Cicipi Makanan Tradisional Latvia Nan Lezat Ini
15-07-2020
HIS Travel
Cicipi Makanan Tradisional Latvia Nan Lezat Ini
Food
Sebarkan Artikel

Travel Mates, tahukah kamu, kalau negara Latvia yang terletak di bagian Eropa Utara ini memiliki banyak sekali kuliner khas yang wajib untuk kamu coba. Jadi apabila kamu berencana untuk melakukan wisata keliling Eropa Utara, maka mencoba beberapa makanan khas Latvia menjadi hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Selain rasanya yang lezat, hidangan-hidangan yang unik ini belum tentu semuanya bisa kamu temukan di Indonesia.

Roti Gandum Hitam

image source : http://www.thefreshloaf.com/

Tentunya mengonsumsi roti gandum bukanlah hal yang asing, namun salah satu kuliner khas Negara ini cukup unik karena memiliki roti yang berwarna hitam, yang disebut Roti Rye. Roti ini sangat populer di kalangan masyarakat dan memiliki banyak jenis sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan selera. Biasanya roti ini terdapat versi biasa saja dan ada versi manisnya sehingga sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai camilan. Kepopuleran roti ini tidak terlepas dari kebiasaan orang Latvia yang menyukai makanan yang terbuat dari roti gandum. Biasanya mereka memakan roti ini bersama dengan mentega, keju, maupun ham, roti ini juga banyak dikonsumsi sebagai sarapan.

Sup Beetroot

image source : https://www.whattoseeinlatvia.com/

Apabila kamu ingin mengonsumsi makanan yang sehat maka tidak ada salahnya mencoba makanan khas Latvia yang satu ini yaitu Sup Beetroot. Sup ini merupakan salah satu kuliner yang tidak hanya populer namun juga unik. Apabila kamu baru pertama kali mencobanya pasti akan terasa sedikit aneh, apalagi warna sup ini adalah ungu karena terdapat kandungan buah bit di dalamnya dan seringkali disajikan dalam keadaan dingin. Namun ketika mencoba sup ini maka kamu akan ditemani dengan rasa dari kefir, bit, mentimun, telur, dan rempah-rempah. Hal ini tentunya membuat sup kaya akan rasa sehingga cocok untuk kamu coba.


Speck

image source : https://cookingwithoutgluten.wordpress.com/

Jika kamu ingin mencoba makanan berat ala Negara ini maka wajib mencoba speck, yaitu makanan berupa daging asap yang berasal dari perut babi. Tidak heran jika kandungan lemak dalam makanan ini sangat tinggi namun makanan ini sudah populer sejak zaman dahulu. Sebab makanan ini biasanya dikonsumsi oleh penduduk desa untuk memberikan banyak energi setelah mereka seharian bekerja di lading. Hidangan disajikan secara sederhana dengan hanya diberikan campuran kacang polong dan daun bawang, namun untuk rasa makanan ini tidak perlu kamu ragukan lagi.

 

Sup Roti

image source : https://uk.hotels.com/

Apabila kamu kurang menyukai sup bit yang aneh serta dingin maka wajib untuk kamu mencoba makanan penutup yang satu ini. Makanan khas Latvia ini terbuat dari roti gandum yang diberikan campuran gula di dalamnya sehingga rasanya manis, sup ini semakin lengkap karena diberikan krim kocok dan buah kering sehingga cocok untuk kamu yang menyukai makanan manis. Tidak heran jika hidangan ini disukai oleh orang dewasa hingga anak-anak.

Kvass

image source : https://eng.lsm.lv/

Walaupun termasuk dalam golongan minuman, namun tidak ada salahnya kamu mencobanya apalagi minuman ini begitu populer di Eropa Timur. Akan tetapi walaupun berupa minuman namun terbuat dari roti gandum, bahkan minuman ini dianggap bukan minuman beralkohol padahal terdapat kandungan 1,2% alkohol di dalamnya. Tidak heran jika rasanya mirip seperti bir namun lebih manis sehingga sangat populer.

Jamur

image source : https://theculturetrip.com/

Orang-orang Latvia sangat menyukai jamur, tidak heran jika sebagian besar makanan khas Latvia pada saat musim gugur akan terbuat dari jamur. Tidak heran ketika memasuki waktu musim gugur maka akan ada banyak orang yang pergi ke hutan untuk berburu jamur mengingat tidak semua jamur dapat dikonsumsi sebab beberapa jamur ada yang mengandung racun sehingga berbahaya jika dikonsumsi. Tentunya ada banyak sekali masakan tradisional yang terbuat dari bahan ini, namun salah satu yang paling populer adalah digoreng dengan memberikan garam kemudian akan disantap bersama dengan roti gandum dan mentega yang berempah. Jadi buat kamu pencinta jamur maka wajib untuk mencoba kuliner yang satu ini.

 

Ikan Asap

image source : https://eatriga.lv/

Karena lokasi Latvia yang berdekatan dengan Laut Baltik maka tidak heran jika banyak sekali masakan khas Negara ini yang terbuat dari ikan. Salah satu kuliner tradisional yang wajib kamu coba yaitu ikan asap yang dilengkapi dengan kentang dan bawang. Tentunya dijamin dapat memanjakan lidah kamu apalagi bukan sembarangan ikan asap yang akan kamu coba. Selain itu ikan yang biasanya digunakan dalam makanan khas Negara ini adalah ikan cod, tombak, belut, dan masih banyak lainnya. Jadi jika kamu sangat menyukai olahan makanan dari ikan maka bisa mencoba kuliner tradisional ini sebab dijamin enak dan sehat.

 

Pancake Kentang

image source : https://blog.arousingappetites.com/

Kentang merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dalam makanan khas Latvia, sebab kentang merupakan salah satu tanaman yang banyak ditanam di lading masyarakat sekitar. Tidak heran jika banyak sekali olahan kentang yang terdapat di Negara ini, salah satunya adalah pancake dari kentang. Tentunya rasanya sangat unik serta berbeda dari pancake pada umumnya, Apalagi jika biasanya pancake ditemani dengan sirup manis namun pancake kentang sendiri ditemani oleh saus asam.

 

Pelmeni

image source : https://www.thespruceeats.com/

Untuk makanan yang satu ini memiliki sedikit unsur Rusia di dalamnya, dimana makanan ini merupakan camilan sehingga pantas untuk dicoba untuk kamu yang sangat menyukai camilan. Pelmeni merupakan sejenis pangsit yang berisi daging dimana akan ditemani dengan krim asam dimana membuatnya sangat kaya rasa. Tentunya untuk menemukan menu ini sangatlah mudah sekali sehingga wajib untuk kamu coba.  Munculnya makanan ini tentunya tidak mengherankan mengingat selama 300 tahun Rusia memimpin Negara ini, dimana seperempat penduduk di Negara ini memiliki keturunan Rusia.

 

Karbonade

Bagi kamu yang menyukai hidangan dengan terdapat daging babi di dalamnya maka wajib untuk mencoba kuliner tradisional yang satu ini. Sebab kuliner ini terdiri dari daging babi yang telah digoreng secara renyah, walaupun terlihat sederhana namun yang membuat hidangan ini sangat disukai karena akan dilengkapi dengan saus jamur dimana memberikan rasa gurih walaupun berbentuk kental. Walaupun hanya berupa makanan tradisional namun makanan ini sangat mudah untuk kamu temukan di berbagai restoran di Latvia terutama di ibu kotanya. Oleh sebab itu apabila kamu sedang berlibur di Negara ini maka tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi makanan khas Latvia, dimana tidak hanya unik namun dijamin rasanya sangat lezat sehingga bisa membuat kamu menjadi ketagihan. Tentunya seluruh kuliner yang ada sangat mudah dicari serta dipatok dengan harga murah

Sebarkan Artikel