkan Artikel

Membeli makanan di minimarket atau convenience store (konbini dalam Bahasa Jepang) adalah hal yang umum dilakukan oleh masyarakat Jepang. Hal ini disebabkan oleh mudahnya menemukan minimarket di Jepang dan makanan yang dijual di minimarket Jepang siap saji serta banyak jenisnya. 

Ketika berkunjung ke minimarket Jepang, Travel Mates akan dihadapkan dengan berbagai pilihan makanan mulai dari bento berisi nasi lengkap dengan lauk-pauk hingga berbagai jenis salad. Salah satu makanan yang enak dan khas Jepang adalah soba mie dan udon.

Kedua jenis mie ini sangat populer di kalangan masyarakat Jepang dan wisatawan. Sangkin populernya, ada 3 cara asyik untuk makan mie soba dan udon di minimarket Jepang loh! Yuk simak pembahasan di bawah ini.

 

Sumber: pxfuel

 

Makan soba dengan tambahan onigiri (nasi kepal).

 

Sumber: flickr
 

Biasanya orang Jepang membeli soba instan di minimarket ketika mereka sedang sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk makan di restoran atau memasak. Jenis soba instan yang paling populer adalah yang sejenis cup noodle karena penyajiannya yang mudah sekali.

Ketika membeli soba mie di restoran, biasanya tersedia satu set menu yang terdiri dari soba dan onigiri. Makan soba mie instan di minimarket pun dapat dibuat mirip seperti makan di restoran. Orang Jepang sering membeli onigiri bersama dengan soba mie instan untuk nantinya dimakan berbarengan.

Menyiapkan soba instan

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengecek apakah bumbu soba telah menjadi satu dengan soba atau ada di dalam plastik terpisah. Apabila bumbu ada di dalam plastik terpisah, tuangkan bumbu ke soba kering. Setelah itu, tuangkan air panas untuk menyeduh soba. Tunggu sekitar 3 sampai 4 menit hingga soba siap untuk dimakan.

Menyantap soba instan dengan onigiri

Ada dua cara menyantap soba dengan onigiri.

Cara pertama adalah dengan memakan onigiri bersama dengan soba. Orang Jepang mirip dengan orang Indonesia yang suka makan mie dengan nasi. Begitupula dengan soba, kamu dapat menikmati soba sambil makan onigiri sebagai tambahan.

Cara kedua, onigiri dimakan untuk menghabiskan sisa kuah soba instan. Hal ini biasa dilakukan orang Jepang untuk mengurangi rasa asin kuah dan juga agar soba terasa lebih mengenyangkan. 

 

Menikmati soba dingin di minimarket.

 

Sumber: commons.wikimedia

Selain soba instan, minimarket Jepang juga menjual soba dingin bernama zaru soba. Jenis soba ini sangat cocok dimakan ketika memasuki musim panas. Tidak ada daging yang digunakan sebagai topping sehingga zaru soba aman dikonsumsi oleh wisatawan Muslim atau vegetarian.

Zaru soba dijual siap saji dalam kemasan yang terdiri dari mie soba matang, sebungkus air, kuah soy sauce, sebungkus rumput laut, potongan daun bawang, dan sebungkus wasabi. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah karena kamu tidak perlu menghangatkan zaru soba karena soba ini memang harus dimakan dingin.

Pastika soba tidak lengket satu sama lain.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan kuah soba, air, wasabi, dan rumput laut dari kemasan. Kemudian, tuangkan air yang tersedia ke soba dan aduk agar soba tidak lengket satu sama lain. Taburkan rumput laut di atas soba yang sudah dituangkan air.

Racik kuah celupan soba

Langkah berikutnya adalah meracik kuah celup soba dengan menuangkan kuah soba ke dalam mangkuk plastik yang tersedia. Setelah menuangkan kuah ke dalam mangkuk, taburkan potongan daun bawang ke dalam kuah soba. Aduk sedikit dan kuah siap dimakan bersama dengan soba.

Santap soba dengan kuah celupan

Setelah kuah dan soba siap, kamu dapat mencelupkan soba ke kuah sebelum setiap suapan. Apabila kamu suka rasa pedas maka kamu dapat menambahkan wasabi di setiap celupannya. Beberapa orang juga senang mencampurkan wasabi langsung ke kuah celupan soba supaya tidak perlu bolak-balik menambahkan wasabi.
 

Tanuki udon dingin

 

Sumber: flickr

Selain soba, udon juga dapat dibeli di minimarket dan dimakan dengan cara asik tergantung jenisnya. Salah satu yang paling banyak diminati adalah tanuki udon dengan tambahan telur rebus.

Cara menikmatinya mudah sekali. Kamu hanya perlu membeli satu pack tanuki udon siap saji yang terdiri dari udon matang, aburaage (goreng tepung yang mirip kremes), potongan daun bawang, rumput laut basah, dan satu bungkus kuah.

Keluarkan aburaage dan seplastik kuah dari kemasan tanuki udon. Lalu tuangkan aburaage dan kuah ke udon, aduk. Sesuai ketersediaan, tanuki udon ada yang dijual dengan tambahan telur rebus atau tanpa telur rebus.

Tanuki udon dingin tidak perlu dihangatkan sehigga kamu tidak perlu kebingungan harus minta tolong menghangatkan udon ke kasir ketika membayar. Selain itu, tanuki udon juga baik untuk pencernaan dan cocok untuk kamu yang mungkin belum beradaptasi dengan makanan Jepang lain tetapi harus makan setelah jalan-jalan seharian.

Semoga cara asik makan udon dan soba di minimarket ini dapat membantu kamu ketika berwisata di Jepang. Segera cek HIS Travel Indonesia untuk promo travel ke Jepang dan rekomendasi hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Jepang.

Sebarkan Artikel