6 Fakta Pulau Aoshima, Destinasi Wisata Tersembunyi di Prefektur Ehime
21-08-2018
HIS Travel
6 Fakta Pulau Aoshima, Destinasi Wisata Tersembunyi di Prefektur Ehime
Tips
Sebarkan Artikel

Jepang memang memiliki banyak destinasi wisata. Dari destinasi wisata alam yang iconic seperti Gunung Fujiyama, hingga kuil-kuil yang kerap dijadikan tempat penyelenggaraan beberapa festival, seperti yang biasa dilihat di sekitaran prefektur Ehime. Bahkan, sebenarnya sudut-sudut jepang banyak menyimpan destinasi tersembunyi, seperti destinasi wisata tersembunyi di Prefektur Ehime yang berjuluk “Pulau Kucing”.

Penasaran dengan destinasi wisata tersembunyi di prefektur Ehime ini? Simak terus artikel dari tim H.I.S Travel berikut ini yuk!

 

1. Pulau Kecil Kawasan Ehime Yang Dikuasai Oleh Ratusan Ekor Kucing


Image source : https://www.flickr.com/photos/halarai21/16424989842/

Di Jepang, kucing merupakan salah satu hewan yang cukup disayangi di negri tersebut. Meskipun begitu, warga lokal tetap berupaya mengendalikan populasi hewan liar yang cukup lucu ini agar jumlahnya tidak terlalu banyak.

Namun, agaknya hal ini sedikit berbeda bila Anda berkunjung ke Pulau Aohima ini. Betapa tidak? Di Pulau terpencil ini, Anda dapat menemukan lebih dari 120 ekor kucing yang bermukim disini dan beranak pinak.

Jumlah tersebut terhitung banyak, apalagi bila mengingat rasio perbandingan populasi kucing yang nyaris mencapai 6:1. Beruntung, di pulau tersebut hanya terdapat berapa penduduk yang sebagian besarnya berprofesi sebagai nelayan. Sehingga, hal ini tidak terlalu merepotkan penduduk setempat, malah mampu membantu memerangi para tikus yang berpotensi merusak perahu yang sedang beristirahat.

Meskipun begitu, tidak dapat ditampikan bahwa penduduk lokal tetap berusaha untuk mengendalikan jumlah populasi kucing-kucing tersebut. Setidaknya, sudah ada 10 ekor kucing yang telah dinetralkan demi mencegah membludaknya populasi kucing penghuni destinasi wisata tersembunyi di prefektur Ehime ini.

 

2. Destinasi Wisata Tersembunyi di Prefektur Ehime Yang Tidak Memiliki Restoran Ataupun Penginapan!


Image source : https://www.flickr.com/photos/halarai21/16238246110/

Secara luas wilayah, pulau Aoshima ini tidaklah begitu luas. Meskipun begitu, disini masih terdapat sebuah desa nelayan, yang terdiri atas beberapa bangunan rumah sederhana. Saking sederhananya, Anda pasti akan langsung merasakan nuansa permukiman desa penduduk jepang seperti yang bisa ditemukan di pulau lain.

Oleh karena itu, bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan dapat menjumpai penginapan seperti hotel, hostel, hingga losmen disini. Tidak pula dengan motel. Jadi, pastikan Anda tidak berlama-lama ketika mengunjungi pulau ini ya! Meskipun begitu, Anda bisa mengatur trik cantik dengan datang lebih pagi bila ingin mampir ke pulau kucing ini kok!

 

3. Selain Tidak Ada Hotel, Ternyata Anda Juga Tidak Akan Menemukan Restoran Ataupun Café Disini!


Image source : https://www.flickr.com/photos/halarai21/16239695559/

Sepertinya, penduduk disini tidak ada yang tertarik untuk membuka café ataupun restoran untuk dijadikan tempat bersantai bagi para wisatawan. Hal ini terlihat dari tidak adanya restoran dan café di pulau ini, sehingga membuat kebanyakan wisatawan harus membawa bekal sebelum menyebrang ke pulau terpencil yang satu ini.

Oleh karenanya, jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan sebelum kesini ya! Siapkan makanan dalam jumlah yang cukup agar tidak kelaparan ketika berkeliling di pulau ini. Selain itu, jangan lupa pula untuk membawa air mineral kemasan untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh, terlebih ketika pulau sedang memasuki musim panas.

 

4. Tenang, Destinasi Wisata Tersembunyi di Prefektur Ehime Ini Ada Penduduknya Kok!


Image source : https://www.flickr.com/photos/halarai21/16425642985/

Meskipun menyandang gelar sebagai destinasi wisata tersembunyi di Prefektur Ehime dan mulai dikenal orang banyak, bukan berarti pulau ini akan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Meskipun begitu, Anda tidak perlu takut sendirian saat mampir ke pulau kucing ini, karena disanapun terdapat warga lokal yang melakukan kegiatan aktivitasnya selayaknya manusia pada umumnya.

Usut punya usut, warga pulau Aoshima ini sebagian besar merupakan pensiunan yang tidak bermigrasi untuk mencari pekerjaan lain pasca perang dunia ke 2. Sebelum tahun 1945, pulau ini dihuni oleh setidaknya 900 orang penduduk. Jumlah tersebut terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Oleh karenanya, jangan heran ya bila disini lebih banyak jumlah Kucingnya daripada manusianya.

 

5. Bebas Memberi Makan Kucing-Kucing Yang Ada Di Pulau Ini!


Image source : https://www.flickr.com/photos/halarai21/16400075756/

Pecinta Kucing mana sih yang tidak suka memberi makan Kucing yang imut? Bila Anda memang suka memberi makan kucing, Anda harus membawa makanan dalam jumlah yang agak banyak ya! Kucing disini jumlahnya ratusan sih!

Tenang saja, tidak harus makanan kucing yang mahal kok! Kucing di Aoshima tidak terlalu rewel bila menyangkut urusan makanan! Makanan sisaan perbekalan Anda juga boleh Anda berikan ke mereka kok! Asalkan, Anda tidak memberikan kesan berantakan, dan memberikan makanan yang sekiranya aman untuk kucing.

Ingat, kucing pun bisa terserang penyakit. Jadi, mohon perhatikan aspek kesehatan untuk para kucing liar tersebut ya!

 

6. Ingin Berkunjung Ke Destinasi wisata tersembunyi di prefektur Ehime yang satu ini? Jangan Sampai Meninggalkan Kesan Buruk Ya!


Image source : https://www.flickr.com/photos/noriakimaeda/14340898922/

Seperti yang kami jelaskan tadi, Pulau Aoshima ini memiliki penduduk yang berlatar belakang pensiunan. Oleh karenanya, Anda harus ekstra sopan bila mengunjungi pulau ini! Terlebih, bila mengingat budaya Jepang yang masih sangat kental dengan nuansa tradisi, budaya, yang mengedepankan nilai tatakrama.

Walaupun demikian, sebenarnya warga lokal sih tidak terlalu keberatan dengan kehadiran para wisatawan yang ingin menengok pulau kucing ini. Mereka bahkan berharap kucing-kucing tersebut dapat menjadi obat peringan beban bagi mereka yang membutuhkan bantuan. Meskipun, seperti halnya lansia pada umumnya, mereka ingin hidup dengan damai, nyaman, dan tentram tanpa gangguan dari pihak manapun.

 

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang 6 fakta pulau Aoshima, Destinasi wisata tersembunyi di prefektur Ehime. Tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata unik ini bersama H.I.S Travel di moment liburan nanti? Rencanakan dari sekarang bersama kami yuk! Sampai jumpa ya Travelers!

Top image source : https://www.flickr.com/photos/halarai21/16400075756/

Sebarkan Artikel