Cara Penggunaan Mesin Penjual Minuman Otomatis Jepang Yang Harus Diketahui Traveler
10-06-2018
HIS Travel
Cara Penggunaan Mesin Penjual Minuman Otomatis Jepang Yang Harus Diketahui Traveler
Tips
Sebarkan Artikel

Jepang merupakan negri yang modern. Banyak teknologi canggih yang ada di Jepang, semisal robot dan perkakas yang memiliki kecerdasan buatan. Bahkan, disana mesin penjual minuman bisa ditemukan dimana-mana loh! Penasaran dengan cara penggunaan mesin penjual minuman otomatis Jepang? Ikuti terus artikel H.I.S Travel Indonesia hingga tuntas yuk!

 

Jenis Dari Mesin Penjual Minuman Otomatis Jepang


Image source : https://matcha-jp.com/

Pada padasarnya, mesin penjual minuman otomatis Jepang terdiri atas 2 jenis. Mesin penjual minuman otomatis biasa, dan mesin penjual minuman otomatis berteknologi tinggi. Keduanya memang sama-sama otomatis, hanya saja, di mesin penjual yang berteknologi tinggi, terdapat perubahan dalam hal pendisplayan minuman yang ditawarkan.


Image source : https://matcha-jp.com/

Meskipun begitu pada dasarnya keduanya sama-sama memerlukan uang agar dapat berfungsi dengan baik. Tapi, bila Anda sudah memiliki alat pembayarannya, apa iya Anda dapat menggunakan mesin tersebut tanpa terkendala? Bila masih ragu, berikut adalah cara penggunaan mesin penjual minuman otomatis Jepang yang harus diketahui traveler seperti Anda.

 

Cara Penggunaan Mesin Penjual Minuman Otomatis Jepang Biasa 

Mesin penjual minuman otomatis Jepang biasa, agaknya tidak terlalu berbeda dengan mesin penjual minuman otomatis yang ada di Indonesia. Mesin ini pada umumnya menjual minuman kemasan, berukuran 280 ml hingga 350 ml. Dan beberapa mesin juga ada yang menyediakan minuman berukuran besar bervolume 500 ml. 


Image source : https://matcha-jp.com/

Tenang, harga yang dipatok di mesin tersebut tidak mahal kok. Hanya berkisar di angka 120 yen untuk kaleng minuman yang kecil, dan sekitar 150 yen untuk kaleng minuman yang volume nya relatif besar.

Mesin ini terbilang canggih. Ia tak hanya menyediakan minuman dingin saja, melainkan juga menyediakan minuman panas. Kedua jenis minuman ini dapat Anda pilih dengan simple, yakni dengan cukup menekan tombol biru untuk opsi minuman dingin, dan tombol berwarna merah untuk minuman kemasan yang suhunya panas.

 

1. Siapkanlah Uang Yang Cukup


Image source : https://matcha-jp.com/

Sederhananya, sebelum Anda mengoperasikan mesin penjual minuman otomatsi Jepang, Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan uang, yang jumlahnya melebihi harga yang dipatok oleh mesin. Namun bilapun Anda memang sengaja menyiapkan uang pas, tidak masalah kok! Intinya, jumlah uang yang Anda siapkan jangan sampai kurang ya!

Langkah selanjutnya adalah, Anda harus mencari mesin penjual minuman otomatis Jepang biasa, yang masih berfungsi dengan baik. Perhatikanlah dengan seksama, bahwa di mesin tersebut tidak ada stiker atau tempelan yang menerangkan mesin sedang rusak, dan dapat digunakan. Bilapun Anda masih ragu, perhatikanlah penggunaan orang sebelumnya terhadap mesin tersebut. Bila tidak ada kendala, itu artinya mesin tidak akan mengalami kendala yang berarti di saat Anda memakainya.

 

2. Masukan Uang Ke Dalam Mesin


Image source : https://matcha-jp.com/

Setelah menemukan mesin yang masih berfungsi, masukanlah uang ke slot memasukan uang yang ada. Terdapat dua jenis slot yang disediakan disini. Uang koin, dan uang kertas. Apapun jenis uangnya, pastikan Anda memasukan kesemua uang yang Anda sengaja persiapkan tadi dengan baik ya!


Image source : https://matcha-jp.com/

Namun bila boleh menyarankan, lebih baik gunakan uang koin ya! Beberapa mesin biasanya tidak mau menerima uang lembaran 10.000 yen. Bila sudah begitu, merepotkan bukan?

3. Setelah Uang Masuk, Tekan lah Tombol Di Bawah Minuman Kemasan Pilihan Anda


Image source : https://matcha-jp.com/

Anda sudah memasukan uang ke dalam mesin? Kalau begitu, Anda harus segera memilih jenis minuman yang Anda inginkan. Namun biasanya, bila tombol tersebut mengeluarkan kedipan cahaya, itu tandanya jenis minuman yang ditawarkan tadi sudah habis ya!

Oleh karenanya, biasakan menyiapkan opsi cadangan saat ingin memesan minuman di mesin penjual otomatis biasa yang ada di Jepang. Dengan begitu, bila minuman yang Anda inginkan habis, Anda masih memiliki alternatif lain deh!

 

4. Tunggu Sejenak, Dan Ambil Minuman Yang Anda Inginkan Di Wadah Pengambilan


Image source : https://matcha-jp.com/

Sesaat setelah tombol pilih ditekan, kaleng minuman pun akan dijatuhkan ke wadah pengambilan. Proses ini tidak begitu lama kok! Selama persediaan minuman masih ada, biasanya prosesnya berlangsung tidak lebih dari 1 menit.

Untuk Anda yang memesan minuman kemasan botol, sebaiknya raba dengan lebih seksama ya! Pastikan botol tersebut berada dalam posisi horizontal, sehingga mudah untuk Anda keluarkan dari tempat wadah pengambilan.

Uniknya, mesin otomatis ini akan mengucapkan terimakasihnya lewat suara seorang admin yang sudah direkam. Meskipun begitu, belum semua mesin otomatis mengucapkan ucapan terimakasih ini ya. Tapi, secara umum cara penggunaan mesin penjual minuman otomatis Jepang yang tergolong biasa ini tidak begitu sulit untuk digunakan kok! Tenang saja!

 

Bila tadi sudah yang versi biasa, Bagaimanakah Cara Penggunaan Mesin Penjual Minuman Otomatis Jepang Yang Berteknologi Tinggi?

Mesin minuman ini secara prinsip kerjanya tidak jauh berbeda dengan mesin yang versi biasa. Hanya saja, mesin ini mampu memberi rekomendasi minuman kepada pelanggan sesuai dengan kondisi pelanggan dan suhu udara pada saat itu juga.

 

1. Sebelum Melakukan Pembayaran, Sentuh Dulu Gambar Minuman Yang Anda Inginkan Ya!


Image source : https://matcha-jp.com/

Pada mesin biasa, pengguna dapat memberikan inputan lewat tombol yang disediakan. Namun di mesin penjual minuman yang berteknologi tinggi ini, Anda cukup menyentuh layar yang menampilkan gambar minuman yang Anda inginkan, kemudian melanjutkan proses transaksi dengan melakukan pembayaran.

Setelah menekan layar yang menampilkan gambar minuman kemasan idaman, akan mucul jendela konfirmasi yang menampilkan informasi kalori, komposisi, serta informasi sederhana tentang minuman yang Anda pesan. Keren bukan?

Kok tidak melakukan pembayaran terlebih dahulu? Tunggu dulu, cara penggunaan mesin penjual minuman otomatis Jepang yang lebih canggih ini memang agak berbeda. Ingin tau bedanya? Simak terus hingga usai yuk!

 

2. Membayar Minuman Di Mesin Ini Bisa Menggunakan IC Card Loh! Canggih Sekali Bukan?


Image source : https://matcha-jp.com/

Penggunaan uang elektronik memang sudah semakin gencar. Di Jepang, teknologi cash less ini bahkan sudah diimplementasikan ke dalam sistem penjual mesin otomatis. Penggunaannya juga tidak terlalu sulit. Anda cukup menempelkan kartu tersebut ke panel sensor yang Ada, hingga mesin memproses permintaan transaksi Anda. Dengan begini, cara penggunaan mesin penjual minuman otomatis Jepang semakin terasa mudah kan?

 

3. Sesudah Membayar, Mesin Akan Melanjutkan Proses Transaksi Minuman Yang Dipesan Pun Akan Dijatuhkan Ke Wadah Pengambilan Deh!


Image source : https://matcha-jp.com/

Sama seperti cara penggunaan mesin penjual minuman otomatis Jepang yang biasa, mesin berteknologi canggih ini juga tidak memerlukan waktu yang lama untuk menjatuhkan minuman yang dipesan ke dalam wadah pengambilan. Setelah minuman Anda ambil, minuman tersebut bisa langsung Anda nikmati deh!


Image source : https://matcha-jp.com/

Setelah transaksi usai, mesin akan menampilkan ucapan terimakasih. Keren sekali kan?

Bagaimana? Cara penggunaan mesin penjual minuman otomatis Jepang tadi sangat simple kan? Semoga artikel tadi dapat membantu Anda ya! Ingin liburan ke jepang? Hubungi H.I.S Travel Indonesia saja! Kami siap melayani Anda kok! Sampai jumpa lagi!

Top image source : https://matcha-jp.com/

Sebarkan Artikel