Cicipi 8 Makanan Khas Vietnam
17-01-2018
HIS Travel
Cicipi 8 Makanan Khas Vietnam
Food
Sebarkan Artikel

Ketika mengunjungi suatu negara belum lengkap tanpa mencicipi kulinernya, termasuk Vietnam. Ada banyak makanan unik yang bisa kamu temukan di Hanoi, termasuk warung mie klasik yang banyak dikunjungi banyak wisatawan.
Salah satu tempat untuk bisa menemukan cemilan dan makanan unik khas Vietnam adalah pasar tradisional. Ada banyak warung makanan yang kebanyakan dijajakan oleh perempuan, warung-warung ini menawarkan hidangan yang dibuat dari resep keluarga turun temurun. Siap untuk menyantap cemilan khas Vietnam ini? Berikut 8 cemilan yang akan memberikan gambaran kelezatan jajanan tradisional khas Vietnam!

1. Pho

Sumber gambar: streetfoodhanoi.com
Siapa yang tidak kenal Pho? Hidangan khas Thailand ini hampir selalu dicari baik oleh wisatawan maupun penduduk lokal. Ada barisan blok-blok di tengah kota yang dipenuhi warung-warung penjual Pho dan selalu dipenuhi pengunjung. Pho terbuat dari bahan pokok berupa kaldu asin, mie segar, taburan rempah, dan ayam atau daging sapi. Pho memiliki cita rasa khas makanan lokal yang begitu disukai. Selain murah, Pho sangat lezat dan mudah didapatkan di mana pun setiap saat.

2. Bun cha

Sumber gambar: etchnicspoon.com
Pho mungkin menjadi hidangan Vietnam yang paling terkenal, tapi bun cha juga menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Vietnam. Makanan ini berupa roti kecil berisi daging (biasnaya daging babi) yang dipanggang di atas arang kemudian dihidangkan bersama semangkuk kaldu ikan, mie, serta sayuran segar. Bun cha sering dihidangkan bersama dengan lumpia kepiting goreng. Bun cha juga merupakan makan yang pernah dicicipi oleh Presiden Amerika Obama, lho.

3. Banh xeo

Sumber gambar: findvietnam.com
Banh xeo merupakan makanan sejenis crepe renyah yang berisi daging babu, udang, dan tauge, biasanya ditambahkan bumbu segar yang menjadi ciri khas makanan Vietnam. Untuk menyantap banh xeo seperti warga lokal, kamu bisa memotong irisan banh xeo sesuai selera, gulung di atas nasi atau selada, kemudian santap dengan saus yang disediakan oleh koki.

4. Bun bo nam bo

Sumber gambar: restaurant-in-hanoi.com
Semangkuk mie soun yang populer di Hanoi ini dibumbui kaldu, makanan ini dihidangkan tanpa kuah untuk menjaga tektur bahan-bahannya tetap utuh. Potongan daging sapi yang lembut dicampur dengan kacang dan tauge serta tambahan sayuran segar, disertai bawang goreng, saus ikan, dan bubuk cabai dijamin rasanya makin lezat.

5. Cao lau

Sumber gambar: vietnamfoodtour.com
Hidangan mie dengan daging babi ini berasal dari Hoi An, sebuah area pelabuhan perdagangan yang sangat sibuk pada masanya. Cao lau merupakan mie tebal sejenis dengan udon Jepang, ditambah dengan kerupuk dan irisan daging babi di atasnya seperti sentuhan makanan mandarin. Sementara bumbu kaldu dan rempah-rempahnya tetap asli khas Vietnam. Kabarnya cao lau yang asli dibuat hanya dengan air yang diambil dari sumber air Ba Le.

6. Banh mi

Sumber gambar: hanoikids.org
Saat menjadi wilayah jajahan Prancis, baguette mulai muncul di Vietnam dengan sajian yang berbeda. Di Vietnam bagian utara, pembuatan banh mi dipenuhi unsur karbohidrat, lemak, dan protein seperti roti, margarin, dan paté. Sementara di Vietnam bagian selatan, banh mi dibuat dengan kombinasi keju, sayuran, sosis, telur goreng, hingga saus sambal.

7. Goi cuon

Sumber gambar: vietnamfoodtrips.com
Makanan yang berbentuk gulungan ini bisa jadi pilihan makanan sehat saat kamu terlalu banyak mengonsumsi gorengan di Vietnam. Makanan ini berbentuk seperti lumpia yang diisi dengan salad hijau, potongan daging atau olahan laut, dan lapisan ketumbar. Sebelum digulung lumpia unik yang tembus pandang semua bahan disiram dengan bumbu saus Vietnam. Bisa dihidangkan juga dengan gorengan nem ran atau cha gio sesuai selera.

8. Xoi

Sumber gambar: restaurants-in-hanoi.com
Makanan berbahan dasar ketan ini dilengkapi dengan campuran potongan ayam dan telur goreng, tidak lupa dengan tambahan bawang putih kering di atasnya. Mirip seperti nasi uduk, tapi bumbu khas Vietnam menjadi alasan mengapa Xoi wajib dicoba saat liburan di Vietnam.

Daftar di atas adalah makanan khas Vietnam yang wajib kamu coba. Lihat rekomendasi makanan unik dan kuliner khas dari berbagai negara lainnya di H.I.S. Travel Indonesia!

Sebarkan Artikel