7 Destinasi Wisata Di Berlin Yang Bernuansa Historis
08-08-2018
HIS Travel
7 Destinasi Wisata Di Berlin Yang Bernuansa Historis
Tips
Sebarkan Artikel

Berlin merupakan ibukota Republik Federal Jerman dan juga kota terbesar di Jerman. Berlin sendiri merupakan kota yang baik untuk Anda yang tertarik untuk mengeksplorasi budaya hidup masyarakatnya, hingga sejarah yang menambah wawasan anda. Tidak percaya? Simak dulu artikel tentang 7 destinasi wisata di Berlin yang bernuansa historis dari Tim H.I.S Travel Indonesia yuk! Selamat menyimak.

 

1. Charlottenburg Palace, Isana Besar Yang Menjadi Destinasi Wisata Di Berlin


Image source : https://www.flickr.com/photos/linyc/2078002781

Charlottenburg Palace atau yang juga disebut Schloss Charlottenburg merupakan istana terbesar di Berlin yang dibangun pada akhir abad ke-17 dan sangat berkembang selama abad ke-18. Nama Charlottenburg diambil dari nama Ratu pertama di Prussia yang bernama Sophie Charlotte.

Dekorasi internal istana dibangun sangat mewah, pengunjung dapat melihat kamar-kamar bergaya Baroque, apartemen kerajaan, koleksi porselen Cina dan Jepang serta New Wing dengan kemegahan Rococo.

Selain dekorasi yang menarik, istana ini juga dikelilingi oleh taman yang besar dan juga hutan yang terletak dibelakang istana yang mana taman istana ini merupakan daya tarik wisata utama. Istana ini pernah rusak parah akibat Perang Dunia II dan kembali dibangun pada tahun 1950-an.

 

2. Fernsehturm Berlin, Destinasi Wisata Di Berlin Yang Menjulang Tinggi


Image source : https://www.flickr.com/photos/116007006@N06/12250803353/

Fernsehturm Berlin yang berarti Menara Televisi Berlin, merupakan salah satu menara yang terkenal di Berlin. Menara Televisi ini terletak dipusat kota Berlin dan sangat dekat dengan Alexanderplatz. Fernsehturm Berlin dibangun antara tahun 1965 dan 1969 oleh Republik Demokratik Jerman yang sampai sekarang dianggap sebagai simbol kota Berlin karena dapat terlihat dari distrik sentral dan juga pinggiran kota Berlin.

Fernsehturm Berlin memiliki tinggi yang mencapai 365 meter dan bertambah menjadi 368 setelah dipasangi antena. Dengan tinggi tersebut, Fernsehturm menjadi menara tertinggi ke empat di Eropa setelah Menara Ostankino di Moskwa, dan Menara Televisi Kiev dan Menara Televisi Riga.

Pada ketinggian 204 meter diatas tanah terdapat platform yang ditujukan untuk pengunjung yang mana pengunjung dapat melihat pemandangan sejauh 42 kilometer pada hari cerah. Diatas platform ini juga terdapat restoran yang berputar sekali dalam satu jam, namun dipercepat setelah renovasi pada tahun 1990-an menjadi berputar 30 menit sekali.

 

3. Gedung Reichstag, Gedung Parlemen Yang Cantik Untuk Diamati Para Wisatawan


Image source : https://www.flickr.com/photos/parikhphotos/37439679756/

Gedung Reichstag merupakan gedung parlemen Jerman yang juga salah satu tempat wisata paling bersejarah di Berlin dan letaknya di dekat pusat kota. Dibangun pada tahun 1894 dan terus direnovasi hingga selesai pada tahun 1999, menjadikan destinasi wisata di Berlin ini masih cukup terawat.

Gedung Reichstag dibangun sangat megah dengan gaya Renaisans, memiliki kubah kaca serta lift. Kubah kaca yang transparan menjadi tujuan utama para wisatawan karena dari sana seluruh pemandangan kota Berlin dapat terlihat dengan jelas dan dibawah kaki anda juga dapat terlihat ruang sidang paripurna yang memang letaknya tepat dibawah kubah.

 

4. Berlin Cathedral, Destinasi Wisata Di Berlin Surga Umat Kristiani


Image source : https://www.flickr.com/photos/danielmennerich/5638281503/

Berlin Cathedral atau yang dikenal dengan Berliner Dom merupakan gereja Kristen Protestan terbesar di Berlin. Awalnya dibangun pada tahun 1465 dan selesai pada tahun 1905. Dan yap, gedung ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 440 tahun untuk membangunnya.

Oleh karenanya jangan heran, bila Katedral ini berdiri sangat megah dan anggun juga bergaya Renaisans yang klasik serta memiliki kubah yang menggantung 70 meter diatas bagian tengah gereja. Disebut sebagai Katedral namun Berlin Cathedral belum pernah menjadi katedral dalam arti yang sebenarnya karena belum menjadi tempat kedudukan seorang uskup, meskipun begitu katedral ini hampir tidak pernah sepi pengunjung.

 

5. Alte Nationalgalerie, Museum Favorit Destinasi Wisata Di Berlin


Image source : https://www.flickr.com/photos/grauwinkel-photography/8561094427/

Alte Nationalgalerie adalah galeri nasional kuno di Berlin yang memamerkan koleksi zaman Neoklasik, Romantik, Biedermeier, Impresionis dan seni Modernisme awalnya dibangun antara tahun 1866 dan 1876.

Alte Nationalgalerie ini juga merupakan salah satu dari lima museum yang membentuk ensemble yang dikenal sebagai Berlin's Museum Island (situs Warisan Dunia UNESCO). Setelah dilakukan restorasi menyeluruh, museum kembali dibuka pada tahun 2001.

 

6. Potsdamer Platz, Lokasi Denyut Nadi Destinasi Wisata Di Berlin


Image source : https://www.flickr.com/photos/149240279@N08/39295141751/

Potsdamer Platz atau dalam bahasa Indonesia yakni Lapangan Postdam merupakan sebuah lapangan kota dan juga persimpangan jalan penting di pusat kota Berlin. Potsdamer Platz pertama kali mengalami pertumbuhan yang cepat dengan ditandai oleh pembangunan gedung-gedung besar juga restoran yang terkenal.

Tempat ini adalah tujuan paling tepat jika anda ingin merasakan denyut nadi kota Berlin karena merupakan persimpangan lalu lintas tersibuk Eropa dengan kereta transit tercepat bawah tanah dan lima jalur bus.

Selain menjadi lalu lintas tersibuk, Potsdamer Platz juga berkembang menjadi pusat hiburan kelas menengah karea terdapat tempat-tempat legendaris seperti istana "Haus Vaterland" atau "Ufa-Filmpalast" dan "Europa-Tanz-Pavillon".

 

7. Brandenburger Tor, Destinasi Wisata Di Berlin Yang Menjadi Simbol Utama Berlin


Image source : https://www.flickr.com/photos/149636355@N07/32438698624/

Brandenburger Tor merupakan salah satu simbol utama kota Berlin yang adalah bekas gerbang kota dan satu satunya gerbang yang tersisa sebelum masuk ke Berlin. Gerbang Brandenburg ini dibangun pada tahun 1788 sampai 1791 sebagai simbol perdamaian, terdiri dari dua belas kolom Doric, dibuat enam di setiap sisinya yang mana membentuk lima pintu masuk ke jalan raya. Tinggi gerbang ini mencapai 26 meter.

Tahun 1989 terjadi revolusi dan Tembok Berlin Runtuh, Gerbang Brandenburg digambarkan sebagai simbol kemenangan Jerman dan berakhirnya pembagian Jerman Barat dan Jerman Timur. Namun sekarang sudah ditutup untuk lalu lintas kendaraan dan diubah menjadi zona pejalan kaki batu bata.

 

Itulah tadi ketujuh destinasi wisata di Berlin yang bernuansa historis yang bisa Tim H.I.S Travel Indonesia rekomendasikan. Terimakasih telah menyimak artikel kami, sampai jumpa lagi di kesempatan yang selanjutnya ya!

Top image source : https://www.flickr.com/photos/149636355@N07/32438698624/

Sebarkan Artikel