Destinasi Wisata Musim Dingin di Barat Jepang
07-01-2020
HIS Travel
Destinasi Wisata Musim Dingin di Barat Jepang
Jepang
Sebarkan Artikel

Hallo, Travel Mates. Awal tahun di Jepang disambut dengan musim yang dingin, tapi jangan jadikan itu sebagai alasan untuk tidak semangat dalam kegiatan berlibur selama di Jepang, ya. Untuk membangkitkan semangat kamu selama berlibur di Jepang pada awal tahun, yuk lihat beberapa rekomendasi untuk destinasi wisata kamu di bagian Barat Jepang, khususnya yang bisa kamu akses menggunakan JR West, Okayama-Hiroshima-Yamaguchi Area Pass!

 

1. Winter Illumination

Musim dingin di Jepang sangat identik dengan kegiatan satu ini. Budaya modern ini mulai populer beberapa tahun ke belakang. Banyak sekali tempat khususnya destinasi wisata yang menyajikan winter illumination ketika musim dingin di Jepang. Winter Illumination sendiri merupakan kegiatan menghias suatu tempat menggunakan lampu warna-warni sehingga biasanya membentuk pola atau wujud tertentu. Terkadang selain di bentuk menjadi bentuk binatang, kastil atau taman, illumination hanya membentuk pola dan menerangi jalan dengan cahaya yang fantastis. Banyak illumination yang ada di barat Jepang, contohnya Bihoku Illumination di Shobara, Hiroshima. Ada juga Kurashiki Kirameki no Michi di Okayama, lalu Tokiwa Fantasia di Yamaguchi, atau Hiroshima Dreamination di Hiroshima. Winter Illumination memiliki popularitas yang semakin tinggi setiap tahun nya, jadi kalau kamu ingin mencoba mendatangi salah satu tempatnya, jangan kaget kalau tempat-tempat tersebut dipenuhi pengunjung.

 

Akses :

- Bihoku Illumination : Kereta ke St. JR Nanatsuka

- Kirameki no Michi : Kereta ke St. Kurashiki

- Tokiwa Fantasia : Kereta ke St. Tokiwa > Jalan kaki 15 menit

- Dreamination : Kereta ke St. Hiroshima > Hiroshima Electric Railway ke Fukuromachi Station

 

2. Itsukushima

Kamu pengguna JR Pass ini akan sangat menyesal kalau sampai terlewat untuk mampir ke destinasi yang satu ini. Nama tempat ini sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu situs budaya dunia yang disahkan UNESCO. Tempat ini merupakan kuil yang berbeda dengan kuil lainnya, karena kuil dan torii (gerbang kuil) nya terletak di tengah-tengah lautan lepas. Pemandangan yang bisa dinikmati dari tempat ini termasuk salah satu dari 3 pemandangan terindah yang ada di Jepang.

 

Akses : Kereta ke St. Miyajimaguchi > Ferry ke Miyajima > Jalan Kaki 10 menit

 

3. Shimonoseki

Shimonoseki termasuk salah satu kota yang ada di barat Jepang yang termasuk penghasil ikan fugu (ikan buntal) di Jepang. Ikan fugu biasanya dipanen atau diambil pada saat musim dingin dan menjadi salah satu makanan khas pada musim ini. Bukan hanya penghasil fugu, Shimonoseki adalah tempat pertama di Jepang yang diperbolehkan untuk menangkap dan mengkonsumsi ikan ini oleh kebijakan dari Perdana Menteri Hirobumi Itou. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, tidak sembarang orang bisa menyajikan daging ikan ini karena bahaya akan kandungan racun yang cukup tinggi pada ikan ini jika salah dalam cara memprosesnya. Selain menjadi tempat yang bagus untuk menikmati sashimi ikan fugu, ada juga Kaikyokan, yaitu akuarium bawah laut yang juga menarik untuk kamu datangi saat singgah di Shimonoseki. Akuarium ini merupakan rumah bagi penguin, lumba-lumba, dan lebih dari 100 jenis ikan fugu.

 

Akses :

- Shimonoseki : Kereta ke St. Shimonoseki

- Kaikyokan : Kereta ke St. Shimonoseki > Bus Lokal (7 menit)

 

4. Kokura Castle

Kastil Kokura termasuk salah satu kastil yang mengalami naik-turun di Jepang. Kastil ini dibangun pada 1602 dan selesai 6 tahun setelahnya. Sayangnya pada tahun 1837, kastil ini hancur terbakar oleh kebakaran dan kembali dibangun pada tahun 1839. Setelah selesai renovasi, kastil ini mengalami banyak kerusakan lagi akibat banyaknya terjadi perang selama Restorasi Meiji dan akhirnya kembali direnovasi pada tahun 1991. Desain kastilnya menjadi lebih sederhana dan lebih mengutamakan estetika dibandingkan pertahanan untuk perang. Kastil ini juga sangat populer karena pernah menjadi tempat tinggal Samurai terkenal pada zamannya, Miyamoto Musashi yang menggunakan teknik pedang Nitouryuu atau teknik menggunakan 2 katana yang sangat sulit untuk dikuasai.

 

Akses : Kereta ke JR Nishi-Kokura

 

5. Shōka Sonjuku

 

Shōka Sonjuku termasuk salah satu warisan budaya nasional milik Jepang, karena terakoya (寺子屋) atau sekolah ini merupakan cikal-bakal dari banyak pahlawan revolusi Jepang pada saat terjadinya Restorasi Meiji. Sekolah ini dibangun oleh seorang samurai yang sekaligus menjadi guru di sekolah ini, Yoshina Shoin. Beberapa tokoh pahlawan tersebut adalah, Katsura Kogoro (Kido Takayoshi) yang merupakan salah satu pemimpin dan cendekiawan dari kelompok perbaruan Restorasi Meiji. Ada juga pemimpin pasukan perang Kiheitai yang mengalahkan bala tentara pelindung kekaisaran Tokugawa dan memicu Restorasi Meiji, Takasugi Shinsaku. Ada juga Itou Hirobumi yang menjadi perdana menteri Jepang pertama dan Yamagata Aritomo yang menjabat dua kali sebagai Perdana Menteri Jepang.

 

Akses : Kereta ke St. JR Higashi Hagi > Jalan / Rental Sepeda

 

Gimana, Travel Mates? Sudah semangat kan dengan melihat beberapa destinasi pilihan di Jepang? Nah, kalau kamu tertarik untuk mendatangi tempat-tempat tersebut, kamu bisa gunakan JR West Area Pass supaya lebih praktis dan hemat selama berwisata ke Jepang bagian barat. Kamu bisa gunakan Okayama-Hiroshima-Yamaguchi Area Pass, atau untuk informasi lebih jelasnya kamu bisa langsung check di sini. Yuk, jalan-jalan ke Barat Jepang!

Sebarkan Artikel