Cicipi Kuliner Khas Hainan Ini Yuk, Dijamin Ngiler!
12-02-2019
HIS Travel
Cicipi Kuliner Khas Hainan Ini Yuk, Dijamin Ngiler!
Food
1
Sebarkan Artikel

Ketika berlibur ke Negeri China, tempat yang harus kita kunjungi selain Beijing adalah Hainan. Mungkin ada beberapa travel mates yang merasa asing dengan nama daerah ini karena selama ini yang terkenal di China hanyalah Beijing. Hainan adalah salah satu provinsi di China, memang Hainan ini adalah salah satu provinsi yang paling kecil dan berada di paling selatan. Namun jangan meremahkannya, karena Hainan ini memiliki keindahan yang luar biasa dan tak kalah dengan Beijing. Selain panoramanya yang indah dan berbagai destinasi wisata yang unik untuk ditelisik, kulinernya pun perlu kita cicipi. Cicipi kuliner khas Hainan ini yuk, dijamin ngiler deh travel mates!

  • Ayam Wenchang
  • Hasil gambar untuk wenchang chicken

image source : www.explorehainan.com

Salah satu jenis kuliner yang menjadi ciri khas dari Pulau Hainan adalah Wenchang Chicken atau Ayam Wenchang. Ayam Wenchang merupakan salah satu makanan tradisional khas Pulau Hainan yang diambil dari nama sebuah kota di Hainan yaitu Kota Wenchang. Setiap warga di kota Wenchang akan menyajikan Ayam Wenchang saat mengadakan acara besar seperti pesta atau hajatan untuk menyambut dan menunjukkan rasa hormat dan keramah-tamahan kepada tamu. Ayam Wenchang dimasak secara tradisional menggunakan metode bernama Baizhan atau (Baiqie). Ayam Wenchang memiliki rasa yang autentik karena masih dimasak menggunakan cara tradisional, yaitu daging ayam yang direbus terlebih dahulu dengan air biasa kemudian dipotong barulah dimasak bersama bumbu khusus.

Bumbu dari Ayam Wenchang ini meliputi jahe, kecap, garam, bawang putih tumbuk, dan juga perasan air jeruk nipis. Terlihat sederhana, tapi kaya akan rasa ya travel mates. Jika ingin mencicipi Ayam Wenchang maka HIS Travel akan memberikan rekomendasi beberapa restaurannya untuk travel mates :

1. Yanjiang Chicken Rice Restaurant

Add: No. 11, Datong Sanli, Yi Longdong Road, Haikou, Hainan Province

Tel: 0898-66750768

2. Yehaixuan Restaurant

Add: No. Ding 141, Xizhimenwai Street, Xicheng District, Beijing

Tel: 010-68319358

3. Xiaocheng Zhiwei Restaurant

Add: Village S4- 31, No. 19, Sanlitun Road, Chaoyang District, Beijing

Tel: 010-64174070

  • Kambing Dongshan / Dongshan Mutton

Hasil gambar untuk dongshan mutton

image source : Newsgd.com

Makanan yang cukup populer di Hainan dan wajib sekali untuk dicicipi ketika travel mates berlibur ke Pulau Hainan adalah Kambing Dongshan atau yang biasnaya disebut sebagai Dongshan Mutton atau Dongshan Lamb. Selain mencicipi Ayam Wenchang, ketika travel mates pergi ke Hainan wajib ya untuk mencoba masakan yang berasal dari Wanning, Hainan ini. Kambing Dongshan adalah salah satu masakan khas Wanning, Hainan yang berasal dari kambing khas Hainan. Kambing atau Domba yang digunakan bukan kambing yang biasa ya. Dan mungkin travel mates banyak yang mengira jika makan ini pasti amis karena daging kambing.

Tenang saja, ketika makan Kambing Dongshan kita tidak akan merasakan rasa daging Kambing aneh yang kita bayangkan karena rasa kambing itu akan hilang setelah diproses seperti direbus kemudian dipanggang. Biasanya untuk menghilangkan bau atau rasa yang aneh daging Kambing akan direbus bersama santan. Kambing Dongshan ini menyajikan rasa yang sangat lezat dan dagingnya super lembut! Biasanya disajikan berasama sup kental hangat yang siap menghangatkan hari travel mates selama di Hainan!

  • Guangcun Sandworm

Hasil gambar untuk guangcun sandworm

image source : 24小时提供国际重大新闻资讯- xxxlow.com

Next, makanan yang wajib kita cicipi selama liburan di Pulau Hainan yang super eksotis adalah Guangcun Sandworm. Mendengar namanya saja mungkin travel mates sudah geli ya, duh makan cacing? Eits, jangan salah! Walau terdengar menggelikan nyatanya Guangcun Sandowrm adalah salah satu jenis makanan yang cukup populer di Hainan dan tidak boleh dilewatkan ketika kita berada disana! Cacing pasir yang digunakan disini adalah moluska laut yang juga sering disebut sebagai cacing laut ya. Cacing pasir laut ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita travel mates! Berguna untuk menjaga keseimbangan tubuhm menjaga kesehatan paru-paru dan juga memiliki nutrisi yang cukup tinggi.

Salah satu daerah penghasil cacing pasir yang cukup bergizi ini adalah di daerah Guangcun. Biasanya sandworm ini dimasak dengan cara dikukus maupun digoreng, namun sekarang mulai banyak yang menjadikannya sebagai sup segar karena gizinya yang luar biasa. Yuk cobain, berani?

  • Ayam susu kelapa Hainan

Gambar terkait

image source : sohu.com

Selain 3 makanan yang sudah HIS Travel sebutkan, makanan lain yang bisa travel mates coba selama berada di Hainan adalah ayam susu kelapa khasnya! Masakan khas Hainan ini adalah ayam yang dimasak menggunakan bumbu air kelapa atau santan kelapa. Masakan ini merupakan masakan yang dulunya dimasak oleh seorang koki yang terkenal dan dihidangkan untuk pejabat dan mendapatkan pujian karena rasanya yang super enak. Yuk cobain Ayam susu kelapa Hainan jika liburan di Pulau ini.

Nah itu tadi beberapa masakan khas Pulau Hainan yang wajib sekali untuk dicicipi. Jika ingin ke Hainan dengan nyaman dan tenang yuk gunakan jasa HIS Travel Indonesia! Banyak promonya, nyaman liburannya!  

1
Sebarkan Artikel