Cara Mudah Menikmati Onigiri
08-10-2015
HIS Travel
Cara Mudah Menikmati Onigiri
Food
Sebarkan Artikel

Onigiri, atau yang juga disebut Omusibi adalah makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat hingga berbentu segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Onigiri merupakanan makanan yang sudah mendarah daging di Jepang dan mungkin juga merupakan makanan Jepang yang paling mudah dibuat.

Kalau kamu ingin mencoba membuat sendiri, bahan yang kamu butuhkan untuk membuat onigiri hanyalah; nasi, garam atau bumbu lainnya, isi dan nori (rumput laut kering berbentuk lembaran, berwarna hitam kehijauan). Isi dari onigiri yang paling tradisional adalah Umeboshi atau asinan plum. Selain isi tersebut, ada juga isi yang menggunakan konbu (rumput laut), tarako (telur ikan), tuna dan salmon. 

Saat ini onigiri juga dapat dibeli di supermarket dan minimarket terdekat dengan harga terjangkau dan dengan berbagai macam varian isi seperti di Seven Eleven, Family Mart dan Lawson.

Meskipun begitu, masih ada kok para wisatawan yang kebingungan mengenai cara makan onigiri yang dijual di minimarket ini. Ternyata ada teknik khusus untuk membuka bungkus onigiri. Nah, berikut ini langkah-langkahnya.

Image source : https://cyntiasumi.files.wordpress.com/

1.  Temukan angka “1” pada sudut di atas bungkus onigiri.

Image source : https://chewchoonyan.files.wordpress.com/

Angka 1 dapat kamu temukan di bagian atas kemasan onigiri pada sisi depannya. Kamu pegang bagian tersebut, kemudian tarik ke bawah sampai plastik pembungkus di bagian depan sudah terpisah menjadi dua bagian.

2.  Temukan angka “2” pada bungkus onigiri

Angka 2 dapat kamu temukan di bagian sudut kanan onigiri. Pegang bagian tersebut kemudian tarik searah sudutnya. Jika bagian tersebut telah kamu tarik, akan terlihat nasi dan lembaran nori dari dalam bungkusnya. Onigiri yang dijual di supermarket diberi plastik pemisah antara nasi dengan nori untuk menjaga agar nori tetap renyah ketika akan dimakan.

3.  Temukan angka “3” pada bungkus onigiri

Berikutnya coba kamu lihat pada bagian sudut kiri onigiri, kamu akan menemukan angka 3 di sana. Lakukan hal yang sama seperti pada nomor 2.

4.  Setelah kedua sisi dari plastik pembungkus kamu tarik, bungkus rapat nasi dengan nori.

5.  Onigiri siap disantap!

Setelah tahu cara mudah untuk menyantap onigiri yang dibeli di supermarket atau di minimarket, cobalah untuk mengeksplorasi berbagai macam varian rasa dan berbagai jenis onigiri.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Sebarkan Artikel